Pemberangkatan Tim ON MIPA Universitas Musamus 2017

OnMipa1Padahari Selasa, 21 Maret 2017, telah diberangkatkan Tim ON MIPA Universitas Musamus ke Jayapura dalam rangka mengikuti Pelaksanaan Tingkat Wilayah Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tahun 2017. Sesuai undangan Direktur Kemahasiswaan, Dirjen Belmawa Kemristekdikti nomor 590/B3.1/KM/2017 tentang Seleksi Tingkat Wilayah ON MIPA-PT 2017, bahwa untuk Wilayah XIV seleksi tersebut dilaksanakan di Aula Universitas Sains dan Teknologi, Jayapura pada tanggal 22 sampai 23 Maret 2017.

Ke-20 mahasiswa yang diberangkatkan merupakan mahasiswa yang lolos seleksi di tingkat Universitas  yang telah dilaksanakan pada 18 Februari 2017. Setiap bidang (Matematika, Kimia, Fisika, Biologi) diikuti oleh 5 wakil mahasiswa yang lolos seleksi sebelumnya. Setelah tahapan seleksi, mahasiswa yang lolos seleksi telah pula melalui tahapan pembekalan dan pemantapan sebelum dikirim ke ajang selanjutnya.

OnMipa2Sehari sebelum keberangkatan, 20 Maret 2017, telah dilakukan pembekalan dan arahan oleh Kabag Kemahasiswaan, Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) Universitas Musamus, Damis Hardiantono, ST, MT, agar mahasiswa peserta dapat menjaga sikap dan santun selama mengikuti seleksi. Pesan yang disampaikan pula agar para mahasiswa dapat memberikan semua yang terbaik di ajang ini untuk kemajuan diri sendiri dan lembaga tentunya.

 

 

 

National University Debating Championship (NUDC) Tingkat Universitas Musamus 2017

NUDC2017aNational University Debating Championship (NUDC) Tingkat Universitas Musamus, telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Maret 2017. Kegiatan ini diikuti oleh 20 tim, dimana 1 tim-nya terdiri dari 2 orang. Para peserta berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Musamus. Pelaksanaan lomba ini melalui 6 ronde, yakni preliminary round 3 putaran, semi-final round 2 putaran dan grand final round. Seleksi ini dilaksanakan dalam menghadapi NUDC di Tingkat Wilayah XIV Papua dan Papua Barat.

 Saat pembukaan, Wakil Rektor III Unmus, Dr. Maria V. I. Herdjiono, berpesan agar kegiatan ini dapat dilakukan dengan menjunjung tinggi profesionalitas dan sportifitas yang tinggi, sehingga hasil yang diperoleh adalah hasil terbaik yang mampu bersaing di ajang yang lebih tinggi lagi. Dijelaskan pula bahwa mahasiswa dituntut untuk dapat berpikir kritis, logis dan sistematis dalam menganalisa sesuatu masalah yang berkembang di dalam kehidupan bermasyarakat.

NUDC2017b

Hasil seleksi NUDC Tingkat Universitas Musamus menampilkan 4 juara lomba yang yakni Peringkat I adalah Tim Sastra Inggris 5 dengan total perolehan nilai 171, II adalah Tim Pendidikan Matematika 24 dengan total nilai 168, Peringkat III Tim Pendidikan Bahasa Inggris 10 dengan total nilai 167 dan Peringkat IV adalah Tim Pendidikan BahasaInggris 1 dengan total nilai 165. Adapun Best Speaker yang akan mewakili Universitas Musamus adalah Billy (dari jurusan Sastra Inggris) dan Andi Sitti Suhartini (dari jurusan Pendidikan Matematika).

 

 

NUDC2017c

NUDC2017d

NUDC2017e

NUDC2017f

Kuliah Umum oleh Direktur Narkoba Polda Papua

polda papua1Kuliah umum oleh Direktur Narkoba Polda Papua, Kombes Pol. Ida Bagus Komang Ardika, SH, digelar di Gedung PKM, Unmus, pada hari Jumat, 17 Maret 2017. Kuliah umum disampaikan kepada sekitar 250 orang Civitas Academica Universitas Musamus tentang Bahaya Penggunaan Narkoba dan Konsumsi Miras Terhadap Mahasiswa Sebagai Generasi Muda Bangsa. Kuliah umum dihadiri pula oleh Kapolres Merauke Akbp Taufik Irpan Awalluddin, SH dan Kasat Narkoba Polres Merauke Akp Nuryanti, SH, MH.

 

Kuliah umum dibuka dengan resmi oleh Wakil Rektor III Unmus, Dr. Maria V. I. Herdjiono, dengan menyampaikan terima kasih kepada Direktur Narkoba Polda Papua atas perhatiannya kepada generasi muda Papua di Unmus dan berkenan menyampaikan hal-hal sehubungan dengan penggunaan narkoba. Besar harapan Wakil Rektor III Unmus kepada mahasiswa Unmus untuk menyimak materi yang diberikan, sehingga dapat terhindar dari bahaya narkoba.

polda papua2Pada kesempatan ini, disampaikan pula Sosialisasi Rekruitmen Anggota Polri baik Akpol, Bintara dan Tamtama. Selanjutnya dalam materi Bahaya Narkoba, Kombes Pol. Ida Bagus Komang Ardika, SH, menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan narkoba adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Disampaikan pula tentang jenis-jenis narkoba, pintu masuk narkoba di Papua, bahaya narkoba bagi generasi penerus bangsa, akibat menggunakan narkoba, jumlah kasus narkoba di Polda Papua, masalah anak-anak aibon dan miras yang sangat meresahkan masyarakat di wilayah Papua, bahaya merokok serta upaya mengatasi narkoba, serta pelaksanaan rehabilitasi. Pelaksanaan kuliah umum dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab oleh peserta yang hadir. Mahasiswa juga menanyakan masalah anak aibon dan miras yang di jual bebas di Merauke, upaya penindakan Anggota Polisi yang terlibat narkoba, serta upaya-upaya Kepolisian menangangi masalah narkoba yang terus meningkat.

 

polda papua3

polda papua4

polda papua5

 

 

Penandatanganan Nota Kesepahaman PerguruanTinggi Negeri Baru

MOU2017aPada hari Jumat, 3 Maret 2017, telah dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman PerguruanTinggi Negeri Baru tentang Pembangunan Pendidikan Tinggi Nusantara dan Focus Group Discussion Peningkatan Pendidikan Tinggi Daerah Pinggiranoleh Rektor /Direktur PTNB Tahun 2017. Rektor/Direktur PTNB yang hadir dan menandatangani Nota Kesepahaman Bilateral saat itu adalah Rektor Universitas Musamus, selaku tuan rumah, dan 14 Rektor/Direktur PTNB yaitu Rektor ISBI Aceh, Rektor ISBI Tanah Papua, Direktur Politeknik Negeri Batam, Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, Rektor Universitas Teuku Umar, Rektor Universitas Singaperbangsa, Direktur Politeknik Negeri Maritim, Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Rektor Universitas Bangka Belitung, Rektor Universitas Siliwangi, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Direktur Politeknik Negeri Cilacap, Direktur Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung dan Rektor Universitas Sembilan Belas November Kolaka. Setelah penandatanganan Nota Kesepahaman, dilakukan pula 5 FGD di beberapa tempat berbeda yakni :a. FGD Pembangunan Pendidikan Bidang Keteknikan, antara Fakultas Teknik dengan Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Direktur Politeknik Negeri Batam, Rektor Universitas Bangka Belitung, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Direktur Politeknik Negeri Cilacap; b. FGD Pembangunan Pendidikan Bidang Maritim dan Perikanan, antara Fakultas Pertanian dengan Direktur Politeknik Negeri Maritim dan Rektor Universitas Bangka Belitung; c. FGD Pembangunan MOU2017bPendidikan Bidang Ekonomi dan Bisnis, antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Rektor Universitas Teuku Umar dan Rektor Universitas Singaperbangsa; d. FGD Pembangunan Pendidikan Bidang Seni Budaya, antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Rektor ISBI Aceh dan Rektor ISBI Tanah Papua; e. FGD Pembangunan Pendidikan Bidang Hukum dan Sosial Politik, antara Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan Rektor Universitas Siliwangi dan Rektor Universitas Sembilan Belas November Kolaka.

 Rektor Universitas Musamus selaku penggagas kegiatan ini memiliki keinginan yang kuat agar tercipta kebersamaan dari semua PTNB dalam membangun pendidikan tinggi bersama dan saling melengkapi satu sama lainnya sehingga PTNB di daerah pinggir tidak semakin tertinggal tapi terus maju bersama bersama saudaranya PTNB yang lain. Hasil kegiatan ini diantaranya tercapai suatu kesepakatan mengisi apa yang tidak ada di Universitas Musamus tapi sangat diperlukan untuk melengkapi kebutuhan pengelolaan sumberdaya di Merauke seperti adanya bidang kemaritiman, bidang seni budaya dan pengembangan jurnal di Universitas Musamus.

 

 

 


 

Rapat Kerja Universitas Musamus Tahun Anggaran 2017

Pada tanggal 27 28 Februari 2017, telah dilaksanakan Rapat Kerja Universitas Musamus (UNMUS) Tahun Anggaran 2017. Rapat Kerja dimaksud untuk menyusun anggaran UNMUS yang merupakan usulan dari unit kerja, karena semua pihak punya andil dalam mewujudkan program kerja demi tercapainya tujuan lembaga.

Rapat kerja dihadiri oleh jajaran rektorat, dekanat, para kepala tata usaha dan kasubag di lingkungan Universitas Musamus. Menurut Kepala Biro Umum Perencanaan dan Keuangan Gerzon J. Maulany, ST., M.T dalam paparannya tentang Kinerja Keuangan TA 2015 dan TA 2016 serta Perencanaan Anggaran TA 2017, pencerminan dari evaluasi kinerja keuangan tahun sebelumnya digunakan sebagai bagian dalam menentukan basis perencanaan kinerja dan capaian luaran dan dampak dari pelaksanaan suatu kegiatan yang ter ukur. Rapat kerja ini bertujuan untuk menyusun rencana kegiatan tahun 2017 sebagai panduan pelaksanaan kegiatan. Rapat kerja dibuka oleh Rektor Universitas Musamus, Dr. Philipus Betaubun, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah untuk memudahkan konsolidasi sekaligus mewujudkan program kerja yang terarah demi tercapainya tujuan lembaga.

Rapat Kerja Tahun 2017 ini juga dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan Pengisian RKAKL 2017 untuk Operator RKAKL 2017 Universitas Musamus. Pelatihan dilaksanakan atas kerjasama Universitas Musamus dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Merauke. Pelatihan dilaksanakan pada hari Rabu, 1 Maret 2017 di Ruang Soter Nautje, Universitas Musamus. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersusunnya RKAKL Tahun 2017 yang sesuai dengan aturan dan tata kelola pengganggaran yang bersumber pada APBN.

rapat kerja 2017a

 

rapat kerja 2017b

 

rapat kerja 2017c

 

rapat kerja 2017d

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini192
Minggu Ini2396
Bulan Ini14644
Total447197

IP Anda : 54.156.47.142 21 September 2017
Powered by CoalaWeb