Sosialisasi BI tahun 2016

Pada hari Kamis, 1 September 2016 bertempat di aula PKM Universitas Musamus, telah dilaksanakan Sosialisasi Kebanksentralan dan Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah serta diseminasi kebijakan. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III Dr. Irene V. Herdjiono, dan diikuti ole htenaga pendidik, kependidikan serta mahasiswa Universitas Musamus. Dalam kegiatan ini dibahas tentang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral, dampak inflasi di Papua, serta cara-cara membedakan uang asli dan uang palsu. Dalam acara ini pula Bank Indonesia memberikan beasiswa kepada beberapa mahasiswa Unmus yang berprestasi.

 

BI 02

BI 01

BI 03

Seminar dan Lokakarya FKTPTI 2016

FKPTPI 0bSeminar dan Lokakarya Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian se-Indonesia (FKPTPI) untuk Badan Kerjasama (BKS) Wilayah Timur diadakan di Aula PKM Universitas Musamus, 1 s.d 3 Juni 2016, dengan tema “Peran Pendidikan Tinggi Pertanian untuk Mendukung Tercapainya Kedaulatan Pangan Berbasis Sumberdaya Lokal”. Peserta Seminar dan Lokakarya Nasional FKPTPI BKS wilayah Timur berasal dari perwakilan perguruan tinggi pertanian se-Indonesia (dekan, wakil dekan, dan ketua jurusan/prodi), Rektor Universitas Musamus, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Merauke, Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Merauke, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan civitas akademika Fakultas Pertanian Universitas Musamus. Seminar Nasional FKPTPI BKS Wilayah Timur 2016 di gedung PKM.

Topik dalam seminar disampaikan oleh 4 (empat) orang pembicara yaitu Prof. Dr. Ir. Suntoro, M.S (Pembicara I) yang mengusung tema Pemenuhan Kebutuhan Air untuk Mendukung Program Rice Estate di Merauke dan Pemanfaatan Tanah Komunal Masyarakat Hukum Adat untuk Proyek-proyek Pertanian; Dr. Ir. Yoland Holle, M.Si (Pembicara II) dengan tema Modal Sosial Suku Marind Dalam Pengembangan Padi Sawah di Kabupaten Merauke; Pembicara III, Dr. Jamhari, S.P.,M.P dengan tema Ekonomi Pertanian; dan diakhiri oleh Dr. Agus Sumule yang mengusung tema Mewujudkan Kedaulatan Pangan Indonesia. Kegiatan dilanjutkan dengan Lokakarya Dekan dan Lokakarya Ketua Jurusan Agroteknologi dan Agribisnis yang membahas tentang keberadaan Fakultas Pertanian dan tuntutannya di dunia nyata secara menyeluruh. Kegiatan ini ditutup oleh Rektor Unmus dengan harapan yang besar demi kemajuan Fakultas Pertanian di Indonesia.

National University Debating Championship

Pada tanggal 1 sampai 2 Juni 2016, Universitas Musamus menjadi tuan rumah National University Debating Championship yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai PTN dan PTS Wilayah XIV Papua dan Papua Barat. NUDC merupakan program dari Dikti yang ditujukan untuk kompetisi khusus dalam debat Bahasa Inggris dengan tujuan memberikan motivasi kepada mahasiswa agar dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris-nya dengan lebih baik dan memiliki kemampuan berargumentasi dalam bahasa yang baik. NUDC diikuti oleh 2 PTN (Unipa dan Unmus) serta 15 PTS di Kopertis Wilayah XIV Papua dan Papua Barat dengan topik yang dibahas diberikan pada saat lomba sehingga diharapkan tidak ada rekayasa.

NUDC1

NUDC2

NUDC3

 

Kerjasama PT. Protelindo dan Universitas Musamus

Pada hari Selasa, 24 Mei 2016 bertempat di Ruang Soter Nautje, Universitas Musamus dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara PT. Protelindo dan Universitas Musamus. Kerjasama ini merupakan suatu bentuk kepedulian PT. Protelindo dalam membantu mahasiswa untuk menyelesaikan kuliahnya.

Protelindo1

Universitas Musamus, yang diwakili oleh Dr. Maria V.I. Herdjiono, dalam sambutannya menceritakan sejarah dan gambaran umum Universitas Musamus. Bahwa Fakultas Teknik adalah fakultas tertua di Universitas Musamus, dimana jurusan Teknik Sipil berada yang 9 orang mahasiswanya mendapatkan beasiswa studi dari PT. Protelindo pada tahun 2016. Di akhir sambutannya, ibu Irene menyampaikan terima kasih kepada PT. Protelindo atas kerjasama yang baru dijalin ini.

Selanjutnya, bapak Doni Kusuma mewakili PT. Protelindo, menyampaikan perkenalan tentang siapa PT. Protelindo. Perusahaan ini bergerak di bidang sewa menyewa tower untuk kebutuhan komunikasi dan merupakan anak perusahaan PT. Sarana Menara Nusantara. Selain bekerja dan terus memajukan karya di bidangnya, perusahaan juga banyak melakukan kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat. Kegiatan sosial yang pernah dilakukan adalah donasi bencana alam, konservasi alam, panti asuhan dan donor darah tahunan. Selain itu, mulai tahun 2013 perusahaan juga telah memberikan bantuan berupa beasiswa kepada para siswa SMA di beberapa kota di Indonesia. Tahun ini perusahaan mulai memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa yang berdomisili pada 3 kota di Papua yaitu Sorong, Jayapura dan Manokwari

protelindo2

Setelah memberikan perkenalan tersebut, kegiaatan dilanjutkan dengan penandatangan kerjasama dan tukar menukar cinderamata. Sebelum acara ditutup dengan acara ramah tamah, seorang mahasiswa perwakilan dari para penerima beasiswa menyampaikan terima kasih atas bantuan beasiswa yang telah diterima. Besar harapan mereka agar kuliahnya cepat selesai dengan bantuan tersebut.

protelindo3

protelindo4

 

 

Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Pada tanggal 3 Mei 2016, telah dilaksanakan Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Musamus yang bertema Empat Pilar Kebangsaan dan Revolusi Mental dalam Pembangunan dan Pendidikan di Indonesia. Pembicara dalam SeminarNasional tersebut adalah Prof. Dr. Drs. H. Ermaya Suradinata. SH., MH., MS (Rektor IPDN Jatinangor), Frederikus Gebze, SE., M.Si (Bupati Kabupaten Merauke) dan Prof. Dr. Sri Suwitri, M.Si (Guru Besar FISIP UNDIP Semarang).

seminar fisip1

Seminar tersebut dihadiri oleh Civitas Academica Universitas Musamus, Forkopimda dan sejumlah tamu penting lainnya. Seminar dipusatkan di Gedung PKM Unmus dan dibuka oleh Rektor Unmus, Dr. Philipus Betaubun, ST, MT. Rektor, dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar ini merupakan hasil kerjasama tiga perguruan tinggi negeri yaitu UNMUS, IPDN dan UNDIP.

seminar fisip2

Hasil seminar terkait dengan empat pilar kebangsaan dan revolusi mental tentunya hanya dapat berjalan kalau ada haluan negara. Oleh sebab itu kita harus kembali kepada haluan negara sehingga pembangunan diharapkan dapat berjalan lebih maksimal. Lebih lanjut dikemukakan bahwa negara ini tidak memiliki haluan seperti yang dahulu sehingga dianggap penting agar kita kembali kepada haluan negara.

 

seminar fisip3

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini192
Minggu Ini2396
Bulan Ini14644
Total447197

IP Anda : 54.156.47.142 21 September 2017
Powered by CoalaWeb