Wisuda Angkatan IX Gelombang II 2019

Tanggal 29 Juni 2019, bertempat di Gedung PKM, Universitas Musamus kembali melaksanakan wisuda program sarjana.Wisuda kali ini adalah untuk ke-18 kalinya Unmus menghasilkan lulusan dari berbagai disiplin ilmu yang terdapat di 6 Fakultas di Unmus.

c_200_200_16777215_00_images_2019_wisuda1.jpg

Pada wisuda angkatan IX gelombang 2 ini, jumlah wisudawan sebanyak 178 orang dengan rincian 51 wisudawan dari Fakultas Teknik, 19 wisudawan dari Fakultas Pertanian, 18 wisudawan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 56 wisudawan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, 15 wisudawan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta 19 wisudawan dari Fakultas Hukum. Sementara jumlah mahasiswa yang lulus dengan pujian berjumlah 9 orang yaitu Reza Jonatan, S.H (Jurusan Ilmu Hukum), Fransiska Jaftoran, S.H (Jurusan Ilmu Hukum), Ria Nurmalia Umar, S.E (Jurusan Akuntansi), Sri Ani, S.E (Jurusan Ekonomi Pembangunan), Novia Christi Damanaik, S.E (Jurusan Akuntansi), Dea Alfira Gunita, S.E (Jurusan Akuntansi), Heience, S.H (Jurusan Ilmu Hukum), Rizka Yuditia Andriani, S.E (Jurusan Ekonomi Pembangunan), Mahadan E. Haezer Sinaga S.H.(Jurusan Ilmu Hukum).  Diantara para wisudawan, terdapat 98 wisudawan yang merupakan penerima beasiswa Bidik Misi.

c_200_200_16777215_00_images_2019_wisuda2.jpg

Dalam sambutannya, Rektor berharap agar Pemda Kabupaten Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digoel dapat bekerjasama dengan Unmus di antaranya dalam hal peningkatan kualitas guru dimana Unmus telah dapat melaksanakan PPG untuk meningkatkan kualitas guru. Selain itu, Unmus juga telah menjadi penilai akreditasi jenjang SD, SMP, dan SMA di Merauke. Rektor mengajak pula Pemda Merauke untuk berkolaborasi dalam rangka membantu meningkatkan kualitas sekolah yang akreditasinya belum memenuhi nilai yang mencukupi untuk akreditasi. Beliau juga meminta para alumni untuk tidak lupa mengisi tracer study untuk membantu Unmus dalam merekam lulusannya yang telah ikut serta aktif dalam pembangunan melalui pekerjaan dan profesi yang dijalaninya. Di samping itu, Rektor menyampaikan tentang penerimaan CPNS 2018 di mana Unmus mendapatkan 89 tenaga CPNS baru, beliau mengharapkan banyak putra-putri asli Papua yang akan mengisi formasi khusus Putra-Putri Asli Papua pada penerimaan CPNS agar lebih banyak lagi putra putri Papua yang dapat ikut serta dalam pembangunan nasional melalui Pendidikan Tinggi. Tidak lupa Rektor menguacapkan selamat kepada para wisudawan dan keluarganya, serta berterimakasih kepada Pemda, Polri, TNI, Bank Mandiri, Medco, Telkom, Telkomsel yang telah menerima alumni Unmus untuk bergabung sebagai PNS atau karyawan di lembaga-lembaga tersebut.

c_200_200_16777215_00_images_2019_wisuda3.jpg

Sambutan juga diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke yang kali ini diwakili oleh Asisten I Bupati Bidang Pemerintahan, Bapak Joko Guritno, yang menyampaikan bahwa pemberian bantuan beasiswa kepada mahasiswa asli Papua harus mengikuti ketentuan dari Pemerintah Pusat, karena pengawasan tidak hanya dilakukan oleh BPK, tetapi juga KPK. Mengenai CPNS, sistem yang digunakan adalah sistem pendaftaran dan tes online mengikuti peraturan dari pemerintah pusat, dan Pemda Kabupaten Merauke hanya melaksanakannya. Kepada alumni, beliau menyampaikan agar wisudawan tidak hanya berpikir untuk bekerja pada instansi pemerintah atau swasta, tetapi dapat membangun usaha sendiri dan mempekerjakan tenaga-tenaga lain sehingga alumni merupakan solusi bagi masalah-masalah di tengah masyarakat.  Beliau juga menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan dan keluarga atas keberhasilan yang telah dicapai.

c_200_200_16777215_00_images_2019_wisuda4.jpg

 

Hibah PDS

Untuk kedua kalinya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus berhasil meraih Program Hibah Penugasan Dosen (PDS) dan implementasi di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Latar belakang program PDS adalah perlunya pengalaman atau capaian pembelajaran di LPTK dengan keadaan nyata praktis pembelajaran di sekolah agar dosen menjadi Role Model sesungguhnya, yang bermitra dengan guru di sekolah masing-masing. Di mana dosen yang ditugaskan dalam PDS diberi tugas sebanyak 8 kali pertemuan dengan intensitas dua kali pertemuan dalam seminggu, dan minimal 2 kompetensi dasar. Dosen-dosen ini bersama guru mitranya harus menyiapkan instrumen dan media pembelajaran, di mana pada akhir tugas mereka wajib menulis artikel bersama dengan guru mitra sebagai penulis utama.

Di samping itu, dalam program implementasi PDS di LPTK, dosen yang mendapat tugas di kampus adalah mereka yang memiliki pengalaman tugas tahun sebelumnya di sekolah.  Luaran yang diharapkan  diantaranya adalah perangkat pembelajaran selama satu semester (yang mengakomodasi hasil PDS), video pembelajaran yang diunggah di Youtube, hasil monitoring kegiatan, video testimoni mahasiswa yang diunggah di Youtube, serta publikasi di jurnal ilmiah atau seminar internasional.  Kegiatan PDS ini akan dimonev secara internal oleh satuan penjaminan mutu Perguruan Tinggi bersangkutan dan monev eksternal yang dilaksanakan oleh Tim PDS Belmawa baik melalui evaluasi daring maupun kunjungan lapangan.

Sebagai tindak lanjut dari keberhasilan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus memperoleh hibah PDS Tahun 2019 dari Belmawa Kemenristekdikti, maka pada tanggal 20 Juni 2019, dilaksanakan Rapat Koordinasi  antara LPTK dan Sekolah Mitra dalam Rangka Penugasan Dosen di Sekolah (PDS).Kegiatan dipimpin langsung oleh Dekan FKIP Unmus, Yenni P. Pasaribu S.T., M.Si.  Pada kegiatan ini hadir utusan dari 3 sekolah yang merupakan mitra PDS yaitu SDN Polder, SMP YPPK Yoanes 23 Merauke, serta SMK Negeri 3 Merauke. Hadir pula ketua LP3M Unmus dan para ketua jurusan atau yang mewakili dari 9 jurusan di FKIP.

 

c_200_200_16777215_00_images_2019_pds1.jpg

Dalam sambutannya, Dekan FKIP menyampaikan bahwa tahun 2018 FKIP Unmus telah melaksanakan penugasan dosen di sekolah dan telah dipublikasikan di berbagai jurnal, seperti pada e-jurnal Unmus, Magistra. Tahun 2019, direncanakan PDS akan dilaksanakan di 3 sekolah yaitu SDN Polder, SMP YPPK Yoanes 23 Merauke dan SMK Negeri 3 Merauke. Terdapat tuntutan baru pada tahun 2019 yaitu dilaksanakannya pengabdian masyarakat bersama dengan dilaksanakannya PDS.  Beliau juga menggarisbawahi bahwa kegiatan ini bukan untuk menggurui guru-guru di sekolah, tetapi sebagai suatu sarana bagi dosen untuk belajar dari guru-guru senior di sekolah mitra, untuk mengetahui pembelajaran terbaru di sekolah serta memiliki wawasan tentang kendala-kendala yang dihadapi oleh para guru di lapangan.

Presentasi materi disampaikan oleh anggota PDS, Supriyadi S.Pd., M.Pd antara lain tentang latar belakang PDS, capaian yang diharapkan, perencanaan pelaksanaan, serta bentuk hasil akhir yang dilaporkan.  Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi koordinasi kegiatan penugasan dosen di sekolah-sekolah mitra.

Selanjutnya pada hari Selasa, 24 Juni 2019, bertempat di Ruang Rapat Dekanat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan kembali melaksanakan kelanjutan Program PDS Tahun 2019. Pada kesempatan ini dilaksanakan sosialisasi PDS dan implementasi LPTK kepada para dosen di lingkup FKIP Unmus. Kegiatan dipimpin langsung oleh Wakil Dekan FKIP, bapak Lay Riwu S.Pd., M.Hum, dan dihadiri pula oleh Ketua Program Hibah PDS Tahun 2019, Hariani Fitrianti, S.T., M.T beserta tim antara lain Supriyadi, S.Pd., M.Pd., Andi Saparuddin Nur, S.Pd., M.Pd., serta Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd

c_200_200_16777215_00_images_2019_pds2.jpg

Pada kegiatan tersebut disampaikan beberapa materi oleh ibu Hariani Fitrianti, S.T. M.T tentang latar belakang dan manfaat PDS dosen yang dilibatkan, sekolah mitra tempat pelaksanaan PDS, bentuk dan mekanisme kegiatan PDS, perencanaan dan pelaksanaan PDS, implementasi hasil PDS di LPTK, monev dan penjaminan mutu sampai luaran PDS serta Rencana Tindak Lanjut PDS.

c_200_200_16777215_00_images_2019_pds3.jpg

 

 

Peringatan Nuzulul Qur'an

Datangnya bulan Ramadhan disambut dengan penuh antusias oleh umat muslim di seluruh dunia, termasuk civitas akademika Universitas Musamus yang memeluk agama Islam. Beberapa kegiatan dilaksanakan dalam rangka menyambut dan mengisi bulan Ramadhan di masjid At-Ta’lim di lingkungan Unmus dalam Program Berkah Ramadhan. Kegiatan tersebut antara lain penyediaan ta’jil secara bergantian selama hampisebulan penuh (pada hari-hari kerja) oleh dosen dan tendik yang beragama Islam, kegiatan pelatihan khutbah, lomba adzan, lomba kultum, kajian Tahsin Al-Qur’an serta peringatan Nuzulul Qur’an. Seluruh kegiatan tersebut merupakan kerjasama HMJ (Al-Kamil) dan PKM At-Ta’lim, sedangkan lomba adzan dan lomba kultum diselenggarakan oleh HMJ Sastra Inggris Unmus dan HMJ Al-Kamil.

c_200_200_16777215_00_images_2019_quran1.jpg

 

 

c_200_200_16777215_00_images_2019_quran2.jpg

 

c_200_200_16777215_00_images_2019_quran3.jpg

 

c_200_200_16777215_00_images_2019_quran4.jpg

Pada Jumat, 24 Mei 2019, dilaksanakan agenda besar di bulan Ramadhan yaitu Peringatan Nuzulul Qur’an yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Muslim.  Dalam kegiatan ini diumumkan pula para pemenang lomba adzan dan lomba kultum yang telah lebih dahulu dilakukan. Pemenang lomba kultum adalah Firsa Lois Suciana dari Jurusan Pendidikan Kimia (juara harapan 1), M.Jufri Rumadaul darij urusan Akuntansi (juara 3), JahroniI rianto dari Jurusan Administrasi Negara (juara 2), serta Siti Jamilah Hamdah dari Jurusan Pendidikan Fisika (juara 1). Sementara itu untuk lomba Adzan, juara harapan 1 diraih oleh Herman Wansa dari jurusan Teknik Elektro, juara 3 diraih oleh M. Ali Gunawan dari jurusan Akuntansi, Darma Dwi Sasongko dari jurusan Matematika (juara 2), serta Rizqi Pattiasina dari jurusan Sistem Informasi (juara 1).

c_200_200_16777215_00_images_2019_quran5.jpg

Pemberi ta’ziah pada peringatan Nuzulul Qur’an adalah Uztad Slamet Sugondo yang menyampaikan pentingnya ilmu bagi umat Islam, dan penekanan untuk belajar atau mempelajari ilmu adalah salah satu ajaran Rasulullah S.A.W yang membedakan dengan ajaran Rasulullah S.A.W dengan nabi-nabi yang diutus kepada umat-umat terdahulu. 

c_200_200_16777215_00_images_2019_quran6.jpg

 

 

 

Upacara Peringatan HARKITNAS 2019

UPACARA PERINGATAN HARKITNAS 2019

 

Untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Civitas Universitas Musamus melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei 2019 di lapangan PKM Unmus. Upacara tersebut diikuti oleh dosen, tendik dan perwakilan mahasiswa di lingkungan Unmus. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Ibu Erni Dwita Silambi, S.H., M.H (Dekan Fakultas Hukum Universitas Musamus).

c_200_200_16777215_00_images_2019_harkitnas1.jpg

 

 

c_200_200_16777215_00_images_2019_harkitnas2.jpg

Dalam amanatnya, Pembina Upacara membacakan salinan naskah sambutan Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara yang isinya adalah salah satu embrio Persatuan Indonesia adalahAmukti Palapa atau Sumpah Palapa yang dilakukan oleh Maha Patih Kerajaan Majapahit yang bernama Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara. Semangat Sumpah Palapa tersebut relevan dengan kondisi saat ini pada pasca pesta demokrasi.  Menkominfo mengajak kita untuk mempererat rasa Persatuan dan Kesatuan sesuai dengan tema Hari Kebangkitan Nasional Tahun ini yaitu “Bangkit Untuk Bersatu”.

c_200_200_16777215_00_images_2019_harkitnas3.jpg

Semangat peringatan Hari Kebangkitan Nasional juga terlihat pada akhir upacara, dimana unsur pimpinan dan beberapa dosen serta tendik menyempatkan diri untuk berfoto bersama dalam momen Hari Kebangkitan Nasional.  Selamat Hari Kebangkitan Nasional.

c_200_200_16777215_00_images_2019_harkitnas4.jpg

Dialog Interaktif Pengembangan Sumber Daya Manusia di Tanah Papua

Pada tanggal 4 Mei 2019, diadakan Dialog Interaktif dengan empat narasumber yaitu Bupati Kabupaten Merauke Bapak Frederikus Gebze, S.E., M.Si, Rektor Universitas Musamus (Unmus) Dr. Philipus Betaubun, Rektor Universitas Cendrawasih (Uncen) Dr. Apolo Safanpo, dan Rektor Universitas Papua (Unipa) Dr. Jacob Manusawai dengan tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia di Tanah Papua. Dialog ini dilaksanakan di Ruang Rapat Soter Nautje, Unmus dan disiarkan secara langsung melalui siaran Radio Republik Indonesia (RRI) Merauke pada pukul 08.00 WIT sampai pukul 09.00 WIT. Bertindak sebagai moderator dalam acara ini adalah Bung Jack Resubun dari RRI Merauke.

 c_200_200_16777215_00_images_2019_dialog1.jpg

Dalam Dialog Interaktif ini, para Rektor menyampaikan pandangannya, di mana Rektor Unmus menyampaikan upaya Unmus untuk meningkatkan SDM di Tanah Papua dengan meningkatkan akreditasi jurusan-jurusan yang ada di Universitas Musamus, di mana semua Jurusan di Universitas Musamus berhasil meraih akreditasi B, begitu pula institusi Universitas Musamus memperoleh peringkat B, selain itu peningkatan SDM dengan mendatangkan dosen pakar untuk memberikan pelatihan kepada para dosen dan tendik. Kemudian Rektor Uncen menyampaikan langkah pengembangan SDM yaitu dengan menyesuaikan kurikulum pada semua mata kuliah di Uncen mengikuti perkembangan kurikulum terbaru dan juga mengikuti perkembangan dunia kerja agar lulusan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja di dunia kerja. Terakhir Rektor Unipa menempuh langkah peningkatan SDM dosen dan tendik di Unipa, mendirikan program pasca sarjana S2 dan S3 untuk memenuhi permintaan kebutuhan tenaga Magister dan Doktor di Provinsi Papua, khususnya di Papua Barat, selain itu, Unipa juga mengutamakan pendekatan kearifan lokal untuk membantu pemprov dan pemda di Papua Barat dalam upaya Pelestarian dan Konservasi Alam di wilayah tersebut. Sementara itu Bupati Merauke menyampaikan dukungannya terhadap semua Perguruan Tinggi di Papua untuk mengembangkan sumber daya manusia di Tanah Papua, dan berharap langkah-langkah yang telah ditempuh yang disampaikan oleh para Rektor terus dikembangkan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan mulia tersebut.

c_200_200_16777215_00_images_2019_dialog2.jpg

 

c_200_200_16777215_00_images_2019_dialog4.jpg

 

c_200_200_16777215_00_images_2019_dialog4.jpg

 

c_200_200_16777215_00_images_2019_dialog5.jpg

Dialog ini mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat dengan adanya pertanyaan dari perwakilan mahasiswa yang hadir dalam dialog interaktif tersebut dan juga dari para pendengar siaran RRI di Kabupaten Merauke melalui pesan singkat di line telepon 085244581858. Perwakilan Mahasiswa yang bertanya adalah David K. dari jurusan Teknik Informatika Universitas Musamus. Karena keterbatasan waktu, maka jumlah penanya dibatasi. Dialog ditutup dengan closing statement dari Rektor Unmus, Rektor Uncen, Rektor Unipa serta Bupati Kabupaten Merauke.

c_200_200_16777215_00_images_2019_dialog6.jpg

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini481
Minggu Ini4085
Bulan Ini11940
Total933060

IP Anda : 34.239.173.11 17 Agustus 2019
Powered by CoalaWeb