Hibah PDS

Untuk kedua kalinya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus berhasil meraih Program Hibah Penugasan Dosen (PDS) dan implementasi di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Latar belakang program PDS adalah perlunya pengalaman atau capaian pembelajaran di LPTK dengan keadaan nyata praktis pembelajaran di sekolah agar dosen menjadi Role Model sesungguhnya, yang bermitra dengan guru di sekolah masing-masing. Di mana dosen yang ditugaskan dalam PDS diberi tugas sebanyak 8 kali pertemuan dengan intensitas dua kali pertemuan dalam seminggu, dan minimal 2 kompetensi dasar. Dosen-dosen ini bersama guru mitranya harus menyiapkan instrumen dan media pembelajaran, di mana pada akhir tugas mereka wajib menulis artikel bersama dengan guru mitra sebagai penulis utama.

Di samping itu, dalam program implementasi PDS di LPTK, dosen yang mendapat tugas di kampus adalah mereka yang memiliki pengalaman tugas tahun sebelumnya di sekolah.  Luaran yang diharapkan  diantaranya adalah perangkat pembelajaran selama satu semester (yang mengakomodasi hasil PDS), video pembelajaran yang diunggah di Youtube, hasil monitoring kegiatan, video testimoni mahasiswa yang diunggah di Youtube, serta publikasi di jurnal ilmiah atau seminar internasional.  Kegiatan PDS ini akan dimonev secara internal oleh satuan penjaminan mutu Perguruan Tinggi bersangkutan dan monev eksternal yang dilaksanakan oleh Tim PDS Belmawa baik melalui evaluasi daring maupun kunjungan lapangan.

Sebagai tindak lanjut dari keberhasilan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus memperoleh hibah PDS Tahun 2019 dari Belmawa Kemenristekdikti, maka pada tanggal 20 Juni 2019, dilaksanakan Rapat Koordinasi  antara LPTK dan Sekolah Mitra dalam Rangka Penugasan Dosen di Sekolah (PDS).Kegiatan dipimpin langsung oleh Dekan FKIP Unmus, Yenni P. Pasaribu S.T., M.Si.  Pada kegiatan ini hadir utusan dari 3 sekolah yang merupakan mitra PDS yaitu SDN Polder, SMP YPPK Yoanes 23 Merauke, serta SMK Negeri 3 Merauke. Hadir pula ketua LP3M Unmus dan para ketua jurusan atau yang mewakili dari 9 jurusan di FKIP.

 

c_200_200_16777215_00_images_2019_pds1.jpg

Dalam sambutannya, Dekan FKIP menyampaikan bahwa tahun 2018 FKIP Unmus telah melaksanakan penugasan dosen di sekolah dan telah dipublikasikan di berbagai jurnal, seperti pada e-jurnal Unmus, Magistra. Tahun 2019, direncanakan PDS akan dilaksanakan di 3 sekolah yaitu SDN Polder, SMP YPPK Yoanes 23 Merauke dan SMK Negeri 3 Merauke. Terdapat tuntutan baru pada tahun 2019 yaitu dilaksanakannya pengabdian masyarakat bersama dengan dilaksanakannya PDS.  Beliau juga menggarisbawahi bahwa kegiatan ini bukan untuk menggurui guru-guru di sekolah, tetapi sebagai suatu sarana bagi dosen untuk belajar dari guru-guru senior di sekolah mitra, untuk mengetahui pembelajaran terbaru di sekolah serta memiliki wawasan tentang kendala-kendala yang dihadapi oleh para guru di lapangan.

Presentasi materi disampaikan oleh anggota PDS, Supriyadi S.Pd., M.Pd antara lain tentang latar belakang PDS, capaian yang diharapkan, perencanaan pelaksanaan, serta bentuk hasil akhir yang dilaporkan.  Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi koordinasi kegiatan penugasan dosen di sekolah-sekolah mitra.

Selanjutnya pada hari Selasa, 24 Juni 2019, bertempat di Ruang Rapat Dekanat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan kembali melaksanakan kelanjutan Program PDS Tahun 2019. Pada kesempatan ini dilaksanakan sosialisasi PDS dan implementasi LPTK kepada para dosen di lingkup FKIP Unmus. Kegiatan dipimpin langsung oleh Wakil Dekan FKIP, bapak Lay Riwu S.Pd., M.Hum, dan dihadiri pula oleh Ketua Program Hibah PDS Tahun 2019, Hariani Fitrianti, S.T., M.T beserta tim antara lain Supriyadi, S.Pd., M.Pd., Andi Saparuddin Nur, S.Pd., M.Pd., serta Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd

c_200_200_16777215_00_images_2019_pds2.jpg

Pada kegiatan tersebut disampaikan beberapa materi oleh ibu Hariani Fitrianti, S.T. M.T tentang latar belakang dan manfaat PDS dosen yang dilibatkan, sekolah mitra tempat pelaksanaan PDS, bentuk dan mekanisme kegiatan PDS, perencanaan dan pelaksanaan PDS, implementasi hasil PDS di LPTK, monev dan penjaminan mutu sampai luaran PDS serta Rencana Tindak Lanjut PDS.

c_200_200_16777215_00_images_2019_pds3.jpg

 

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini551
Minggu Ini3479
Bulan Ini9038
Total993757

IP Anda : 34.204.173.36 16 November 2019
Powered by CoalaWeb