Perpustakaan

UPT. PERPUSTAKAAN  

Informasi yang ditampilkan pada laman ini ditujukan kepada pengguna jasa dan pemerhati Perpustakaan Universitas Musamus dalam upaya mendukung penyelenggaraan studi untuk menghasilkan sarjana-sarjana berpengetahuan sesuai dengan visi dan misi Universitas Musamus. 

Dengan media ini perpustakaan UNMUS diharapkan dapat lebih bersosialisasi dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk memberi layanan pada pengguna perpustakaan dimanapun. Dengan demikian Perpustakaan UNMUS benar-benar dapat memposisikan diri sebagai "Jantung Universitas", untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (Alumni UNMUS) yang handal. 

1. SEJARAH SINGKAT

Perpustakaan Universitas Musamus dari waktu ke waktu mengalami perubahan. Perpustakaan Unmus Merauke berdiri tahun 2001. Dalam perjalanannya, Perpustakaan sebagai salah satu bagian yang memiliki andil dalam proses belajar mengajar dan merupakan salah satu sumber belajar bagi mahasiswa, dosen dan staf untuk menambah ilmu pengetahuan dan informasi. Perpustakaan UNMUS Merauke menempatkan Perpustakaan di tempat yang mudah dijangkau oleh civitas akademika. Pada tahun 2001 perpustakaan masih menggunakan sistem yang konvensional. Namun seiring dengan berjalannya waktu, komputer telah digunakan namun masih sebatas pada administasi. Hal tersebut karena masih minimnya SDM Perpustakaan dan belum tersedianya dana bagi pengembangan otomasi sistem perpustakaan. Namun untuk tahun 2012 dengan dukungan pengambil kebijakan diharapkan dapat menerapkan otomasi sistem perpustakaan guna meningkatkan layanan kepada pengguna dan tertibnya administrasi. Untuk bagunan gedung perpustakaan dibandingkan dengan awal pembukaannya (tidak terlepas dari awal berdirinya lembaga ini) yang masih pinjam gedung, saat ini bangunan sudah jauh lebih baik. Namun ke depan diharapkan dapat dikembang hingga menjadi lebih representatif karena semakin banyaknya Program Studi dan terus meningkatnya jumlah mahasiswa. Dengan adanya perkembangan media website UNMUS dapat juga dikembangkan web perpustakaan yang dapat membantu menyebarluaskan informasi tentang perpustakaan sehingga bisa diakses dari mana saja sebagai bentuk promosi sekaligus sosialisasi program perpustakaan ke publik. 

2. FASILITAS / BANGUNAN FISIK

Adapun luas bangunannya 100 m2 dengan kapasitas tempat duduk 23 kursi, meja 5 buah dan kapasitas … orang di ruang baca lesehan.

3. KOLEKSI BAHAN PUSTAKA

Koleksi pada Perpustakaan UNMUS adalah sebagai berikut :

 

No

Uraian

Jumlah Judul

Jumlah Eksemplar

1

Buku Penunjang, bacaan dll                  

5143

5419

2

Buku Referensi : Kamus dll    

66

88

3

CD Tutorial (bawaan buku)

199

288

4

Majalah

18

18

5

Karya Tulis: Lap. KP, TA, Skripsi, Tesis dan Disertasi    

397

427

6

Komik

29

126

7

Kliping

9

52

4. BENTUK LAYANAN

Layanan perpustakaan Unmus Merauke memakai sistem layanan terbuka, maksudnya dalam proses peminjaman pemakai dapat mencari dan mengambil sendiri koleksi buku yang diinginkan di rak buku yang tersedia. Adapun perpustakaan Unmus Merauke membuka kesempatan bagi Alumni, Masyarakat untuk bisa memanfaatkan Perpustakaan dengan syarat yang terdapat dalam tata tertib. 

5. Sistem Pengelolaan dan Kinerja 

Sistem pengelolaan UPT Perpustakaan Universitas Musamus (UNMUS) Merauke operasionalnya dilaksanakan mulai dari jam 08.00 s/d 17.00 WIT. Jam Layanan Perpustakaan 

Siap melayani sivitas akademika UNMUS dan masyarakat umum setiap hari! 

Senin-Kamis dan Jumat : Buka Jam 08.00-17.00 

Jumat : Buka Jam 08.00-11.00 dan dilanjutkan Jam 13.00-17.00 

6. PROGRAM KERJA : 

  1. Perintisan dalam penerapan otomasi pelayanan 
  2. Pengembangan Kerjasama antar perpustakaan 
  3. Optimalisasi kunjungan mahasiswa, dosen dan staf/karyawan ke perpustakaan 
  4. Pengadaan Koleksi buku, Jurnal, Majalah dan multimedia yang memenuhi standar baik jumlah judul maupun jumlah copy. 
  5. Bedah Buku dan Bursa Buku 
  6. Melakukan Stock Opname 

7. ORGANISASI PERPUSTAKAAN 

a. Bagian Administrasi meliputi : 

- Melaksanakan urusan surat menyurat, pengarsipan dan ekspedisi 

- Melaksanakan urusan administrasi hubungan masyarakat dan kerjasama 

- Mengerjakan urusan kepegawaian dan perencanaan 

- Mengarsipkan dokumen 

- Membuat laporan 

b. Bagian Layanan Teknis meliputi : 

- Melakukan inventarisasi bahan pustaka 

- Melakukan klasifikasi bahan pustaka 

- Melakukan katalogisasi bahan pustaka 

- Melakukan pemeliharan bahan pustaka 

- Menyusun laporan pelaksanaan pelayanan teknis 

c. Bagian Layanan Pengguna meliputi : 

- Menyusun program pelayanan pemakai 

- Melakukan pelayanan sirkulasi 

- Melakukan pelayanan referensi 

- Melakukan penyebarluasan informasi perpustakaan 

- Menyusun laporan pelaksanaan program kerja  

8. SUMBER DAYA MANUSIA 

Untuk mewujudkan peran perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi dalam mewujudkan Tri Dharma-nya maka kualitas sumber daya manusia perlu ditingkatkan, terutama dalam pengelolaan perpustakaan, manajemen pelayanan kepada user/pengguna dan administrasi perpustakaan. Dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia diharapkan akan memperbaiki stikma atau pendapat bahwa pengelolaan perpustakaan merupakan pekerjaan yang membosankan. Adapun usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM :  

  1. Mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Dikti/Perpustakaan Nasiona 
  2. Mengikuti pelatihan-pelatihan/worshop yang diselenggarakan Dikti, perpustakaan daerah propinsi dan/atau perguruan tinggi negeri maupun swasta 
  3. Mengikuti seminar lokakarya yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi negeri maupun swasta  
  4. Melakukan kerjasama antar perpustakaan. 

 

LAIN-LAIN

Perpustakaan Unmus Merauke dalam waktu dekat ini akan menjalin kerjasama dengan berbagai perpustakaan. Untuk mengoptimalkan silang layan, serta membuka jaringan bagi pengembangan Perpustakaan UNMUS. 

 

 

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini292
Minggu Ini928
Bulan Ini7365
Total502587

IP Anda : 54.226.227.175 12 Desember 2017
Powered by CoalaWeb