KULIAH UMUM SKK MIGAS 2017

Di tahun 2017, SKK MIGAS bekerja sama dengan Fakultas Teknik kembali mengadakan kegiatan kuliah umum SKK Migas di Universitas Musamus. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2017 di Gedung PKM Universitas Musamus. Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari SKK Migas dan salah satu operator MIGAS di Indonesia Timur, Petrogas.

11

Setelah sambutan sekaligus pembukaan kegiatan oleh Dekan Fakultas Teknik, Daniel Parenden, S.T., M.T, SKK Migas memberikan kuliah umum yang disampaikan oleh Bapak Dadang Rukmana, Spesialis Madya Perencanaan Lingkungan, Deputi Perencanaan, yang menyampaikan bagaimana minyak dan gas diproduksi dari hulu sampai ke hilir, termasuk di dalamnya hambatan dan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh SKK Migas dan pihak operator.

12

RH Petrogras juga menghadirkan 3 pembicara, masing-masing adalah Bapak Lauren F.M, Manajer Departemen Operasional Petrogas, menyampaikan profil Petrogas dan kegiatan operasional Petrogras di wilayah Indonesia Timur. Derri G. Tanser, Senior Engineer pada Departemen Pemeliharaan Petrogas, menyampaikan materi tentang penggunaan dan pemeliharaan peralatan utama untuk pengeboran. Serta Bapak Marthen dari Departemen Operasi dan Keselamatan Kerja Petrogras yang memberikan materi tentang karir serta hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan kerja di area pertambangan dan analisa dampak lingkungan.

13

14

15

 

Di akhir kegiatan, SKK MIGAS menyumbangkan buku tentang pengeboran minyak kepada perpustakaan Universitas Musamus, dan Petrogas membagikan hadiah bagi para peserta yang bias menjawab pertanyaan dari pemateri. Serta serah terima cinderamata dari Universitas Musamus kepada SKK MIGAS dan sebaliknya.

16

17

18

Upacara Hari Pahlawan

Peringatan 72 tahun hari Pahlawan 10 November 2017 di lingkungan Universitas Musamus dilaksanakan dalam bentuk upacara bendera di lapangan PKM Unmus yang dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Musamus, Dr. Philipus Betaubun. Upacara dihadiri oleh pimpinan Unmus, pejabat struktural, dosen,tenaga pendidikan dan perwakilan mahasiswa.

pahlawan1

“Saudara-saudari sebangsa setanah air, patriot bangsa yang budimanBung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat dalam bagi kita semua karena tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan serta perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara merdeka yang bernama Republik Indonesia. Dalam setiap rangkaian perjuangan kepahlawanan yang membentuk ke-Indonesia-an kita, kita dapat mengambil pelajaran dari apinya perjuangan para pendahulu kita, api yang menjadi suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi kita semua yakni api yang membentuk terbangunnya Persatuan Indonesia yang terdiri atas dua hal yakni adanya harapan dan pengorbanan. Harapan dan pengorbanan itulah yang membentuk persatuan dan melahirkan Indonesia, merawat eksistensinya dalam panggung sejarah bangsa-bangsa, dan harus terus dinyalakan agar Republik Indonesia tetap berdiri tegak, menjadi besar dan terus memberi sumbangan penting sebagai bagian dari persaudaraan umat manusia di dunia“. Demikian penggalan beberapa kalimat dari sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan kembali oleh Rektor Unmus, Dr. Philipus Betaubun selaku pembina upacara.

pahlawan2

Rektor Unmus mengajak seluruh peserta upacara untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini. Selamat Hari PahlawanTahun 2017.

pahlawan3

 

 

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Pada hari Senin, 6 November 2017, bertempat di Gedung PKM Universitas Musamus, diselenggarakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang disampaikan oleh anggota DPR-RI Bapak H. Sulaiman L. Hamzah yang sekaligus menyampaikan tujuan dilaksanakannya sosialisasi 4 pilar kebangsaan. Mengawali kegiatan, Wakil Rektor I, Dr. Irene V.I. Herdjiono memberikan sambutan selamat datang serta penyampaian sejarah singkat Universitas Musamus. Sambutan juga diberikan oleh Bupati Merauke Bapak Frederikus Gebze, S.Sos., M.Si. yang menyampaikan sekilas tentang Kabupaten Merauke serta keberagaman di dalamnya.

pilar1

pilar2

pilar3

Saat acara pembukaan dilakukan pula serah terima buku berjudul Restorasi Bersama Rakyat oleh Bapak Bupati kepada Wakil Rektor I Universitas Musamus. Materi sosialisasi 4 pilar kebangsaan disampaikan oleh 2 orang Staf Ahli DPR-RI yang merupakan staf dari H. Sulaeman L. Hamzah yaitu Bapak Abdul Aziz dan ibu Fauzun Nihayah,MH.Bapak Abdul Aziz menyampaikan materi tentang Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, dilanjutkan oleh ibu Fauzun yang membawakan materi tentang UUD tahun 1945, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

pilar4

pilar5

Setelah pemateri selesai menyampaikan materinya, diadakan sesi tanya jawab. Pada akhir acara, Bapak H. Sulaiman L. Hamzah menerima cinderamata dari Universitas  Musamus. Selainitubeliau juga menyerahkansecarasimbolissertifikatkepadamahasiswapeserta seminar. Beliau juga menerimaaspirasimahasiswaUniversitasMusamus berupa penyerahandokumenaspirasimahasiswa yang diwakiliolehPresiden BEM UniversitasMusamus, Ambotang. Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 150 mahasiswa dan dosen ini diakhiridengan sesi fotobersama.

pilar6

pilar7

 

Peringatan hari Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017 diperingati oleh segenap civitas akademika Universitas Musamus dengan melaksanakan upacara bendera di lapangan PKM Unmus. Peserta upacara terdiri atas dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan para pejabat struktural.

sumpah1

Bertindak sebagai pembina upacara Dekan Fakultas Pertanian EdyH.P. Melmambessy, S.Pi., M.Si. Pada upacara peringatan hari sumpah pemuda kali ini pembina upacara mengajak para pemuda generasi penerus bangsa untuk tidak mewarisi abu sumpah pemuda, tetapi mewarisi api sumpah pemuda, karena kalau hanya mewarisi abu maka kita hanya akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air.Tapi itu bukan tujuan akhir. Demikian sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan kembali oleh pembina upacara. SALAM PEMUDA !!!

sumpah2

sumpah3

SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD) UNIVERSITAS MUSAMUS di Lingkungan KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI dan PENDIDIKAN TINGGI

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dilaksanakan pada hari Senin, 23 Oktober 2017, bertempat di Kantor Regional IX BKN Jayapura telah dilaksanakan dan diikuti oleh 104 peserta dengan 2 (sesi) tes. Pelaksanaan SKD terdiri dari Formasi Umum dan Formasi Papua.  Pelaksanaan SKD dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Computer Assisted Test (CAT) BKN. SKD diikuti oleh 3 (tiga) Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Papua yaitu Universitas Cenderawasih, Universitas Musamus, dan Institut Seni Budaya Indonesia Papua. Peserta dari Universitas Musamus adalah 43 orang.

SKD20171

Sebelum pelaksanaan SKD dilakukan tahap penandatanganan daftar hadir oleh para peserta.  Selanjutnya tahap verifikasi oleh panitia. Tahap verifikasi dilakukan untuk mencocokan KTP, kartu peserta dan para peserta untuk menghindari terjadinya kecurangan. Ketika perserta dinyatakan lolos maka kartu peserta akan dibubuhi cap panitia. Setelah verifikasi selesai dilanjutkan dengan tahap pembagian pin oleh BKN. Pin ini akan digunakan ketika login dalam aplikasi CAT. Setelah peserta mendapatkan pin, pihak BKN menayangkan video simulasi penggunaan serta cara pengisian CAT.

SKD20172

Setelah penayangan video simulasi CAT, para peserta memasuki ruang tes CAT dimana sebelum memasuki ruang ujian peserta tidak diperkenankan membawa tas atau alat tulis dan cukup hanya membawa KTP serta kartu peserta.  Setelah itu dilakukan tahap pemeriksaaan. Tahap ini dilakukan untuk mengecek apakah para peserta melakukan kecurangan selama pelaksanaan tes SKD berlangsung.

SKD20173

SKD20174

Tiap sesi tes berlangsung selama 90 (sembilan puluh) menit. Peserta yang lulus pada tes sesi pertama SKD berjumlah 3 (tiga belas) peserta dan pada sesi kedua hanya 1 (satu) peserta.

SKD20175

SKD20176

Selama tes berlangsung, perwakilan dari masing-masing PTN dapat melihat perkembangan dan hasil tes dari masing-masing peserta melalui layar monitor yang telah disediakan oleh BKN. Setelah pelaksanaan SKD, baik sesi pertama maupun sesi kedua, dilanjutkan dengan penyerahan Berita Acara oleh BKN kepada perwakilan PTN yaitu Universitas Cenderwasih sebagai koordinator PTN di Papua.

SKD20177

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini424
Minggu Ini2482
Bulan Ini14586
Total638096

IP Anda : 54.145.103.69 21 Juni 2018
Powered by CoalaWeb