Seminar Nasional Pertanian Terpadu

semnasper1Bertempat di gedung PKM Universitas Musamus pada hari Kamis, 28 September 2017,Fakultas Pertanian Unmus menyelenggarakan Seminar Nasional yang pertama. Acara ini dilaksanakan dengan anggaran bersumber dari DIPA Unmus sebagaimana dilaporkan oleh Ketua Panitia, EdyH.P. Melmambessy, S.Pi., M.Si. dalam laporan Ketua Panitia. Seminar Nasional ini bertemakan Upaya Peningkatan Komoditas Lokal Untuk Mendukung Keamanan Dan Ketahanan Pangan dengan Keynote Speaker Prof. Dr. Ocky Karna Radja, M.Sc. (Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemristekdikti).

 

RektorUnmus Dr. Philipus Betaubun dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada para narasumber dan peserta yang hadir dan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah bekerja secara maksimal sehingga acara ini dapat tersenggara dengan baik walaupun baru yang pertama kali digelar. Menurutnya, di Merauke banyak potensi sumber daya alam yang belum dikelola dengan baik karena berbagai keterbatasan. Di Rawa Biru misalnya, banyak ikan arwana dan ikan mujair yang harganya cukup mahal di tempat lain dan disini hanya untuk dikonsumsi. Sehingga besar harapan beliau bahwa hasil dari seminar ini harus dikawal hingga menjadi masukan kepada pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan. “Hasil dari seminar ini harus dibawa ke Pemerintah Pusat, jangan hanya di simpan di Perpustakaan Unmus,demikian ujarnya.

semnasper2

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi seminar dengan moderator Drs. Jayadi, MT (Ketua LPPM UNMUS). Kesempatan pertama diberikan kepada Prof. Dr.H. Rudi Priyadi,Ir., M.S. (Rektor Universitas Siliwangi) dengan materi Wujudkan Pengembangan Pertanian Organik Berbasis Komoditas Lokal. Pemateri kedua dengan topik Peran Bidang Peternakan dalam Optimalisasi Komoditas Lokal untuk Mendukung Keamanan dan Ketahanan Pangan oleh Prof. Dr.sc.ag. Ir. Suyadi, MS (Ketua Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Peternakan Indonesia). Materi ketiga adalah Peran Bidang Perikanan Dalam Optimalisasi Komoditas Lokal untuk Mendukung Keamanan dan Ketahanan Pangan oleh Prof. Dr. Djamaluddin Jompa, M.Sc. (Dekan Fakultas Kelautan dan IlmuPerikanan UNHAS).Selanjutnya adalah materi Prof. Dr. Ocky Karna Radja, M.Sc. tentang Peranan Perguruan Tinggi dalam Peningkatan Komoditas Lokal untuk Mendukung Keamanan dan Ketahanan Pangan. Materi kelima oleh Dr. Feriyanto (Sekretaris Pengurus Pusat PERHEPI) tentang Strategi Pengembangan Komoditi Unggulan dan Berdaya Saing Tinggi, serta materi yang terakhir yaitu Penerapan Teknologi dalam Pengolahan Hasil Pertanian oleh Dr. Yus Witdarko, MT (Ketua Jurusan Teknik Pertanian UNMUS).Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab.

semnasper3

Acara ini dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama sebelum para peserta dan pemakalah menuju ruangan kelas untuk melakukan sesi paralel seminar. Sesi paralel terbagi menjadi 5 yaitu bidang Agroteknologi, Perikanan, Peternakan, Teknik Pertanian dan Agribisnis.

semnasper4

semnasper5

 

Penandatanganan MoU Balitbangtan Papua dan Universitas Musamus

bptp1Bertempat di Ruang Soter Nautje UNMUS pada hari Kamis, 28 September 2017 telah dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara BPTP Balitbangtan Papua dengan Universitas Musamus. Penandatanganan nota kesepahaman ini dihadiri oleh Rektor Unmus dan para pimpinan unit kerja di Unmus, sedangkan dari pihak BPTP Balitbangtan Papua dihadiri oleh Kepala Balai yang diwakili oleh Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian (KSPP) Dr. Ir. Niki E. Lewaherilla, M.Si. dan didampingi oleh penanggungjawab kegiatan perbatasan Dr. Ir. Siska Tirajoh, M.Si. dan Ir. Herman Masbaitubun, M.Sc.

Rektor Unmus, Dr. Philipus Betaubun, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPTP Balitbangtan Papua atas penandatanganan MoU dengan Unmus sehingga mendukung terlaksananya kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di Unmus serta mendukung pengembangan pertanian di Merauke khususnya sehingga Merauke sebagai lumbung pangan nasional dapat segera terwujud nyata. Karenanya, MoU ini agar dapat segera dimanfaatkan oleh kedua belah pihak.

bptp2

Kepala BPTP Balitbangtan Papua dalam sambutannya yang diwakili oleh Dr. Ir. Niki E. Lewaherilla, M.Si., menyampaikan bahwa adanya MoU ini akan lebih mempermudah masing-masing pihak dalam melaksanakan perannya dalam pembangunan pertanian di Merauke serta Papua pada umumnya. BPTP Balitbangtan Papua bersama Universitas Musamus dapat mendukung pemerintah daerah dalam menyusun model pembangunan pertanian berdasar keilmuan yang dimiliki dalam memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki dengan memperhatikan kearifan lokal setempat.

Pada kesempatan ini pula, Dr. Ir. Niki E. Lewaherilla, M.Si. sekaligus memberikan undangan kepada Rektor Unmus untuk hadir sebagai pembicara dalam pelaksanaan Seminar Nasional Peningkatan Komunikasi dan Diseminasi Hasil-hasil Pengkajian yang akan dilaksanakan di Jayapura, 6 sampai 7 November 2017.

bptp3

bptp4

Pelantikan Wakil Rektor, Ketua Lembaga, dan Ketua Jurusan Penjaskesrek

wakilrektor1Pada hari Kamis, 14 September 2017 , pukul 09.00 WIT Rektor Universitas Musamus melantik dan mengambil sumpah jabatan Wakil Rektor, Ketua Lembaga, dan Ketua Jurusan Penjaskesrek. Acara ini diselenggarakan di gedung PKM Universitas Musamus dan dihadiri oleh para Dekan, tamu undangan dan keluarga.

Rektor Unmus, Dr. Philipus Betaubun dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pejabat yang baru dilantik dan mengingatkan pejabat yang telah dilantik agar tetap lebih fokus dalam melaksanakan tugas karena tentunya kedepan akan diperhadapkan dengan begitu banyak tantangan dalam upaya pencapaian target empat tahun kedepan.

Adapun pejabat yang dilantik adalah : 1. Dr. Maria V.I Herdjiono (Wakil Rektor I), 2. Emiliana B. Rahail. SH, MH (Wakil Rektor II), 3. Yosehi Mekiuw, SP. M.Sc (Plt. Wakil Rektor III), Drs. Jayadi, MT (Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat), 4. Dirwan Muchlis S.Pt. MP (Kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu), 5. Carolus Wasa S.Pd., M.Or. (Ketua Jurusan Penjaskesrek).

wakilrektor2

wakilrektor3

Pelantikan Ketua Jurusan di Universitas Musamus

Pada hari Rabu, 06 September 2017, bertempat di gedung PKM Unmus, Rektor Universitas Musamus melantik dan mengambil sumpah jabatan bagi 22 orang ketua Jurusan dari 25 Jurusan yang ada di lingkungan Universitas Musamus. Acara ini dihadiri oleh tamu undangan, para saksi, Rohaniawan dari Kementerian Agama Kabupaten Merauke serta pihak keluarga yang langsung hadir dan menyaksikan jalannya acara pelatikan.

kajur1

Rektor Unmus Dr. Philipus Betaubun dalam sambutanya menekannkan kepada semua ketua jurusan yang telah dilantik agar dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa tanggungjawab, tetap berpegang teguh pada sumpah yang telah diikrarkan dan senantiasa menjaga rahasia-rahasia jabatan. Rektor Unmus juga menyampaikan terimakasih kepada mereka yang telah melaksanakan tugasnya selama ini dengan baik. Acara ini berlangsung dengan penuh hikmat, dan diakhiri dengan ucapan selamat dari tamu undangan dan acara foto bersama.

kajur2

kajur3

 

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PUBLIKASI ILMIAH TERINDEX SCOPUS TAHUN 2017

Untuk meningkatkan kemampuan dosen, Universitas Musamus mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Publikasi Ilmiah Terindex Scopus pada tanggal 5 - 6 September 2017 bertempat di Ruang Rapat Dekanat Universitas Musamus dengan mengundang dua narasumber dari Universitas Hasanuddin Makassar, yaitu Prof. Dahlan Tahir, Ph.D. dan Dr. Muhammad Arsyad, S.Pd., M.Si.

scopus20171

Untuk meningkatkan kemampuan dosen, Universitas Musamus mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Publikasi Ilmiah Terindex Scopus pada tanggal 5 - 6 September 2017 bertempat di Ruang Rapat Dekanat Universitas Musamus dengan mengundang dua narasumber dari Universitas Hasanuddin Makassar, yaitu Prof. Dahlan Tahir, Ph.D. dan Dr. Muhammad Arsyad, S.Pd., M.Si.

scopus20172

Sedangkan Dr. Muhammad Arsyad memberikan link beberapa website ilmiah yang dapat mendukung para dosen agar dapat dikenal dan karya-karya ilmiah mereka mudah ditemukan dan disitasi di dunia oleh yang membutuhkannya untuk kebutuhan penelitian ilmiahnya. Acara ini berlangsung selama 2 hari dan diikuti dengan penuh semangat oleh para peserta.

scopus20173

scopus20174

scopus20175

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini424
Minggu Ini2482
Bulan Ini14586
Total638096

IP Anda : 54.145.103.69 21 Juni 2018
Powered by CoalaWeb