Fakultas Pertanian

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUSAMUS 

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah penduduk sekitar 220 juta jiwa dimana ±80% penduduknya bekerja pada sektor pertanian. 

Tingginya persentase penduduk yang bekerja pada sektor pertanian ini merupakan suatu indikator bahwa sesungguhnya Indonesia memiliki peluang yang sangat besar sebagai negara penghasil produk-produk pertanian, namun pada kenyataannya produksi hasil pertanian maupun kehidupan petani sebagian besar berada dibawah garis kemiskinan. 

Salah satu penyebab rendahnya hasil produksi pertanian disebabkan karena rendanya SDM bidang pertanian (petani) karena sebagian besar petani di Indonesia hanyalah lulusan SLTP kebawah, bahkan sebagian besar tidak pernah mengenyam bangku pendidikan. 

Fakultas Pertanian Universitas Musamus mengembangkan beberapa program studi yang meliputi: Program Studi Agroteknologi, Program Studi Agribisnis, Program studi Peternakan, Program studi Keteknik Pertanian serta Program studi Manajemen Sumberdaya Perairan.  

Kompetensi pada bidang Agroteknologi dititik beratkan kepada upaya peningkatan produktivitas hasil pertanian (budidaya), baik dari segi jumlah maupun mutu produksi, sedangkan Sosial Ekonomi Pertanian lebih mengarah kepada penguatan SDM dibidang pertanian dalam hal pengelolaan atau manajemen usaha tani. Kedua bidang konsentrasi ini merupakan suatu komponen didalam bidang pertanian yang saling mendukung satu sama lainnya. 

Kompetensi pada bidang peternakan diarahkan dalam peningkatan produksi ternak, kompetensi bidang teknik pertanian diarahkan untuk menghasilkan SDM yang menguasai dan mampu mengaplikasikan penggunaan teknologi didalam mengoptimalisasikan produksi, sedangkan kompetensi bidang perikanan dititik beratkan pada manajemen sumber daya perairan. 

Fakultas Pertanian menyelenggarakan 5Program Studi sebagai berikut: 

No

Program Studi

Jenjang

Ijin Operasional

1

Program Studi Agroteknologi

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

2

Program Studi Keteknikan Pertanian

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

3

Program Studi Peternakan

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

4

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

5

Program Studi Agribisnis

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

VISI

Menjadikan Fakultas Pertanian Universitas Musamus sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Unggulan dalam bidang Pertanian di Kawasan Timur Indonesia dalam bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Budidaya dan Seni terutama yang menunjang pembangunan industri, pertanian dan kelautan yang berwawasan lingkungan.

MISI

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang unggul dan sesuai tuntutan kebutuhan masyarakat.
  2. Mengelola dan mengembangkan pendidikan yang mampu menyiapkan SDM yang menguasai Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam bidang Pertanian.
  3. Menyiapkan SDM yang dapat mengisi peluang kerja dan menciptakan lapangan kerja bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Merauke, Papua dan masyarakat pada umumnya.

TUJUAN

  1. Membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti yang luhur.
  2. Membentuk SDM bidang pertanian yang memilki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab masyarakat dan kebangsaan Indonesia.
  3. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan professional yang dapat menerapkan , mengembangkan dan memperkaya khasanah ilmu dan teknologi bidang pertanian.
  4. Mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pertanian serta mengaplikasikan pengguanaannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program Studi Agroteknologi

Visi

Menjadi institusi pendidikan yang menghasilkan Sarjana Agroteknologi yang unggul dan profesional dalam memanfaatkan teknologi budidaya pertanian dan pengelolaan sumberdaya lahan pertanian.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas dalam bidang pemanfaatan teknologi budidaya dan pengelolaan sumberdaya lahan pertanian.
  2. Melaksanakan penelitian dalam pemanfaatan teknologi budidaya dan pengelolaan sumberdaya lahan pertanian dengan berbagai organisasi jasa dan produksi.
  3. Menerapkembangkan hasil-hasil penelitian teknologi budidaya dan pengelolahan sumberdaya lahan pertanian dalam dunia usaha dan masyarakat. 

Tujuan 

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam penerapaan teknologi budidaya dan pengelolaan sumberdaya lahan pertanian secara berkelanjutan.
  2. Menghasilkan penelitian teknologi budidaya dan pengelolahan sumberdaya lahan pertanian yang dapat diterapkembangkan.

Program Studi Keteknikan Pertanian 

Visi 

Menjadikan Jurusan Keteknikan Pertanian Universitas Musamus sebagai pusat pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang keteknikan pertanian yang berwawasan lingkungan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas berbasis pada keteknikan pertanian.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian di bidang keteknikan pertanian. 
  3. Mengaplikasikan hasil-hasil penelitian bidang keteknikan pertanian pada masyarakat. 

Tujuan  

  1. Menghasilkan lulusan yang professional dan mampu bersaing di tingkat nasional. 
  2. Menghasilkan penelitian di bidang keteknikan pertanian yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan sesuai dengan kebutuhan pasar. 
  3. Mempublikasikan hasil penelitian yang bermutu dan mengaplikasikannya untuk pemberdayaan masyarakat dalam memecahkan persoalan masyarakat di bidang keteknikan pertanian.

Program Studi Peternakan  

Visi 

Menjadi penyelenggara pendidikan yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta mampu memenuhi kebutuhan daerah dan atau nasional akan sumber daya manusia yang berkualitas pada bidang peternakan yang berwawasan lingkungan. 

Misi 

  1. Menyelenggarakan dan meningkatkan proses pembelajaran yang berkualitas di bidang produksi, nutrisi pakan, teknologi hasil peternakan dan sosial ekonomi peternakan yang berbasis penelitian. 
  2. Menyelenggarakan dan meningkatkan kualitas penelitian dan pemanfaatan sumberdaya peternakan. 
  3. Mengaplikasikan hasil-hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi peternakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. 

Tujuan 

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam penerapan dan pengelolaan produksi dan teknologi yang berwawaasan lingkungan berkelanjutan 
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan kewirausahaan di bidang peternakan. 
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan diri secara terus menerus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang peternakan 
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki sifat pantang menyerah  
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki komunikasi yang baik 

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan  

Visi 

Menghasilkan lulusan Sarjana Perikanan bidang Manajemen Sumberdaya Perairan yang mampu mengelola sumberdaya perairan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. 

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran bidang manajemen sumberdaya perairan yang memiliki kompetensi unggul. 
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan keilmuan manajemen sumberdaya perairan. 
  3. Menerapkan dan mengembangkan ilmu manajemen sumberdaya perairan yang dapat memberi sumbangan pada masyarakat dalam mengelola lingkungan. 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam pengelolaan sumberdaya perairan yang lestari.  
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu manajemen sumberdaya perairan. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan dalam perencanaan pengelolaan sumberdaya perairan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Program Studi Agribisnis  

Visi 

Menghasilkan lulusan Sarjana Pertanian bidang Agribisnis yang mampu menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dalam mengelola sumberdaya pertanian yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. 

Misi 

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas dalam bidang manajemen agribisnis. 
  2. Melaksanakan penelitian di bidang manajemen agribisnis. 
  3. Mengaplikasikan hasil-hasil penelitian untuk pembangunan pertanian menuju pertanian berbasis bisnis dalam meningkatkan kesejahteraan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat. 

Tujuan 

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar ekonomi dan manajemen dalam mengelola agribisnis. 
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola wirausaha agribisnis. 
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang manajemen agribisnis. 

 

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini499
Minggu Ini1135
Bulan Ini7572
Total502794

IP Anda : 54.221.76.68 12 Desember 2017
Powered by CoalaWeb