Penandatanganan Nota Kesepahaman PerguruanTinggi Negeri Baru

MOU2017aPada hari Jumat, 3 Maret 2017, telah dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman PerguruanTinggi Negeri Baru tentang Pembangunan Pendidikan Tinggi Nusantara dan Focus Group Discussion Peningkatan Pendidikan Tinggi Daerah Pinggiranoleh Rektor /Direktur PTNB Tahun 2017. Rektor/Direktur PTNB yang hadir dan menandatangani Nota Kesepahaman Bilateral saat itu adalah Rektor Universitas Musamus, selaku tuan rumah, dan 14 Rektor/Direktur PTNB yaitu Rektor ISBI Aceh, Rektor ISBI Tanah Papua, Direktur Politeknik Negeri Batam, Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, Rektor Universitas Teuku Umar, Rektor Universitas Singaperbangsa, Direktur Politeknik Negeri Maritim, Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Rektor Universitas Bangka Belitung, Rektor Universitas Siliwangi, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Direktur Politeknik Negeri Cilacap, Direktur Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung dan Rektor Universitas Sembilan Belas November Kolaka. Setelah penandatanganan Nota Kesepahaman, dilakukan pula 5 FGD di beberapa tempat berbeda yakni :a. FGD Pembangunan Pendidikan Bidang Keteknikan, antara Fakultas Teknik dengan Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Direktur Politeknik Negeri Batam, Rektor Universitas Bangka Belitung, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Direktur Politeknik Negeri Cilacap; b. FGD Pembangunan Pendidikan Bidang Maritim dan Perikanan, antara Fakultas Pertanian dengan Direktur Politeknik Negeri Maritim dan Rektor Universitas Bangka Belitung; c. FGD Pembangunan MOU2017bPendidikan Bidang Ekonomi dan Bisnis, antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Rektor Universitas Teuku Umar dan Rektor Universitas Singaperbangsa; d. FGD Pembangunan Pendidikan Bidang Seni Budaya, antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Rektor ISBI Aceh dan Rektor ISBI Tanah Papua; e. FGD Pembangunan Pendidikan Bidang Hukum dan Sosial Politik, antara Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan Rektor Universitas Siliwangi dan Rektor Universitas Sembilan Belas November Kolaka.

 Rektor Universitas Musamus selaku penggagas kegiatan ini memiliki keinginan yang kuat agar tercipta kebersamaan dari semua PTNB dalam membangun pendidikan tinggi bersama dan saling melengkapi satu sama lainnya sehingga PTNB di daerah pinggir tidak semakin tertinggal tapi terus maju bersama bersama saudaranya PTNB yang lain. Hasil kegiatan ini diantaranya tercapai suatu kesepakatan mengisi apa yang tidak ada di Universitas Musamus tapi sangat diperlukan untuk melengkapi kebutuhan pengelolaan sumberdaya di Merauke seperti adanya bidang kemaritiman, bidang seni budaya dan pengembangan jurnal di Universitas Musamus.

 

 

 


 

Rapat Kerja Universitas Musamus Tahun Anggaran 2017

Pada tanggal 27 28 Februari 2017, telah dilaksanakan Rapat Kerja Universitas Musamus (UNMUS) Tahun Anggaran 2017. Rapat Kerja dimaksud untuk menyusun anggaran UNMUS yang merupakan usulan dari unit kerja, karena semua pihak punya andil dalam mewujudkan program kerja demi tercapainya tujuan lembaga.

Rapat kerja dihadiri oleh jajaran rektorat, dekanat, para kepala tata usaha dan kasubag di lingkungan Universitas Musamus. Menurut Kepala Biro Umum Perencanaan dan Keuangan Gerzon J. Maulany, ST., M.T dalam paparannya tentang Kinerja Keuangan TA 2015 dan TA 2016 serta Perencanaan Anggaran TA 2017, pencerminan dari evaluasi kinerja keuangan tahun sebelumnya digunakan sebagai bagian dalam menentukan basis perencanaan kinerja dan capaian luaran dan dampak dari pelaksanaan suatu kegiatan yang ter ukur. Rapat kerja ini bertujuan untuk menyusun rencana kegiatan tahun 2017 sebagai panduan pelaksanaan kegiatan. Rapat kerja dibuka oleh Rektor Universitas Musamus, Dr. Philipus Betaubun, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah untuk memudahkan konsolidasi sekaligus mewujudkan program kerja yang terarah demi tercapainya tujuan lembaga.

Rapat Kerja Tahun 2017 ini juga dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan Pengisian RKAKL 2017 untuk Operator RKAKL 2017 Universitas Musamus. Pelatihan dilaksanakan atas kerjasama Universitas Musamus dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Merauke. Pelatihan dilaksanakan pada hari Rabu, 1 Maret 2017 di Ruang Soter Nautje, Universitas Musamus. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersusunnya RKAKL Tahun 2017 yang sesuai dengan aturan dan tata kelola pengganggaran yang bersumber pada APBN.

rapat kerja 2017a

 

rapat kerja 2017b

 

rapat kerja 2017c

 

rapat kerja 2017d

Workshop Penulisan Proposal Program Hibah Bina Desa

PHBD1Pada hari Rabu, 22 Februari 2017 bertempat di Gedung Aula Faperta Universitas Musamus telah dilaksanakan kegiatan Workshop Penulisan Proposal Program Hibah Bina Desa dengan tema “Semangat Berkarya Membangun Desa Menuju Masyarakat Sejahtera”. Wakil Rektor III, dalam sambutannya pada saat pembukaan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai Program Hibah Bina Desa dan menarik minat mahasiswa untuk ikut serta dalam program ini. Kegiatan ini diikuti oleh 255 peserta yang berasal dari seluruh organisasi mahasiswa yang ada di Universitas Musamus serta undangan lainnya. Dilaporkan pula bahwa hingga batas akhir waktu pengunggahan proposal PHBD telah terunggah sejumlah 26 proposal dari Universitas Musamus.

 

PHBD2

PHBD3

PHBD4

 

 

Olimpiade Nasional MIPA

mipa1Pada hari Sabtu, 18 Februari 2017, bertempat di Ruang Kelas Ilmu Administrasi Negara dan Ruang Kelas PGSD, telah dilaksanakan Seleksi Tahap I Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Universitas Musamus Tahun 2017. Seleksi ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa di Bidang MIPA sehingga diharapkan agar mahasiswa dapat lebih mencintai bidang Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi.

Seleksi ON MIPA diikuti oleh mahasiswa yang mendaftar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan jumlah pendaftar 159 mahasiswa. Berdasarkan seleksi ini ditetapkan sebanyak 5 mahasiswa yang lolos seleksi dari setiap bidang (Matematika, Kimia, Fisika, Biologi) sehingga sebanyak 20 mahasiswa dinyatakan lolos seleksi tingkat universitas dan akan mewakili Universitas Musamus mengikuti Seleksi ON MIPA tingkat Wilayah pada tanggal 22 – 23 Maret 2017.

mipa2

mipa3

 

Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Fakultas Pertanian Universitas Musamus Tahun 2017

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Fakultas Pertanian Universitas Musamus Tahun 2017 di Kampung Mimi Baru, distrik Jagebob pada tanggal 18 Februari 2017. Kegiatan dibuka oleh Danposramil distrik Jagebob, serta dihadiri oleh Kasatreskrim Polsek Jagebob, Kepala Kampung Mimi Baru, para petani di Kampung Mimi Baru, anggota Gapoktan dan ibu-ibu PKK, serta Wakil Dekan Faperta, dosen-dosen Faperta dan sebagian mahasiswa peserta KKN di Distrik Jagebob. Judul kegiatan ini adalah Pelatihan Alsintan dan Diversifikasi Hasil-hasil Pertanian Bagi Masyarakat Petani di Kampung Mimi Baru, Distrik Jagebob, Kabupaten Merauke. Kegiatan pengabdian ini merupakan perwujudan peran serta Faperta Unmus dalam pembangunan pertanian di Merauke, dan diharapkan kegiatan ini akan terus berlanjut.

abdi1

abdi2

abdi3

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini557
Minggu Ini4037
Bulan Ini12130
Total487781

IP Anda : 54.224.168.206 19 November 2017
Powered by CoalaWeb