SEMINAR NASIONAL KEPENDIDIKAN

semnas1Sebagai upaya memajukan pendidikan dan pembelajaran untuk mempercepat pembangunan khususnya di daerah pinggiran maka untuk pertamakalinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus menyelenggarakan Seminar Nasional Kependidikan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 6 Oktober 2017 digedung PKM UNMUS dengan tema :Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran dalam Rangka Percepatanan Pembangunan di Daerah Pinggiran. Hadir sebagai pembicara utama Direktur Pembelajaran Ditjen Belmawa Kemristekdikti, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP dan empat pembicara lainya. Didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Warek I Unmus, Dr. Maria V.I Herdjiono, SE, M.Si. mewakili Rektor Unmus menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan seminar. Dalam sambutannya Wakil Rektor I Unmus menyampaikan terima kasih kepada Panitia Penyelenggara yang telah bekerja keras sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. Beliau juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada pembicara yang telah berkenan menghadiri acara dimaksud.

semnas2

Bertindak sebagai moderator dalam kegiatan ini adalah Dekan FKIP, Yenni P. Pasaribu, ST, M.Si. Selanjutnya moderator mempersilahkan para pembicara untuk memaparkan materinya. Pembicara pertama Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd (Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Makassar) dengan topik Strategi. Percepatan Pembagunan di Daerah Pinggiran. Pembicara kedua adalah Drs. H. Moctar Marhum, M.Ed., Ph.D (Dosen Prodi Bahasa Inggris Universitas Tadulako) dengan topik Strategi Menghadapi MEA pada Bidang Pendidikan. Pembicara ketiga dengan topik Inovasi Pembelajaran IPA Terpadu oleh Dr. Melania Suweni Muntini, M.T. (Dosen Prodi Fisika Institut Sepuluh November), dan pembicara keempat Dr. Totok Bintoro, M.Pd (Ketua LP3M dan Dosen Prodi Luar Biasa Universitas Negeri Jakarta).

semnas3

 

Selain pemateri dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, hadir pula Bupati Merauke Frederikus Gebze, ST., M.Si. di sela-sela kesibukannya. Beliau menyempatkan diri untuk menghadiri seminar serta menyampaikan dukungan pemerintah daerah dalam bidang pendidikan, salah satunya dengan mengusung sistem sekolah asrama. Setelah sesi pemaparan materi, moderator melanjutkan acara pada sesi diskusi. Peserta diberikan kesempatan untuk bertanya tenta berbagai hal terkait materi yang telah diberikan. Pada sesi ini peserta terlihat begitu antusias. Selanjutnya dilakukan penyerahan cinderamata dari Universitas Musamus dan Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke kepada para pembicara yang hadir.

semnas4

 

Sementara itu, Direktur Pembelajaran DITJEN Belmawa Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP yang baru tiba sekitar pukul 12.00 WIT langsung disambut dengan tarian adat Marind. Para penari dengan busana khas Marind mengantarkan Direktur Pembelajaran DITJEN Belmawa memasuki ruang seminar.

semnas5

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi pararel menjadi lima kelas yaitu :Kelas A bertempat di ruang kelas FKIP A dengan moderator Aprianus Hutadjulu, Kelas B diruang kelas FKIP B dengan moderator Nasrawati, Kelas C diruang FKIP C dengan moderator Yonarlianto Tembang, Kelas D bertempat diruang FKIP D dengan moderator Agus Kichi Hermansyah dan Kelas E di ruang kelas FKIP E dengan moderator Abraham Laurens Rettob. Disetiap kelas, para pemakalah mempresentasikan hasil penelitiannya.

semnas6

Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini ditutup oleh Wakil Rektor III UNMUS Yosehi Mekiuw, SP, M.Sc. dan diakhiri dengan jamuan makan malam serta penyerahan cinderamata kepada Direktur Pembelajaran Ditjen Belmawa oleh Wakil Rektor I UNMUS di gazebo Unmus serta acara foto bersama.

 semnas7

semnas8

 

 

 

 

 

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini565
Minggu Ini4045
Bulan Ini12138
Total487789

IP Anda : 54.224.168.206 19 November 2017
Powered by CoalaWeb