Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Pada hari Senin, 6 November 2017, bertempat di Gedung PKM Universitas Musamus, diselenggarakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang disampaikan oleh anggota DPR-RI Bapak H. Sulaiman L. Hamzah yang sekaligus menyampaikan tujuan dilaksanakannya sosialisasi 4 pilar kebangsaan. Mengawali kegiatan, Wakil Rektor I, Dr. Irene V.I. Herdjiono memberikan sambutan selamat datang serta penyampaian sejarah singkat Universitas Musamus. Sambutan juga diberikan oleh Bupati Merauke Bapak Frederikus Gebze, S.Sos., M.Si. yang menyampaikan sekilas tentang Kabupaten Merauke serta keberagaman di dalamnya.

pilar1

pilar2

pilar3

Saat acara pembukaan dilakukan pula serah terima buku berjudul Restorasi Bersama Rakyat oleh Bapak Bupati kepada Wakil Rektor I Universitas Musamus. Materi sosialisasi 4 pilar kebangsaan disampaikan oleh 2 orang Staf Ahli DPR-RI yang merupakan staf dari H. Sulaeman L. Hamzah yaitu Bapak Abdul Aziz dan ibu Fauzun Nihayah,MH.Bapak Abdul Aziz menyampaikan materi tentang Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, dilanjutkan oleh ibu Fauzun yang membawakan materi tentang UUD tahun 1945, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

pilar4

pilar5

Setelah pemateri selesai menyampaikan materinya, diadakan sesi tanya jawab. Pada akhir acara, Bapak H. Sulaiman L. Hamzah menerima cinderamata dari Universitas  Musamus. Selainitubeliau juga menyerahkansecarasimbolissertifikatkepadamahasiswapeserta seminar. Beliau juga menerimaaspirasimahasiswaUniversitasMusamus berupa penyerahandokumenaspirasimahasiswa yang diwakiliolehPresiden BEM UniversitasMusamus, Ambotang. Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 150 mahasiswa dan dosen ini diakhiridengan sesi fotobersama.

pilar6

pilar7

 

Peringatan hari Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017 diperingati oleh segenap civitas akademika Universitas Musamus dengan melaksanakan upacara bendera di lapangan PKM Unmus. Peserta upacara terdiri atas dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan para pejabat struktural.

sumpah1

Bertindak sebagai pembina upacara Dekan Fakultas Pertanian EdyH.P. Melmambessy, S.Pi., M.Si. Pada upacara peringatan hari sumpah pemuda kali ini pembina upacara mengajak para pemuda generasi penerus bangsa untuk tidak mewarisi abu sumpah pemuda, tetapi mewarisi api sumpah pemuda, karena kalau hanya mewarisi abu maka kita hanya akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air.Tapi itu bukan tujuan akhir. Demikian sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan kembali oleh pembina upacara. SALAM PEMUDA !!!

sumpah2

sumpah3

SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD) UNIVERSITAS MUSAMUS di Lingkungan KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI dan PENDIDIKAN TINGGI

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dilaksanakan pada hari Senin, 23 Oktober 2017, bertempat di Kantor Regional IX BKN Jayapura telah dilaksanakan dan diikuti oleh 104 peserta dengan 2 (sesi) tes. Pelaksanaan SKD terdiri dari Formasi Umum dan Formasi Papua.  Pelaksanaan SKD dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Computer Assisted Test (CAT) BKN. SKD diikuti oleh 3 (tiga) Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Papua yaitu Universitas Cenderawasih, Universitas Musamus, dan Institut Seni Budaya Indonesia Papua. Peserta dari Universitas Musamus adalah 43 orang.

SKD20171

Sebelum pelaksanaan SKD dilakukan tahap penandatanganan daftar hadir oleh para peserta.  Selanjutnya tahap verifikasi oleh panitia. Tahap verifikasi dilakukan untuk mencocokan KTP, kartu peserta dan para peserta untuk menghindari terjadinya kecurangan. Ketika perserta dinyatakan lolos maka kartu peserta akan dibubuhi cap panitia. Setelah verifikasi selesai dilanjutkan dengan tahap pembagian pin oleh BKN. Pin ini akan digunakan ketika login dalam aplikasi CAT. Setelah peserta mendapatkan pin, pihak BKN menayangkan video simulasi penggunaan serta cara pengisian CAT.

SKD20172

Setelah penayangan video simulasi CAT, para peserta memasuki ruang tes CAT dimana sebelum memasuki ruang ujian peserta tidak diperkenankan membawa tas atau alat tulis dan cukup hanya membawa KTP serta kartu peserta.  Setelah itu dilakukan tahap pemeriksaaan. Tahap ini dilakukan untuk mengecek apakah para peserta melakukan kecurangan selama pelaksanaan tes SKD berlangsung.

SKD20173

SKD20174

Tiap sesi tes berlangsung selama 90 (sembilan puluh) menit. Peserta yang lulus pada tes sesi pertama SKD berjumlah 3 (tiga belas) peserta dan pada sesi kedua hanya 1 (satu) peserta.

SKD20175

SKD20176

Selama tes berlangsung, perwakilan dari masing-masing PTN dapat melihat perkembangan dan hasil tes dari masing-masing peserta melalui layar monitor yang telah disediakan oleh BKN. Setelah pelaksanaan SKD, baik sesi pertama maupun sesi kedua, dilanjutkan dengan penyerahan Berita Acara oleh BKN kepada perwakilan PTN yaitu Universitas Cenderwasih sebagai koordinator PTN di Papua.

SKD20177

 

Pelantikan Wakil Dekan

Untuk kesekian kalinya di tahun 2017, pada hari Rabu, 18 Oktober 2017 pukul 09.00 WIT bertempat di gedung PKM Unmus kembali dilaksanakan upacara Pengambilan Sumpah dan Janji Jabatan.

wadek1

Pengambilan sumpah dan janji jabatan kali ini dilakukan terhadap lima Wakil Dekan di lingkungan Universitas Musamus, diantaranya:

  1. Paulus Mangera, S.T., M.T                          Wakil Dekan Fakultas Teknik
  2. David Oscar Simatupang, SP, M.Si.            Wakil Dekan Fakultas Pertanian
  3. Dr. Syahruddin, SE, M.Si.                            Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  4. Dr. Alexander P. Tjilen, SE., M.Si.               Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  5. Rulof F.Y Waas, S.H., M.H                          Wakil Dekan Fakultas Hukum 

wadek2

Rektor Universitas Musamus sebagai pengambil sumpah membacakan sumpah dan janji jabatan serta diikuti oleh seluruh pejabat yang dilantik. Usai pengambilan sumpah acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan dari pejabat yang lama kepada pejabat yang baru.

wadek3

Lewat sambutannya, Rektor Unmus Dr. Philipus Betaubun berpesan kepada setiap pejabat di lingkungan Unmus agar lebih memperhatikan bawahannya. Secara khusus bagi Pegawai Negeri tidak disiplin agar diberikan teguran sesuai dengan peraturan yang berlaku dan secara khusus bagi para wakil dekan yang baru saja dilantik agar dalam melaksanakan tugas haruslah seirama dengan Dekan. Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam acara hariini serta kepada pejabat yang dilantik disampaikan ucapan selamat bekerja dan sukses selalu.

wadek4

 

Pelantikan Pejabat Struktural di Lingkungan Universitas Musamus

pejabat1Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi pejabat struktural di lingkungan Unmus dilaksanakan pada hari Senin, 16 Oktober 2017 bertempat di gedung PKM Unmus. Upacara dipimpin oleh Rektor Unmus, Dr. Philipus Betaubun dengan saksi Dekan FISIP Dr. Fitriani, S.Kom., M.Si. dan Dekan Fakultas Teknik Daniel Parenden, ST., MT. Acara yang berlangsung sekitar pukul 15.00 WIT ini dihadiri oleh Para Wakil Rektor, tamu undangan, pihak keluarga serta rohaniawan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merauke.

pejabat2

Acara diawali dengan penyerahan Surat Keputusan Rektor tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Struktural di lingkungan Universitas Musamus dan dilanjutkan dengan pembacaan sumpah dan janji jabatan bagi pejabat yang baru serta penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan dari pejabat yang lama kepada pejabat yang baru dengan disaksikan oleh Rektor UnmusPara pejabat yang dilantik adalah Kepala Sub Bagian hingga Kepala Biro. Diantara para pejabat yang dilantik adalah Fransiskus X. Manggau, S.T., M.T. sebagai Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) dan Gerzon J. Maulany, S.T., M.T. sebagai Kepala Biro Umum, Perencanaan dan Keuangan (BUPK).

 pejabat3

Lewat sambutannya, Rektor Unmus menyampaikan bahwa mutasi jabatan merupakan sesuatu hal yang lazim dalam sebuah lembaga oleh karena itu ia menyampaikan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada pejabat yang telah mengemban tugas selama ini, dan ucapan selamat bekerja bagi pejabat yang hari ini dilantik.Mari kita sama-sama bekerja untuk kepentingan lembaga ini kedepan”, demikian ungkapnya. Acara pelantikan diakhiri dengan doa dan sesi foto bersama.

pejabat4

 

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini241
Minggu Ini1199
Bulan Ini11223
Total680204

IP Anda : 54.161.49.216 21 Agustus 2018
Powered by CoalaWeb