::::: Diberitahukan Bagi Peserta Test CPNS UNMUS 2017 agar memperhatikan Pengumuman Informasi terlampir pada Tab Pengumuman hari ini :::::                                                      ::::: Penundaan Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Pengadaan CPNS Kemenristekdikti dapat dilihat pada Tab Pengumuman di halaman ini :::::                                                      ::::: Pengumuman Perubahan Jadwal Seleksi Penerimaan CPNS di Lingkungan Universitas Musamus Tahun 2017 dapat dilihat pada Tab Pengumuman di halaman ini :::::

 

Berita Lain

Kerjasama dengan Fakultas Teknik UGM

c_200_200_16777215_00_images_unmus_kr.jpgPenjajakan kerjasama UNMUS dengan beberapa universitas lainnya di tandai dengan berkunjung ke Universitas Gajah Mada Yogyakarta khususnya fakultas Teknik pada tanggal 21 Mei 2012 dimana tim dari Universitas Musamus Terdiri dari Alexander Phuk Tjilen, SE.,M.Si  (Wakil Rektor III UNMUS bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama), Frederik H Sumbung,ST.,M.Eng (Dekan Fakultas Teknik UNMUS), Gerzon J Maulany,ST.,M.T (Kepala Biro Umum Perencanaan dan Keuangan UNMUS), Theresia Widi A. Chayanti,ST.,M.Sc (Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama UNMUS) pada kunjungannya ini disambut oleh Prof. Ir. Bambang Hari Wibisono, MUP.,M.Sc., Ph.D (Pembantu Dekan I bidang Akademik danPenjaminan Mutu).

Selengkapnya...

Fisip

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

VISI 

Menjadi Fakultas yang mandiri,mampu memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas tinggi,menjadi pusat informasi bagi masyarakat,serta berpartisipasi penuh dalam pengembangan sosial dan politik di wilayah Selatan Papua. 

MISI 

  1. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Ilmu Sosial dan Politik 
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berfokus pada kebijakan publik 
  3. Mengintegrasikan pelaksanaan Tri Dharma PT dengan dinamika sosial politik di wilayah Selatan Papua 

TUJUAN 

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas (UNMUS) untuk menghasilkan : 

  1. Lulusan Sarjana Sosial yang berkompetensi tinggi, beretika, dan berakhlak mulia. 
  2. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran dan dapat diterapkembangkan kehidupan sosial politik khususnya masyarakat Papua. 
  3. Alumni yang berkemampuan Governance enterpreneurship.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyelenggarakan 1 Program Studi sebagai berikut:

No Program Studi Jenjang Ijin Operasional
 1 Program Studi Administrasi Negara S1 243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

 

Program Studi Administrasi Negara

Visi

Menghasilkan lulusan sarjana sosial dalam bidang Administrasi Negara yang memiliki keunggulan khususnya dalam analisis kebijakan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Ilmu Administrasi Negara.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang dapat mendukung kemajuan pendidikan dan pembelajaran.
  3. Menerapkembangkan IPTEKS Ilmu Administrasi Negara khususnya dalam pemberdayaan masyarakat.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Jurusan/Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNMUS adalah untuk:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana sosial yang memiliki kompetensi tinggi bidang Ilmu Administrasi Negara dan berjiwa enterpreneurship yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada kajian kebijakan publik. 

Fkip

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

VISI 

Menghasilkan Sarjana Pendidikan yang unggul di bidang keguruan dan ilmu pendidikan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berwawasan kebangsaan, lingkungan, dan budaya Indonesia dalam kurun waktu 2011 sampai dengan 2015.

MISI 

  1. Mewujudkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu melaksanakan pendidikan yang bermutu, menyenangkan, dan berwawasan kebangsaan, lingkungan, dan budaya Indonesia.  
  2. Mewujudkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu melaksanakan penelitian yang berorientasi kepada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni pembelajaran yang berwawasan kebangsaan, lingkungan dan budaya Indonesia dalam menunjang pembangunan yang berkelanjutan. 
  3. Mewujudkan Fakulftas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi kepada pegembangan sikap dan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara, menjunjung tinggi etika profesi keguruan dan nilai-nilai kearifan lingkungan dan budaya lokal.

TUJUAN

  1. Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) adalah: 
  2. Menghasilkan lulusan berkualitas dan berkompeten dalam bidang pendidikan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian dalam bidang pendidikan yang dapat diterapkankembangkan dalam masyarakat.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan 6 Program Studi sebagai berikut:

 

No

Program Studi

Jenjang

Ijin Operasional/Penyelenggaraan

1

Program Studi Bahasa Inggris

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

2

Program Studi Bahasa Indonesia

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

3

Program Studi Matematika

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

4

Program Studi Penjaskesrek

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

5

Program Studi PGSD

S1

1523/E/T/2011 Tanggal 3 Oktober 2011

6

Program Studi PGTK – PAUD

S1

1523/E/T/2011 Tanggal 3 Oktober 2011

  

Program Studi Bahasa Inggris

Visi

Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan bidang Bahasa Inggris yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul, profesional, beretika, berbudaya, berkepribadian luhur, berwawasan kebangsaan dan lingkungan.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran bidang pendidikan Inggris.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan Bahasa Inggris.
  3. Menerapkembangkan pengetahuan dan keterampilan pendidikan Bahasa Inggris dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan bidang Bahasa Inggris yang unggul, profesional, disiplin, berperilaku baik, beretika, dan berdaya saing tinggi.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan bidang pendidikan Bahasa Inggris yang mampu diterapkembangkan.

 

Program Studi Bahasa Indonesia

Visi

Menjadi pusat pengembangan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang berwawasan kebangsaan, seni, dan budaya.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan jalan memberi penataran, penyuluhan, pelatihan, dan pembinaan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

Tujuan

  1. Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan maka tujuan Jurusan/Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNMUS adalah : 
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbasis siswa aktif. 
  4. Menghasilkan lulusan yang menguasai konsep dan prinsip pedagogi, yakni menguasai karakteristik peserta didik, teori belajar, kurikulum, teknologi informasi, dan komunikasi.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menentukan dan memberikan keputusan transaksional pembelajaran berdasarkan analisis informasi dan data serta dapat memilih berbagai alternatif solusi permasalahan pembelajaran.

 

Program Studi Matematika

Visi

Pada 2015 sebagai penyelnggara pendidikan yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan reputasi nasional serta mampu memenuhi kebutuhan daerah terhadap Sumber Daya Manusia di bidang Pendidikan Matematika yang berwawasan lingkungan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berbasis penelitian pada bidang Pendidikan Matematika.
  2. Secara terus menerus meningkatkan dan mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Matematika.
  3. Secara terus menerus meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Pendidikan Matematika.
  4. Membangun jaringan (network) kerja sama dengan lembaga dalam dan luar negeri dalam rangka mengembangkan sumber daya di bidang Pendidikan Matematika.

Tujuan

  1. Penguasaan bidang ilmu matematika sebagai sumber bahan ajaran bagi guru SMP/MTs, SMA/MA atau SMK, dan tenaga kependidikan lainnya;
  2. Pemahaman yang mendalam tentang peserta didik dan prinsip dasar kependidikan;
  3. Penguasaan pembelajaran matematika yang mendidik;
  4. Kemandirian, kepribadian dan keprofesionalan di bidang pembelajaran matematika;
  5. Sikap, nilai, kebiasaan belajar, dan kecenderungan kepribadian yang menunjang pelaksanaan tugas sebagai guru atau tenaga kependidikan lainnya;
  6. Kemampuan melaksanakan tugas lain dalam rangka pelaksanaan profesinya.

 

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Visi

Menghasilkan lulusan Sarjana Pendidikan bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudaya, berkompeten, berprestasi, serta berwawasan kebangsaan dan lingkungan dalam kurun 2011 – 2015.

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi yang memiliki kompetensi unggul.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan keilmuan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.
  3. Menerapkan dan mengembangkan ilmu Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi yang dapat memberi sumbangan pada masyarakat.

Tujuan

  1. Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Jurusan/Program Studi S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi UNMUS adalah :
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan dalam perencanaan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi maupun pengabdian kepada masyarakat.

 

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Visi

Sebagai pusat penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan tenaga guru Sekolah Dasar yang profesional dan kompeten, sebagai pusat kajian dan pengembangan mutu Sekolah Dasar yang unggul, inovatif dan kreatif

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tenaga guru Sekolah Dasar yang relevan dengan tuntutan perkembangan anak, kemajuan pendidikan dan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pelayanan, kerjasama dan pembinaan pendidikan tingkat Sekolah Dasar.
  3. Menyelenggarakan kegiatan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menghasilkan tenaga guru Sekolah Dasar yang profesional dan kompeten.

 

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Visi

Menjadi pusat pendidikan pendidik anak usia dini yang profesional, unggul, cerdas, dan bermartabat

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang efisien guna menghasilkan tenaga pendidik anak usia dini, yang memiliki keunggulan akademik, etika, dan moral luhur, dan berdaya saing tinggi
  2. Menyelenggarakan penelitian, pengkajian, dan pengembangan teori pendidikan anak usia dini bagi pengembangan keilmuan yang dapat mendukung pendidikan akademik yang profesional dan berorientasi pada peningkatan daya saing bangsa
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan anak usia dini.

 

Program Studi Pendidikan Kimia

 

Visi

Pada tahun 2019 menjadi  Program Studi Pendidikan Kimia yang unggul di kawasan timur Indonesia dalam menghasilkan lulusan yang menguasai pengembangan materi kimia di sekolah

Misi

1.    Menyelenggarakan proses pembelajaran tenaga kependidikan dalam bidang kimia yang berkualitas dan mendorong potensi pengembangan bidang ilmu kimia 

2.    Menyelenggarakan kegiatan penelitian (baik kajian teoritis maupun aplikatif) dalam bidang kependidikan kimia maupun ilmu kimia dan forum sosialisasi hasil penelitian kepada masyarakat 

3.    Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat hasil dari penelitian dosen 

4.    Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pencapaian visi Program Studi 

Tujuan

1.    Menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang mampu mengembangkan bahan pembelajaran kimia di sekolah 

2.    Menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang terampil mengelola proses pembelajaran kimia di sekolah 

3.    Menghasilkan sarjana yang inovatif dan terampil dalam mengelola laboratorium kimia di sekolah, instansi pemerintah, maupun instansi swasta 

4.    Menghasilkan sarjana yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi 

 

Sasaran

1.    Memperoleh mahasiswa baru yang memiliki motivasi dalam mengembangkan dan mendalami ilmu kependidikan kimia  

2.    Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Program Studi Pendidikan Kimia 

3.    Menjamin terselenggaranya kurikulum yang relevan dengan pasar kerja 

4.    Menjamin terselenggaranya proses pembelajaran yang kondusif, dinamis dan parsitipatif 

5.    Tersedianya sarana prasarana pengembangan kegiatan pendidikan kimia 

6.    Tersedianya sarana prasarana pendukung kegiatan pendidikan kimia 

 

 

Fakultas Ekonomi

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUSAMUS 

VISI 

Menjadi Fakultas Ekonomi yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Papua 

MISI 

  1. Menyelengarakan pendidikan ekonomi berlandaskan moral dan etika untuk menghasilkan lulusan yang mandiri dan memiliki jiwa kewirausahaan dan ahli dalam ilmu ekonomi  
  2. Mengembangkan dan menyebarkan ilmu ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat 
  3. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk kesejahteraan masyarakat Papua 
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk menghasilkan sarjana 

TUJUAN 

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Musamus Merauke (UNMUS) untuk menghasilkan lulusan yang: 

  1. Membentuk sarjana ekonomi yang berkompetensi di bidang ekonomi yang sadar lingkungan dan berakhlak mulia. 
  2. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang kondusif di lingkungan Fakultas yang berbasis teknologi informasi 
  3. Meningkatkan dan mengembangkan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat

Fakultas Ekonomi menyelenggarakan 3 Program Studi sebagai berikut:

No

Program Studi

Jenjang

Ijin Operasional

1

Program Studi Manajemen

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

2

Program Studi Akuntansi

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

3

Program Studi Ekonomi Pembangunan

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

Program Studi Manajemen 

Visi 

Menjadi Program Studi Manajemen yang mandiri, mampu memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas tinggi, menjadi pusat informasi bisnis bagi masyarakat, serta berpartisipasi penuh dalam pengembangan Bisnis dan Manajemen di wilayah Selatan Papua.

Misi

  1. Meningkatkan komitmen dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berwawasan Internasional 
  2. Meningkatkan Akses ke Usaha Kecil dan Menengah, Dunia Bisnis, dan Industri 
  3. Meningkatkan sarana dan prasarana Program Studi Manajemen dalam menghadapi persaingan global. 
  4. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat untuk menumbuhkembangkan kepekaan dan tanggung jawab social segenap civitas akademika.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mengembangkan institusi dan sumber daya manusia.
  6. Ikut serta mengembangkan manajemen pertanian dan kelautan sesuai dengan visi dan misi pemerintah di wilayah selatan Papua.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Program Studi (PS) S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Musamus Merauke (UNMUS) adalah menghasilkan lulusan yang :

  1. Mampu menghasilkan Manajer-manajer Profesional untuk menghadapi Perkembangan Dunia Bisnis dan Industri 
  2. Mampu menghasilkan penelitian yang berkualitas, dapat diterapkan di dunia Bisnis dan Manajemen. 
  3. Mampu mempublikasikan dan menyebar luaskan hasil-hasil penelitian kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
  4. Dapat memberikan konsultasi Bisnis, seperti Pemberian saran-saran pelaksanaan Bisnis dan layanan konsultasi dalam berbagai bidang Manajemen. 
  5. Terselenggaranya proses pendidikan yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif (lokal, nasional dan pasar global)
  6. Mampu berwiraswasta dan bekerja pada berbagai lembaga usaha yang memiliki etika, moral dan profesinalisme yang tinggi.

Program Studi Akuntansi

Visi

Menjadi salah satu pusat pendidikan dan pengembangan akuntansi yang mampu menghasilkan lulusan yang unggul, mampu berkompetisi dan berkarya secara profesional berdasarkan moral keagamaan. 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akuntansi berlandaskan moral dan etika untuk menghasilkan lulusan yang mandiri dan memiliki keahlian di bidang akuntansi. 
  2. Melaksanakan penelitian yang berguna untuk pendalaman dan pengembangan dalam ilmu akuntansi.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat untuk menumbuh kembangkan kepekaan dan tanggung jawab sosial segenap sivitas akademika.
  4. Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam mengembangkan institusi dan sumber daya manusia.

Tujuan

Program Studi Akuntansi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang: 

  1. Memiliki integritas yang tinggi yang mampu bekerja secara professional di bidang ekonomi 
  2. Menguasai pengetahuan dan metodologi sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan memutuskan masalah sesuai keahliannya
  3. Memiliki wawasan luas, bersifat terbuka terhadap perubahan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan
  4. Berjiwa wirausaha serta memahami perkembangan perekonomian dan persaingan perdagangan bebas di Indonesia.

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Visi

Menjadi lembaga yang unggul dan mampu mengembangkan ilmu ekonomi guna membentuk SDM yang berdaya cipta dan ahli dalam bidang ekonomi pembangunan

Misi

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai sebuah tanggung jawab moral dalam pengembangan ilmu ekonomi pembangunan dan peka terhadap kebutuhan masyarkat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam rangka menyiapkan lulusan yang handal dan mampu menguasai ilmu ekonomi dan teknologi, serta mempunyai akhlak dan moral yang baik.
  3. Menyiapkan lulusan yang dapat bersaing dalam lapangan kerja serta mampu menciptakan lapangan kerja demi peningkatan kesejahteraan masyarkat Papua pada umumnya dan Kabupaten Merauke pada khususnya
  4. Menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga dalam upaya pengembangan institusi dan peningkatan mutu lulusan

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa, jujur, bertanggung jawab, bermoral dan beretika
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu ekonomi pembangunan
  3. Menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing tinggi untuk memenuhi pasar kerja
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak

 

Fakultas Teknik

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUSAMUS

VISI

Menjadi institusi pengembangan pendidikan dan penelitian teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, teknik informatika, teknik arsitektur, dan sistem informasi pada bidang teknologi aplikasi, rekayasa, inovasi, dan desain yang dapat menunjang pembangunan industri pertanian dan kelautan yang berwawasan lingkungan dalam kurun waktu 2010 sampai 2015.

MISI

  1. Mewujudkan fakultas teknik sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan dapat bersaing secara global.
  2. Mewujudkan fakultas teknik sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berwawasan budaya dan menunjang pembangunan yang berkelanjutan.
  3. Mewujudkan fakultas teknik sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Fakultas Teknik Universitas Musamus menyelenggarakan 6 Program Studi sebagai berikut:

No

Program Studi

Jenjang

Ijin Operasional

1

Program Studi Teknik Sipil

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

2

Program Studi Teknik Mesin

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

3

Program Studi Teknik Elektro

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

4

Program Studi Teknik Informatika

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

5

Program Studi Sistem Informasi

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

6

Program Studi Teknik Arsitektur

S1

243/E/O/2011 Tanggal 17 Oktober 2011

Program Studi Teknik Sipil

Visi

Program Studi Teknik Sipil menjadi Program studi yang dapat menyerap serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk menciptakan lulusan yang bermoral, beretika dan profesional.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berkualitas dalam bidang keteknik sipilan yang mampu menyediakan tenaga terampil yang professional siap pakai dibidangnya dan industri terkait
  2. Meningkatkan kualitas dan kerja sama penelitian dan pemanfaatan teknologi ketekniksipilan dengan berbagai organisasi jasa dan produksi.
  3. Mengaplikasikan hasil-hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi keteknik sipilan yang pada akhirnya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Program Studi (PS) S-1 Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Musamus (UNMUS) Merauke adalah menghasilkan sarjana teknik Sipil yang berpola pikir profesional, berjiwa mandiri, memiliki kepekaan sosial dan mampu menyerap dan mengembangkan teknologi terbaru sesuai perkembangan dalam era globalisasi.

Program Studi Teknik Mesin

Visi

Menjadi program studi unggul dalam pengembangan pendidikan dan penelitian teknik mesin pada bidang pemanfaatan teknologi permesinan, yang dapat menunjang pembangunan industri pertanian dan kelautan yang berwawasan lingkungan dalam kurun waktu 2010 sampai 2014.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berkualitas dalam bidang pemanfaatan teknologi permesinan pada industri pertanian dan kelautan yang berwawasan lingkungan.
  2. Meningkatkan kualitas dan kerja sama penelitian dan pemanfaatan teknologi permesinan dengan berbagai organisasi jasa dan produksi pertanian dan kelautan.
  3. Mengaplikasikan hasil-hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi permesinan

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Program Studi (PS) S-1 Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) Universitas Musamus Merauke (UNMUS) adalah menghasilkan lulusan yang :

  1. Berkualitas dan berkompeten dalam bidang ilmu teknologi permesinan.
  2. Mampu melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta transfer perkembangan ilmu teknologi serta secara aktif dan inovatif
  3. Mampu menjalin kerja sama dengan pemerintah, pasar , industry, institusi dan pribadi dalam penerapan dan pengembangan teknologi permesinan.
  4. Mampu menciptakan lapangan kerja dengan memiliki jiwa kewirausahaan .

Program Studi Teknik Elektro

Visi

Menjadi program studi unggul dalam pengembangan pendidikan dan penelitian teknik elektro pada bidang pemanfaatan teknologi kelistrikan dan elektronik, yang dapat menunjang pembangunan industri pertanian dan kelautan yang berwawasan lingkungan dalam kurun waktu 2010 sampai 2015.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berkualitas dalam bidang pemanfaatan teknologi kelistrikan dan elektronika pada industri pertanian dan kelautan yang berwawasan lingkungan.
  2. Meningkatkan kualitas dan kerja sama penelitian dan pemanfaatan teknologi kelistrikan dan elektronika dengan berbagai organisasi jasa dan produksi pertanian dan kelautan.
  3. Mengaplikasikan hasil hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi kelistrikan dan elektronika.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Program Studi (PS) S-1 Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Musamus Merauke (UNMUS) adalah menghasilkan lulusan yang :

  1. Berkualitas dan kompeten dalam bidang pemanfaatan teknologi kelistrikan dan elektronika.
  2. Mampu melakukan penelitian dalam bidang pemanfaatan teknologi kelistrikan dan elektronika yang dapat diterapkan dalam industri dan masyarakat. 
  3. Mampu menerapkan hasil-hasil penelitian pemanfaatan teknologi kelistrikan dan elektronika untuk meningkatkan produktifitas industri dan masyarakat

Program Studi Teknik Informatika

Visi

Program Studi Teknik Informatika menjadi Program Studi sebagai Institusi Pendidikan Tinggi terdepan di Kawasan Papua Selatan yang dapat menyerap serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk menciptakan lulusan yang bermoral, beretika dan profesional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan keteknikan profesional berlandaskan moral dan etika untuk menghasilkan lulusan yang mandiri dan memiliki keahlian dibidang Teknologi Informasi.
  2. Melaksanakan penelitian yang berguna untuk pendalaman dan pengembangan teknologi dibidang Teknologi Informasi.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat untuk menumbuhkembangkan kepekaan dan tanggung jawab sosial segenap sivitas akademika.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mengembangkan institusi dan sumber daya manusia.
  5. Ikut serta mengembangkan teknologi industri pertanian dan kelautan sesuai dengan Visi dan Misi pemerintah di wilayah Selatan Papua

Tujuan

  1. Mempersiapkan lulusan yang mampu beradaptasi dengan dunia kerja, memiliki integritas, kredibilitas dan kualitas keilmuan yang tinggi
  2. Menyiapkan lulusan yang handal dan berkompeten dalam bidang Teknologi Informasi terutama dalam Pengembangan Software.

Program Studi Teknik Arsitektur

Visi

Menjadi jurusan/program studi unggul dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menghasilkan lulusan Sarjana Teknik Arsitektur berkualitas pada bidang analiyst desain, professional pada bidang environment support, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beretika, berjiwa technoprenuership dan berwawasan lingkungan dalam kurun waktu 2010 sampai 2015.

Misi

  1. Pendidikan
    Menyelenggarakan pembelajaran teknik rancang bangun dan lingkungan binaan yang berwawasan budaya dalam menunjang pembangunan yang berkelanjutan.
  2. Penelitian
    Menyelenggarakan penelitian terpadu bidang teknik rancang bangun berwawasan budaya yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran dan IPTEKS.
  3. Pengabdian kepada Masyarakat
    Menyelenggarakan kegiatan penerapan IPTEKS kepada masyarakat khususnya dalam aplikasi bidang teknik rancang bangun dan lingkungan binaan yang dapat meningkatkan taraf kehidupan bermasyarakat.

Tujuan

Tujuan Jurusan/Program Studi (PS) S-1 Teknik Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Universitas Musamus (UNMUS) adalah:

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Teknik Arsitektur yang berkualitas, professional, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beretika, berjiwa technoprenuership dan berwawasan lingkungan di bidang teknik rancang bangun dan lingkungan binaan.
  2. Menghasilkan penelitian terpadu bidang teknik rancang bangun berwawasan budaya yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran dan IPTEKS. 
  3. Menerapkembangkan IPTEKS kepada masyarakat khususnya dalam aplikasi bidang teknik rancang bangun dan lingkungan binaan yang dapat meningkatkan taraf kehidupan bermasyarakat.

Program Studi Sistem Informasi

Visi

Menjadi keunggulan dalam penyelenggaraan pendidikan sistem informasi khususnya dalam bidang E-Business, perencanaan dan pengembangan sistem informasi, serta sistem pendukung keputusan dan intelegensia bisnis, dengan kualitas yang mampu untuk berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat untuk mencapai visi program studi
  2. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahklak tinggi, berbudaya Indonesia, bersemangat ilmiah serta memiliki kemampuan akademik yang memadai dan sanggup berkinerja baik, serta mampu menerapkan, mengembangkan dan melakukan inovasi dalam bidang system informasi
  3. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilam dalam bidang system informasi, prinsip etika yang kuat agar mampu dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi untuk bersaing dipasar nasional maupun internasional
  4. Menyebarkan hasil penelitian dan teknologi terapan dalam bidang system informasi, untuk dimanfaatkan dalan kegiatan produktif dan peningkatan mutu kehidupan masyarakat.

Tujuan

Menghasilkan sarjana Sistem Informasi yang berpola pikir profesional, berjiwa mandiri, memiliki kepekaan sosial dan mampu menyerap dan mengembangkan teknologi Informasi terbaru sesuai perkembangan dalam era globalisasi serta menerapkannya dalam dunia nyata.

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini561
Minggu Ini4041
Bulan Ini12134
Total487785

IP Anda : 54.224.168.206 19 November 2017
Powered by CoalaWeb