Kuliah Umum Fakultas Pertanian

kulumPertaFakultas Pertanian Universitas Musamus bekerja sama dengan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasi lPerikanan Kelas II Merauke menyelenggarakan kuliah umum pada hari Kamis, 13 Juli 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Musamus dan dihadiri oleh mahasiswa dan dosen Fakultas Pertanian serta pegawai Stasiun KIPM Merauke.

 

 

kulumPerta1Lewat sambutannya, Wakil Rektor III UNMUS menyampaikan sekilas tentang filososfi dan sejarah berdirinya Universitas Musamus. Beliau juga berharap peserta dapat memahami materi yang disampaikan oleh nara sumber, dan kemudian dapat lebih menggali dan mengembangkannya, karena kabupaten Merauke memiliki potensi yang sangat baik dibidang Perikanan dan Kelautan tetapi belum dikembangkan secara maksimal.

 

kulumPerta2Pihak Stasiun KIPM Merauke, melalui Kepala Stasiun KIPM, Nikmatul Rochmah, S.St.Pi., menyampaikan terima kasih kepada pihak UNMUS yang selama ini telah membangun hubungan kerjasama yang baik. Terima kasih disampaikan pula atas ijin yang diberikan sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan. Beliau juga menyampaikan selamat atas pelaksanaan Pemilihan Rektor UNMUS dengan harapan semoga hubungan kerjasama ini akan semakin solid lagi

 

Kuliah umum dengan tema ”Peran BKIPM dalam melindungi dan mencegah penyebaran penyakit ikan dan menjamin keamanan mutu hasil perikanan disampaikan oleh narasumber Widodo Sumiyanto, A,Pi, MM (Kepala Pusat Pengendalian Mutu Kementerian Kelautan dan Perikanan).  Dikatakannya bahwa ada beberapa permasalahan pada produk perikanan Indonesia, diantaranya histamine, antibiotik, salmonella, logamberat, kontaminasi crystal violet. Oleh karena itu pemerintah kini mengupayakan pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan dengan tujuan :

 

  • Menjamin produk perikanan yang beredar di wilayah Indonesia bermutu dan aman dikonsumsi,
  • Menjamin produk perikanan yang masuk kedalam wilayah RI memenuhi syarat mutu dan aman dikonsumsi,
  • Menjamin produk perikanan Indonesia memenuhi standard mutu negara tujuan ekspor.

 

Menurut Widodo Sumiyanto, kabupaten Merauke merupakan daerah yang potensi perikanannya terbilang bagus akan tetapi yang menjadi penyebab tidak berkembangnnya sektor ini adalah masalah infrastruktur dan transportasi, sehingga hal ini harus mendapat perhatian penuh dari pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait. Usai pemaparan materi, moderator, Edy H.P. Melmambessy, S.Pi., M.Si., memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan bertanya sebelum kegiatan ditutup.

 

kulumPerta3

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini558
Minggu Ini4038
Bulan Ini12131
Total487782

IP Anda : 54.224.168.206 19 November 2017
Powered by CoalaWeb