Pertemuan Presiden Republik Indonesia Dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI)

Pertemuan Presiden bersama MRPTNI 01s

Bertempat di ruang zoom meeting, Rektor Universitas Musamus (Unmus) Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA didampingi para Wakil Rektor dan Kepala BUPK mengikuti pertemuan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Acara diselenggarakan secara langsung dari ruang auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada hari Senin, 13 September 2021. Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo didampingi Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo S.H., M.I.P  tiba di ruang pertemuan pada pukul 11.00 WIB atau pukul 13.00 WIT.

Pertemuan Presiden bersama MRPTNI 02s

Acara diawali dengan penyampaian laporan Ketua MRPTNI Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum yang juga merupakan Rektor UNS. Dalam laporan disampaikan bahwa pertemuan untuk audiensi bersama Presiden ini merupakan kerinduan yang sudah lama terpendam. Laporan yang disampaikan antara lain terkait dengan pelaksanaan pembelajaran atau perkuliahan yang dilakukan pada perguruan tinggi, pelaksanaan vaksinasi di perguruan tinggi serta upaya perguruan tinggi dalam pencegahan dan pengendalian covid-19.

Pertemuan Presiden bersama MRPTNI 03s

Sementara itu Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dalam sambutan dan arahannya menyampaikan dampak perubahan akibat revolusi industri 4.0, distrupsi teknologi dan pandemi telah mempercepat gelombang besar perubahan dunia sehingga yang terjadi ialah tingginya ketidakpastian oleh sebab itu Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo meminta kepada perguruan tinggi agar memfasilitasi mahasiwa untuk mengembangkan talentanya yang belum tentu sesuai dengan prodi, jurusan atau fakultasnya. Mahasiswa harus diberikan kemerdekaan untuk belajar kepada siapa saja karena itu merupakan esensi merdeka belajar. Kepada para Rektor Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo berpesan agar tugas Rektor bukan hanya di dalam kampus tetapi di luar kampus pun menjadi tugas Rektor dan jajaran. Setelah menyampaikan sambutan dan arahan acara dilanjutkan dengan sesi dialog Bersama pewakilan Rektor yang dipandu oleh Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan. Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menyampaikan untuk MRPTNI dapat mengagendakan pertemuan selanjutnya bersama Presiden agar para Rektor lebih leluasa menyampaikan segala sesuatunya terutama yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang perlu diperbaiki. Usai dialog rombongan Presiden meninggalkan ruangan pertemuan untuk melanjutkan kegiatan lainnya.

Pertemuan Presiden bersama MRPTNI 04s

Acara dilanjutkan dengan pertemuan dan dialog para Rektor bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim B.A., M.B.A didampingi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Dalam sesi dialog yang dipandu Ketua MRPTNI, para Rektor baik yang hadir secara fisik maupun secara daring menyampaikan berbagai hal berkaitan dengan kondisi pada Universitasnya. Rektor Unmus yang diberikan kesempatan berdialog dengan Mendikbudristek menyampaikan beberapa kendala yang dialami di Unmus seperti masalah keterbatasan jumlah sumber daya manusia Unmus khususnya orang asli Papua serta sarana dan prasarana yang sampai saat ini belum tuntas dikerjakan. Wakil Rektor I Unmus Dr. Maria V.I Herdjiono, M.Si juga ikut menambahkan beberapa hal berkaitan dengan program merdeka belajar kampus merdeka di Unmus kepada Mendikbudristek.

Pertemuan Presiden bersama MRPTNI 05s

Acara pertemuaan MRPTNI ini dihadiri secara luring oleh 35 Rektor dan secara daring oleh 57 Rektor PTN. Mengakhiri acara Mendikbudristek menyampaikan terima kasih serta permohonan maaf dengan adanya perubahan yang terjadi dua tahun ini yang begitu merepotkan perguruan tinggi. Bahwa kendatipun ada yang sukses maupun kegagalan dalam perubahan tersebut tidak menjadi masalah karena dalam hidup anak-anak itu mereka akan ada dalam kesuksesan dan kegagalan selalu. Mendikbudristek juga berharap agar Ketua MRPTNI agar dapat mengagendakan pertemuan serupa pada waktu berikutnya untuk mendiskusikan lebih lanjut segala hal yang ada dalam dunia pendidikan tinggi.

 

KUNJUNGAN KERJA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Sebagai bentuk tindak lanjut kerja sama yang telah dijalin selama ini maka pada hari Jumat 10 September 2021 Universitas Musamus (Unmus) mendapatkan kunjungan kerja dari Universitas Negeri Makassar (UNM) yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Direktur Program Pascasarjana serta Direktur Development Center. Kehadiran ketiga pimpinan UNM di Universitas paling timur Indonesia ini dalam rangka kunjungan kerja terkait dengan akademik dan pengembangan institusi.

Kunjungan kerja UNM 01s

Plh. Rektor Unmus Yosehi Mekiuw, S.P., M.Sc dalam ucapan selamat datang mewakili Rektor Unmus menyampaikan permohonan maafnya karena pada saat bersamaan Rektor sementara melakukan kunjungan keluar daerah sehingga tidak berkenan hadir. Plh. Rektor Unmus selanjutnya menyampaikan sekilas profil Unmus sebelum memberikan kesempatan kepada rombongan UNM untuk memaparkan maksud kunjungan kerja.

Kunjungan kerja UNM 02s

Prof. Dr. Karta Jayadi, M.Sn sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNM menyampaikan bahwa UNM berkomitmen untuk melakukan kerja sama dalam rangka mengembangkan universitas-universitas di bagian timur Indonesia, dikatakan bahwa tidak ada perguruan tinggi besar tanpa kerja sama. Selanjutnya Prof. Dr. Hamsu Abdul Gani, M.Pd selaku Direktur Program Pascasarjana UNM mempresentasikan tentang program pascasarja UNM, dikatakan bahwa hal yang penting setiap penerimaan calon mahasiwa pascasarjana UNM ialah adanya afirmasi yang diberikan kepada daerah-daerah tertentu untuk memudahkan masuk berkuliah di UNM. Selajutnya Prof. Dr. Muhammad Jufri, S.Psi., M.Si selaku Direktur Development Center UNM menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan akreditasi, dikatakan bahwa UNM dengan tangan terbuka akan membantu Unmus berkaitan dengan masalah akreditasi di mana Unmus sendiri pada tahun depan akan melakukan akreditasi terhadap beberapa jurusan yang akan habis masa berlakunya.

Kunjungan kerja UNM 03s

 

Acara ini berlangsung di ruang rapat Souter Nautje Unmus dan dihadiri oleh segenap pimpinan Unmus berlangsung dalam suasana keakraban dan penuh hikmah.

 

KULIAH UMUM PERDANA UNIVERSITAS MUSAMUS TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Kuliah Umum Perdana Universitas Musamus Tahun Akademik 2021/2022 yang digelar pada Rabu, 8 Agustus 2021 secara virtual melalui Zoom Meeting mengusung tema “Membangun Sumber Daya dengan Filosofi Musamus melalui Universitas”, yang diikuti oleh lebih dari 800 peserta (Civitas Akademika Universitas Musamus dan Umum). Hadir sebagai Narasumber dalam kuliah umum perdana yaitu Rektor Universitas Musamus  Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A, Tokoh Masyarakat Merauke dan Papua Selatan Drs. Johanes Gluba Gebze serta Ahli Antropologi Universitas Atmajaya Yogyakarta dan Dewan Kebudayaan DIY Dr. Y. Argo Twikromo, MA.

Dalam kegiatan tersebut Rektor Universitas Musamus, menyampaikan terkait pelaksanaan kalender Akademik Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022, Sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, serta mengajak segenap civitas akademika Universitas Musamus, agar senantiasa membangun negeri ini melalui Pendidikan dengan tetap mengedepankan filosofi musamus “Jangan Tanya Kerjaku, Tapi Lihat Karyaku” Bersama bekerja dengan hati demi kejayaan tanah Anim Ha.

kuliah umum perdana 01s

Bertindak selaku narasumber kedua Drs. Johanes Gluba sebagai Tokoh Masyarakat Merauke dan Papua Selatan menjelaskan secara rinci tentang filosofi musamus yang terdiri dari 3 (tiga) komponen; Tanah sebagai guru agung, yang mengajarkan kesetaraan, menumbuhkan semua tanpa pilih kasih, Semut (Musamus); komunitas yang terorganisir dengan baik, menjadi tim yang solid dan luar biasa; Sarang Semut (Bomidalo); karya spektakuler yang luar biasa.

kuliah umum perdana 02s

Narasumber ketiga dalam kuliah umum perdana ini, yaitu Dr. Y. Argo Twikromo,M.A sebagai seorang akademisi di bidang antropologi mengemukakan tentang kehidupan kampus merupakan salah satu relasi harmonis dalam ekosistem kehidupan bersama.

kuliah umum perdana 03s

Dengan dilaksanakannya Kuliah Umum Perdana Tahun Akademik 2021/2022 ini, diharapkan semakin memperjelas dan menumbuhkan semangat membangun sumber daya di Wilayah Timur Indonesia-Tanah Anim Ha, dengan mengedepankan Filosofi Musamus.

kuliah umum perdana 04s

kuliah umum perdana 05s

kuliah umum perdana 06s

PELANTIKAN REKTOR UNIVERSITAS MUSAMUS PERIODE TAHUN 2021-2025

Pada hari Selasa, 24 Agustus 2021 bertempat di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Musamus dilaksanakan pelantikan Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A sebagai Rektor Universitas Musamus Periode Tahun 2021 - 2025 melalui media aplikasi zoom meeting oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim bersamaan dengan pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Adapun para pejabat yang dilantik antara lain :

  1. Suharti, M.A., Ph.D sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
  2. Dr. Abi Sujak, MSc sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Utama Pusat Data Dan Informasi pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
  3. Irini Dewi Wanti, S.S, M.Sp sebagai Direktur Pelindungan Kebudayaan di lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan.
  4. Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus, P.hd sebagai Rektor Universitas Terbuka Periode Tahun 2021–2025.
  5. Dr. Ridha Ajam, M.Hum sebagai Rektor Universitas Khairun Periode Tahun 2021–2025.
  6. Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A sebagai Rektor Universitas Musamus Periode Tahun 2021–2025.
  7. Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara sebagai Rektor Universitas Udayana Periode Tahun 2021–2025.
  8. Ir. Ahmad Nuriyanis, MP sebagai Direktur Politeknik Maritim Negeri Indonesia Periode Tahun 2021–2025.

pelantikan 01

Pengambilan sumpah/janji jabatan dilakukan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi kepada semua pejabat yang dilantik yang didampingi oleh rohaniawan dalam hal ini secara luring didampingi RD. Johanes Kandam, PR yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan serta pelantikan para pejabat. Acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari pejabat lama Plt. Rektor Universitas Musamus Dr. Maria V.I. Herdjiono kepada Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A sebagai Rektor Universitas Musamus Periode Tahun 2021–2025 serta pengalungan tanda jabatan disaksikalan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

pelantikan 02b

pelantikan 03

pelantikan 04

pelantikan 05

pelantikan 06

pelantikan 07

Dalam sambutannya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyampaikan bahwa 2 tahun ini telah terjadi perubahan besar di lingkungan Kemendikbudristek, yaitu pada tahun 2019 bergabungnya kembali unsur Pendidikan Tinggi dari Kemristek ke Kemdikbud, kemudian pada tahun 2021 meleburnya Kemristek ke Kemdikbud, selain itu terdapat juga pandemi yang belum berakhir menjadi tantangan bagi dunia Pendidikan di Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berharap agar para pejabat yang baru dilantik mampu merefleksikan visi, misi, serta nilai-nilai budaya kerja Kemendikbudristek dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Membentuk komunikasi yang terbuka untuk mendorong semangat kolaborasi dan inovasi seluruh pegawai di lingkungan Kemendikbudristek. Kepada para Rektor dan Direktur Politeknik, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berharap agar para pimpinan perguruan tinggi ini dapat menjadi duta Merdeka Belajar Kampus Mereka yang akan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk berinovasi serta menghasilkan para calon profesional yang cerdas berkarakter.

Turut menghadiri acara pelantikan Rektor Universitas Musamus secara luring di Gedung PKM Universitas Musamus antara lain Wakil Bupati Merauke, Ketua DPRD Kabupaten Merauke, tokoh masyarakat Drs. Johanes Gluba Gebze, unsur pimpinan Universitas Musamus, perwakilan mahasiswa keluarga dan kerabat. Usai pelantikan Rektor Universitas Musamus Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A didampingi Ny. Beatus Tambaip berfoto bersama tamu undangan dan keluarga serta sesi wawancara oleh wartawan yang meliput kegiatan pelantikan.

pelantikan 08

Selamat dan Sukses atas pelantikan Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A sebagai Rektor Universitas Musamus Periode Tahun 2021–2025.

PEMILIHAN CALON REKTOR UNIVERSITAS MUSAMUS PERIODE TAHUN 2021 – 2025

RSTCalonRektor00

Tahapan Pengangkatan Rektor Universitas Musamus memasuki tahap Pemilihan Calon Rektor Universitas Musamus yang dilaksanakan dalam Rapat Senat Tertutup pada hari Rabu, tanggal 14 Juli 2021 untuk memilih salah satu dari tiga calon Rektor yakni (1) Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA, (2) Dr. Fitriani, S.Kom.,M.Si dan (3) Dr. Maria V.I Herdjiono, M.Si. Rapat Senat Tertutup dibuka oleh Ketua Senat Universitas Musamus Dr. A.P. Edoardus E. Maturbongs, M.Si  dengan agenda memilih calon dengan suara terbanyak yang selanjutnya akan ditetapkan sebagai Rektor Universitas Musamus terpilih.

RSTCalonRektor00a

Rapat Senat Tertutup ini diikuti oleh 14 orang anggota Senat Universitas Musamus dari keseluruhan 17 orang anggota Senat dimana tiga anggota Senat tidak dapat hadir karena alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Pemilihan calon Rektor dihadiri juga Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang dikuasakan kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. yang didampingi oleh Koordinator Hukum, Tata Laksana dan Kepegawaian Ditjen Dikti Bapak Suwitno untuk memberikan suara Menteri. Hadir pula tenaga saksi yaitu Dr. Dra. Seli Marlena Radjaleba, M.Hum dan Paulus Mangera, S.T., M.T.

RSTCalonRektor01b

Dalam sambutannya, Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. menyampaikan Universitas Musamus bagaikan pesawat dari Indonesia Timur yang dapat sejajar dengan kampus lainnya. Sebagai salah satu pesawat dari Indonesia Timur yang perkembangannya terbilang pesat, harus ada pilot yang menahkodai pesawat ini agar dapat terus melesat dan dapat menjadi Perguruan Tinggi Negeri kebanggaan wilayah Indonesia Timur.

RSTCalonRektor02a

RSTCalonRektor03a

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan calon Rektor yang dilakukan melalui aplikasi E-Voting oleh seluruh anggota Senat yang hadir dan Kementerian dengan ketentuan Menteri memiliki 35% (tiga puluh lima persen) hak suara dari total pemilih yang hadir dan Senat memiliki 65% (enam puluh lima persen) hak suara dan masing-masing anggota Senat memiliki hak suara yang sama. Adapun pemilihan calon Rektor melalui E-Voting menghasilkan perolehan suara sebagai berikut:

  1. Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA memperoleh 10 suara
  2. Dr. Fitriani, S.Kom.,M.Si memperoleh 1 suara
  3. Dr. Maria V.I Herdjiono, M.Si memperoleh 10 suara

Karena ada dua calon Rektor yang memperoleh suara yang sama, maka dilanjutkan pemilihan putaran kedua melalui E-Voting untuk memilih salah satu dari dua calon yang memperoleh suara terbanyak. Hasil akhir dari pemilihan putaran kedua diperoleh hasil suara sebagai berikut :

  1. Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA memperoleh 11 suara
  2. Dr. Maria V.I Herdjiono, M.Si memperoleh 10 suara

RSTCalonRektor04a

RSTCalonRektor05a

Berdasarkan hasil pemilihan tersebut, Senat menetapkan calon Rektor Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA  memperoleh suara tertinggi dan terpilih menjadi Rektor Universitas Musamus Periode Tahun 2021-2025 yang tertuang dalam berita acara yang ditanda tangani oleh anggota Senat, calon Rektor dan saksi untuk selanjutnya berita acara tersebut disampaikan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk ditetapkan dan dilantik.

RSTCalonRektor06a

RSTCalonRektor07a

Dalam sambutan akhirnya Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. yang mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyampaikan pesan agar Rektor terpilih dapat membawa Universitas Musamus menjadi lebih maju, saling mendukung, menjalankan Amanah Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan selalu kompak serta mengayomi seluruh civitas akademika Unmus untuk membangun Musamus menjadi kebanggaan Wilayah Timur Indonesia. Di akhir kegiatan, Rektor terpilih dan dua calon Rektor lainnya memberikan sambutan selama tahapan pengangkatan Rektor dimana ketiganya mengikuti segala tahapan dari awal sampai puncaknya.

Setelah semua prosesi selesai maka Rapat Senat Tertutup secara resmi ditutup oleh Ketua Senat Universitas Musamus Dr. A.P. Edoardus E. Maturbongs, M.Si dengan ketukan palu tanda berakhirnya semua rangkaian acara pemilihan yang berjalan dengan baik dan lancar. Selanjutnya diadakan jumpa Pers yang dihadiri oleh Ketua Senat Unmus, Rektor Terpilih, Ketua Panitia Pengangkatan Rektor, Sekretaris Panitia Pengangkatan Rektor yang diliput oleh wartawan beberapa media di Kabupaten Merauke dan disiarkan secara LIVE melalui youtube.

RSTCalonRektor08a

Selamat atas terpilihnya Bapak Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA sebagai Rektor Universitas Musamus Periode Tahun 2021 – 2025.

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini420
Minggu Ini3199
Bulan Ini10544
Total1440077

IP Anda : 3.236.16.13 17 September 2021
Powered by CoalaWeb