Turnamen Sepak Bola John Wempi Wetipo ( JWW Cup)

jww1Setelah melalui usaha keras dan tak kenal lelah, tim sepak bola Universitas Musamus (Unmus) berhasil meraih juara ke 2 pada Turnamen Sepak Bola John Wempi Wetipo (JJW) atau dikenal sebagai JWW Cup. Kegiatan ini dimulai dengan babak penyisihan zona Papua Selatan yang dilaksanakan tanggal 14 sampai 23 Maret 2017. Babak penyisihan ini diikuti 5 tim sepak bola. Tim yang bertanding di zona Papua Selatan berasal dari PTN dan PTS di Merauke yakni Universitas Musamus, STIA Karya Darma, Yaleka Maro, Sekolah Tinggi St. Yakobus dan Saint Theresia. Babak penyisihan dimenangkan oleh tim sepakbola Unmus dengan meraih12 poin dari 4 kemenangan sehingga berhak maju kebabak 8 besar. Babak 8 besar atau babak perempat final dilaksanakan di Kota Jayapura pada tanggal 6 sampai 12 April 2017. Tim Unmus masuk kedalam di Group A dan meraih posisi ke-3 setelah meraih 3 poin kemenangan. Berdasarkan perolehan poin, tim Unmus dinyatakan gugur dan tidak dapat melanjutkan pertandingan ke tahap berikutnya.

jww2Karena ditemukan tindakan indisipliner yang dilakukan oleh salah satu pemenang di Group A, maka terjadi perubahan posisi pemenang group dimana juara group menjadi milik Tim Universitas Ottow dan Geissler(UOG) dan Tim Unmus. Sehubungan dengan hal tersebut maka panitia pelaksana JWW Cup 2017 mengundang Tim Unmus untuk mengikuti babak semi final turnamen JWW Cup 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 21 April 2017 di Kota Jayapura. Pada babak ini, Tim Unmus berhasil masuk kebabak final untuk berhadapan dengan Tim UOG. Babak final dilaksanakan di Stadion Utama Mandala Jayapura pada tanggal 22 April 2017 antara tim Unmus dan tim UOG. Setelah melalui pertandingan yang ketat antara tim Unmus dan tim UOG tim Unmus harus mengakui keunggulan tim UOG melalui adu pinalti dengan skor 5-4. Dengan demikian tim Unmus berada di posisi ke-2 JWW Cup 2017.

 

jww4Selain menjadi runner up dalam turnamen ini, Unmus juga mencatatkan keberhasilan seorang pesepakbolanya Yustinus Ongko Kandam sebagai seorang TOP SCORER. Keberhasilan yang diraih merupakan pemacu semangat untuk meraih hasil yang lebih baik lagi pada turnamen lainnya. Adapun susunan official dan pemain tim sepak bola Unmus yang mengikuti turnamen ini adalah Stanly H.D. Loppies selaku Manager, Oktovianus R. Kainakaimu sebagai Pelatih, dan Truwaiz Hidayatullah sebagai Petugas Medis. Total pemain yang mengikuti turnamen berjumlah 19 (sembilan belas) orang yaitu  Yosep Pasko Woropko, Hendry Evan Hamadi, Emanuel V.P. Moiwend, Johanes Jonas Gebze, Hironimus Yamak, Bernardus Tamukaimu, Antonius Wery, Kana Yigibalom, Yehezkiel Piri, Sem Basagi, Martinus Marfin Gobay, Mathius Marselino Hanuebi, Yohanes Lae, Yustinus Ongko Kandam, Kletus Daniel Kaimeraimu, Fransiskus Xaverius Kakumun, Kornelis Paulus Kilamop, Nobertus Fadubun Aun, dan Soleman Akanmor.

jww3

 

Memperingati Hari Air Dunia XXV

hariair1Seminar Sehari dan Kuliah Umum dalam rangka memperingati Hari Air Dunia XXV dengan tema “Air dan Air Limbah” diadakan digedung PKM Universitas Musamus pada tanggal 22 Maret 2017. Pelaksana kegiatan yang merupakan kerjasama Balai Wilayah Sungai Papua Merauke danFakultas Teknik Universitas Musamus ini adalah HMJ Teknik Sipil Universitas Musamus. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertamanan Merauke, H.B.L Tobing dan diikuti pula oleh seluruh mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik. Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik, Fransiskus X. Manggau, S.Kom., M.T, mewakili Rektor Universitas Musamus, dengan pesan bahwa tema yang diambil tentang air dan air limbah mengajak kita untuk menyadari bahwa air merupakan kebutuhan bagi makhluk hidup akan tetapi air juga dapat mendatangkan malapetaka, maka sangat penting untuk dapat memanfaatkan dan mengelola sumber air secara arif dan bijaksana karena perilaku kita saat ini sangat berdampak bagi kehidupan generasi mendatang. Selain itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Musamus juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama ini karena ada keuntungan lain lagi yang dapat diperoleh mahasiswa dan dosen, karena mahasiswa mendapat tempat praktek kerja lapangan dan dosen memiliki ruang yang lebih untuk pelaksanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

hariair2Dalam sambutan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dibacakan kembali oleh bapak Nimbrot Rumaropen, S.T., MT, selaku Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Merauke, disampaikan bahwa sesuai tema Peringatan Hari Air Dunia ke-25 tahun 2017 “Air dan Air Limbah” bermaksud mengingatkan kembali semua elemen bangsa tentang pentingnya menjaga air dan mengelola air limbah sehingga tidak mencemari air sebagai sumber kehidupan.  Seiring dengan tema yang diangkat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan pengelolaan air limbah baik terpusat skala besar maupun komunal yang bisa digunakan oleh sekitar 70-100 rumah. Tak hanya itu, Kementerian PUPR juga telah membangun beberapa proyek percontohan infrastruktur pengelolaan air limbah mulai dari skala besar yakni IPAL Regional seperti di Denpasar, Bali, selain itu melaksanakan program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di lebih dari seribu kawasan dengan hasil yang cukup baik, dimana air hasil olahannya telah memenuhi baku mutu untuk dibuang kebadan air atau sungai yakni effulent  BOD dengan konsentrasi sekitar 50 ppm.

 

hariair3Pemateri yang dihadirkan dalam seminar ini adalah bapak Dr. Eng. Ir. PrianaSudjono, seorang Pakar Lingkungan dari Institut Teknologi Bandung dan bapak Nimbrot Rumaropen, S.T., MT, Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Merauke. Materi yang diberikan adalah Pendekatan Baru untuk Expert Group Discussion Dalam Mendapatkan Knowledge tentang Peningkatan Kualitas Air Sungai dan Pencegahan Pencemaran Air Sungai Yang Melalui Kota dan Dukungan Balai Wilayah Sungai Papua Merauke dalam Penanganan Sistem Drainase Kota Merauke.

 

Selain kegiatan seminar dan kuliah umum, diadakan pula kegiatan Donor Darah Bersama yang merupakan kerjasama Balai Wilayah Sungai Papua Merauke dan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Musamus Merauke bersama Palang Merah Indonesia Cabang Merauke.

hariair4

 

 

Pemberangkatan Tim ON MIPA Universitas Musamus 2017

OnMipa1Padahari Selasa, 21 Maret 2017, telah diberangkatkan Tim ON MIPA Universitas Musamus ke Jayapura dalam rangka mengikuti Pelaksanaan Tingkat Wilayah Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tahun 2017. Sesuai undangan Direktur Kemahasiswaan, Dirjen Belmawa Kemristekdikti nomor 590/B3.1/KM/2017 tentang Seleksi Tingkat Wilayah ON MIPA-PT 2017, bahwa untuk Wilayah XIV seleksi tersebut dilaksanakan di Aula Universitas Sains dan Teknologi, Jayapura pada tanggal 22 sampai 23 Maret 2017.

Ke-20 mahasiswa yang diberangkatkan merupakan mahasiswa yang lolos seleksi di tingkat Universitas  yang telah dilaksanakan pada 18 Februari 2017. Setiap bidang (Matematika, Kimia, Fisika, Biologi) diikuti oleh 5 wakil mahasiswa yang lolos seleksi sebelumnya. Setelah tahapan seleksi, mahasiswa yang lolos seleksi telah pula melalui tahapan pembekalan dan pemantapan sebelum dikirim ke ajang selanjutnya.

OnMipa2Sehari sebelum keberangkatan, 20 Maret 2017, telah dilakukan pembekalan dan arahan oleh Kabag Kemahasiswaan, Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) Universitas Musamus, Damis Hardiantono, ST, MT, agar mahasiswa peserta dapat menjaga sikap dan santun selama mengikuti seleksi. Pesan yang disampaikan pula agar para mahasiswa dapat memberikan semua yang terbaik di ajang ini untuk kemajuan diri sendiri dan lembaga tentunya.

 

 

 

National University Debating Championship (NUDC) Tingkat Universitas Musamus 2017

NUDC2017aNational University Debating Championship (NUDC) Tingkat Universitas Musamus, telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Maret 2017. Kegiatan ini diikuti oleh 20 tim, dimana 1 tim-nya terdiri dari 2 orang. Para peserta berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Musamus. Pelaksanaan lomba ini melalui 6 ronde, yakni preliminary round 3 putaran, semi-final round 2 putaran dan grand final round. Seleksi ini dilaksanakan dalam menghadapi NUDC di Tingkat Wilayah XIV Papua dan Papua Barat.

 Saat pembukaan, Wakil Rektor III Unmus, Dr. Maria V. I. Herdjiono, berpesan agar kegiatan ini dapat dilakukan dengan menjunjung tinggi profesionalitas dan sportifitas yang tinggi, sehingga hasil yang diperoleh adalah hasil terbaik yang mampu bersaing di ajang yang lebih tinggi lagi. Dijelaskan pula bahwa mahasiswa dituntut untuk dapat berpikir kritis, logis dan sistematis dalam menganalisa sesuatu masalah yang berkembang di dalam kehidupan bermasyarakat.

NUDC2017b

Hasil seleksi NUDC Tingkat Universitas Musamus menampilkan 4 juara lomba yang yakni Peringkat I adalah Tim Sastra Inggris 5 dengan total perolehan nilai 171, II adalah Tim Pendidikan Matematika 24 dengan total nilai 168, Peringkat III Tim Pendidikan Bahasa Inggris 10 dengan total nilai 167 dan Peringkat IV adalah Tim Pendidikan BahasaInggris 1 dengan total nilai 165. Adapun Best Speaker yang akan mewakili Universitas Musamus adalah Billy (dari jurusan Sastra Inggris) dan Andi Sitti Suhartini (dari jurusan Pendidikan Matematika).

 

 

NUDC2017c

NUDC2017d

NUDC2017e

NUDC2017f

Kuliah Umum oleh Direktur Narkoba Polda Papua

polda papua1Kuliah umum oleh Direktur Narkoba Polda Papua, Kombes Pol. Ida Bagus Komang Ardika, SH, digelar di Gedung PKM, Unmus, pada hari Jumat, 17 Maret 2017. Kuliah umum disampaikan kepada sekitar 250 orang Civitas Academica Universitas Musamus tentang Bahaya Penggunaan Narkoba dan Konsumsi Miras Terhadap Mahasiswa Sebagai Generasi Muda Bangsa. Kuliah umum dihadiri pula oleh Kapolres Merauke Akbp Taufik Irpan Awalluddin, SH dan Kasat Narkoba Polres Merauke Akp Nuryanti, SH, MH.

 

Kuliah umum dibuka dengan resmi oleh Wakil Rektor III Unmus, Dr. Maria V. I. Herdjiono, dengan menyampaikan terima kasih kepada Direktur Narkoba Polda Papua atas perhatiannya kepada generasi muda Papua di Unmus dan berkenan menyampaikan hal-hal sehubungan dengan penggunaan narkoba. Besar harapan Wakil Rektor III Unmus kepada mahasiswa Unmus untuk menyimak materi yang diberikan, sehingga dapat terhindar dari bahaya narkoba.

polda papua2Pada kesempatan ini, disampaikan pula Sosialisasi Rekruitmen Anggota Polri baik Akpol, Bintara dan Tamtama. Selanjutnya dalam materi Bahaya Narkoba, Kombes Pol. Ida Bagus Komang Ardika, SH, menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan narkoba adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Disampaikan pula tentang jenis-jenis narkoba, pintu masuk narkoba di Papua, bahaya narkoba bagi generasi penerus bangsa, akibat menggunakan narkoba, jumlah kasus narkoba di Polda Papua, masalah anak-anak aibon dan miras yang sangat meresahkan masyarakat di wilayah Papua, bahaya merokok serta upaya mengatasi narkoba, serta pelaksanaan rehabilitasi. Pelaksanaan kuliah umum dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab oleh peserta yang hadir. Mahasiswa juga menanyakan masalah anak aibon dan miras yang di jual bebas di Merauke, upaya penindakan Anggota Polisi yang terlibat narkoba, serta upaya-upaya Kepolisian menangangi masalah narkoba yang terus meningkat.

 

polda papua3

polda papua4

polda papua5

 

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini557
Minggu Ini4037
Bulan Ini12130
Total487781

IP Anda : 54.224.168.206 19 November 2017
Powered by CoalaWeb