Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2017

kknjuli2017aKuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2017 mengusung tema “Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat” dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli 2017 sampai dengan 18 Agustus 2017. Kegiatan ini diikuti oleh 635 mahasiswa yang terbagi menjadi 30 kelompok di 30 kampung.Terdapat pula 5 mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) yang mengikuti KKN Unmus 2017, sehingga total mahaiswa yang mengikuti KKN berjumlah 640 orang. Sebanyak 60 Dosen Pendamping Lapangan (DPL) ditugaskan untuk membimbing para mahasiswa tersebut, mereka juga diwajibkan mengantar dan melakukan penjemputan mahasiswa ketika kegiatan ini telah berakhir.

Pembekalan diberikan kepada DPL pada tanggal 10 Juli 2017 tentang Tematik Potensi Kampung, dan pada tanggal 12 sampai 15 juli 2017 dilakukan pembekalan kepada mahasiswa peserta KKN dimana pematerinya berasal dari Badan Pemberdayaan Masyarakat, Bapeda Merauke, Dinas Kesehatan Merauke serta LP2M Universitas Musamus.

Pelepasan mahasiswa dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2017, bertempat di halaman PKM Unmus. Sambutan diberikan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Maria V.I Herdjiono, beliau juga memberikan pesan-pesan kepada peserta KKN, sambutan juga diberikan oleh Sekretaris LP2M, Ermelinda Agnes Gunu Pure, S.Pd., M.I.Kom, dan Ketua Panitia KKN 2017, Dr. Yus Witdarko.

kknjuli2017b

kknjuli2017c

kknjuli2017d

Program KKN dilaksanakan selama 30 hari, para peserta KKN melaksanakan kuliah kerja nyata dengan bimbingan DPL. Hampir semua peserta KKN terlibat sebagai Panitia HUT RI ke-72 di kampung tempat mereka berada. Di Kampung Senayu, mahasiswa bersama warga mendirikan pasar yang diberi nama Pasar Lokal Mawenda Soa/Senayu yang diresmikan oleh Kaur Pemerintahan Kampung Senayu. Pendirian pasar lokal di Senayu tersebut merupakan ide DPL KKN kampung Senayu yakni Agustan Latif, S.Kom., M.Cs. dan Selfina Pare, S.Kom., MT. Begitu pula di kampung Tambat, setelah melalui diskusi dengan Kepala Kampung Tambat maka mahasiswa bersama warga setempat mendirikan pasar ikan lokal, demikian yang disampaikan oleh Etriana Meirista, S.Pd., M.Si. dan Diah Harmawati, S.Pd., M.Pd. selaku DPL KKN Kampung Tambat.

kknjuli2017e

kknjuli2017f

kknjuli2017g

Penarikan mahasiswa KKN dilakukan serentak pada tanggal 18 Agustus 2017, mahasiswa peserta KKN dijemput oleh DPL masing-masing. Kampung yang pertama tiba adalah rombongan dari kampung Senayu pada tanggal 18 Agustus 2017, dan yang terakhir tiba adalah rombongan dari Kampung Kafyamke pada tanggal 19 Agustus 2017.

kknjuli2017h

kknjuli2017i

 

PKKMB hari ke 7

Pada hari ke 7 PKKMB, peserta diperkenalkan dengan lembaga-lembaga dan UPT yang berada di kampus, antara lain LP3M, LP2M, UPT TIK serta UPT Perpustakaan. Sebagai pembicara dari lembaga dan UPT tersebut adalah bapak DirwanMuchlis, S.Pt., MPdari LP3M, bapakDrs, Jayadi , MT dari LP2M, ibu Ni Luh Sri Suryaningsih, SP, M.Sc. dari UPT TIK, serta ibu Armenina Betaubun, S.Sos. dari UPT Perpustakaan. Pada hari yang sama, Komandan Kodim (Dandim) 1707 Merauke, Letkol inf. Heri Krisdianto juga memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan Nasional.

pkkmb7a

 

pkkmb7b

pkkmb7c

pkkmb7d

 

 

PKKMB Hari ke 6

Hari ke 6 PKKMB, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler di Universitas Musamus kepada peserta PKKMB. Pada kesempatan ini dilakukan juga perekrutan anggota UKM dari peserta PKKMB yang ingin mengembangkan dirinya sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.

pkkmb6a

pkkmb6b

pkkmb6c

pkkmb6d

pkkmb6e

 

PKKMB hari ke-4 dan 5

pkkmb4aPadahari ke-4 dan ke-5, seluruh peserta PKKMB mengikuti kegiatan PKKMB di fakultas dan jurudan masing-masing. Hari ke-4, PKKMB dilaksanakan fakultas masing-masing yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Hukum. Kegiatan dimulai dengan perkenalandengan fakultas oleh Dekan dan Wakil Dekan, termasukvisidanmisi fakultas serta pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan akademik di fakultas.

 

pkkmb4bPada hari ke-5, 11 Agustus 2017, kegiatan lebih difokuskan ke masing-masing jurusan atau sejumlah 25 jurusan di Universitas Musamus. Kegiatan pengenalan jurusan ini untuk menggiring mahasiswa lebih mengenal jurusan masing-masing seperti mengenal visi dan misi jurusan serta apa yang menjadi fokus dari suatu jurusan sekaligus mengenal laboratorium dan kegiatan-kegiatan di Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Adapun pemberi materi dalam dua hari kegiatan ini adalah dekan, wakil dekan, KTU, ketua jurusan, sekretaris jurusan, Gugus Jaminan Mutu (GJM), Kepala Laboratorium dan HMJ.

 

 pkkmb4c

pkkmb4d

pkkmb4e

pkkmb4f

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini182
Minggu Ini1783
Bulan Ini18398
Total732756

IP Anda : 54.80.188.87 24 Oktober 2018
Powered by CoalaWeb