Pelantikan Dekan Fakultas di Lingkungan Universitas Musamus

dekan1Setelah sebelumnya melalui tahap pencalonan dan pemilihan yang dilaksanakan di fakultas masing-masing, akhirnya pada hari Rabu, 11 Oktober 2017, Universitas Musamus (Unmus) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan terhadap 6 dekan fakultas yang baru yang dinyatakan memenuhi persyaratan dan terpilih sebagai dekan. Para pemimpin fakultas yang dilantik adalah Daniel Parenden, S.T., M.T sebagai Dekan Fakultas Teknik, Dr. Drs. Samel W. Ririhena, M.Si. sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Edy H.P. Melmambessy, S.Pi., M. Si. sebagai Dekan Fakultas Pertanian, Yenni P. Pasaribu, S.T., M.Si. sebagai Dekan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Dr. Fitriani, S. Kom., M.Si. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Erni Dwita Silambi, S.H., M.H. sebagai Dekan Fakultas Hukum. Pelantikan dilakukan oleh Rektor Unmus, Dr. Philipus Betaubun di gedung PKM Unmus.

dekan2

Selain para dekan fakultas, Rektor Unmus juga melantik dan mengambil sumpah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Yosehi Mekiuw, S.P., M.Sc. yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas Wakil Rektor III. Pada kesempatan yang sama dilakukan pula pelantikan dan pengambilan sumpah Koordinator Pusat Pengembangan Pendidikan LP3M, Frans Papilaya, S.E., M.Si, Koordinator Pusat Studi Rekayasa dan Pengembangan Teknologi LP2M, Budi Doloksaribu, S.T., M.Si., Koordinator Pusat Studi Pengkajian Kebijakan Pembagunan dan Kelembagaan LP2M, Vinsenco R. Serano, S.Sos., M.PA., Kepala Laboratorium Teknik Mesin Nurjannah Yusman, S.T., M.T, Kepala Laboratorium Penjaskesrek Hendra J. Hiskya, S.Pd., M. Pd., Kepala Laboratorium Pendidikan Fisika Helga Charolina Antonia Silubun, S.T., M. Si., sertaPlt. Kepala Laboratorium Teknik Elektro Murniani, S.T.,M.T.

dekan3

Dalam sambutannya, Rektor Unmus mengucapkan selamat melaksanakan tugas kepada pejabat yang dilantik serta ucapan terima kasih kepada pejabat yang telah melaksanakan tugasnya bagi kepentingan lembaga. Acara pelantikan ini dihadiri pula oleh rohaniawan, saksi, tamu undangan serta pihak keluarga.

dekan4

 

Kontingen POMNAS UNMUS 2017

pomnas1Rektor Universitas Musamus Dr. Philipus Betaubun didampingi Wakil Rektor II, Emiliana B. Rahail, S.H., M.H. dan Wakil Rektor III, Yosehi Mekiuw, S.P., M.Sc. melepas Kontingen Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional Tahun 2017 yang akan berlangsung pada 1222Oktober 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan. Upacara pelepasan yang ditandai dengan penyerahan bendera Unmus dari Rektor Unmus kepada Afif Khoirul Hidayat, S.Pd., M.Or. selaku Manager Tim. Upacara pelepasan ini dilaksanakan di gedung PKM Unmus padahari Rabu, 11 Oktober 2017 usai acara PelantikanDekanFakultas di LingkunganUnmus.

Pada sambutannya, Rektor Unmus berpesan agar peserta POMNas XV dalam mengikuti perlombaan nantinya harus menjunjung tinggi sportifitas, tidak melakukan hal-hal tercela yang dapat mencoreng nama baik almamater serta harus saling menjaga satu dengan yang lain karena seluruh anggota tim adalah saudara.

pomnas2

Lewat kesempatan ini, Universitas Musamus dibawah payung BAPOMI Papua mengirim atlet cabang olahraga Pencak Silat, Karate, Bulutangkis, Renangdan Catur, dengan pelatih Anton Topan, Ahmad Badawi dan Darmanto. Menurut Rektor Unmus dalam POMNas XV ini Unmus tidak mentargetkan perolehan medali, karenayang terpenting adalah keikutsertaan Unmus dalam ajang ini, namun semangat juang para atlet harus ditunjukan sehingga dapat menjadi kebanggaan ketika dapat menyumbangkan perolehan medali.

pomnas3

 

SEMINAR NASIONAL KEPENDIDIKAN

semnas1Sebagai upaya memajukan pendidikan dan pembelajaran untuk mempercepat pembangunan khususnya di daerah pinggiran maka untuk pertamakalinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus menyelenggarakan Seminar Nasional Kependidikan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 6 Oktober 2017 digedung PKM UNMUS dengan tema :Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran dalam Rangka Percepatanan Pembangunan di Daerah Pinggiran. Hadir sebagai pembicara utama Direktur Pembelajaran Ditjen Belmawa Kemristekdikti, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP dan empat pembicara lainya. Didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Warek I Unmus, Dr. Maria V.I Herdjiono, SE, M.Si. mewakili Rektor Unmus menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan seminar. Dalam sambutannya Wakil Rektor I Unmus menyampaikan terima kasih kepada Panitia Penyelenggara yang telah bekerja keras sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. Beliau juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada pembicara yang telah berkenan menghadiri acara dimaksud.

semnas2

Bertindak sebagai moderator dalam kegiatan ini adalah Dekan FKIP, Yenni P. Pasaribu, ST, M.Si. Selanjutnya moderator mempersilahkan para pembicara untuk memaparkan materinya. Pembicara pertama Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd (Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Makassar) dengan topik Strategi. Percepatan Pembagunan di Daerah Pinggiran. Pembicara kedua adalah Drs. H. Moctar Marhum, M.Ed., Ph.D (Dosen Prodi Bahasa Inggris Universitas Tadulako) dengan topik Strategi Menghadapi MEA pada Bidang Pendidikan. Pembicara ketiga dengan topik Inovasi Pembelajaran IPA Terpadu oleh Dr. Melania Suweni Muntini, M.T. (Dosen Prodi Fisika Institut Sepuluh November), dan pembicara keempat Dr. Totok Bintoro, M.Pd (Ketua LP3M dan Dosen Prodi Luar Biasa Universitas Negeri Jakarta).

semnas3

 

Selain pemateri dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, hadir pula Bupati Merauke Frederikus Gebze, ST., M.Si. di sela-sela kesibukannya. Beliau menyempatkan diri untuk menghadiri seminar serta menyampaikan dukungan pemerintah daerah dalam bidang pendidikan, salah satunya dengan mengusung sistem sekolah asrama. Setelah sesi pemaparan materi, moderator melanjutkan acara pada sesi diskusi. Peserta diberikan kesempatan untuk bertanya tenta berbagai hal terkait materi yang telah diberikan. Pada sesi ini peserta terlihat begitu antusias. Selanjutnya dilakukan penyerahan cinderamata dari Universitas Musamus dan Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke kepada para pembicara yang hadir.

semnas4

 

Sementara itu, Direktur Pembelajaran DITJEN Belmawa Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP yang baru tiba sekitar pukul 12.00 WIT langsung disambut dengan tarian adat Marind. Para penari dengan busana khas Marind mengantarkan Direktur Pembelajaran DITJEN Belmawa memasuki ruang seminar.

semnas5

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi pararel menjadi lima kelas yaitu :Kelas A bertempat di ruang kelas FKIP A dengan moderator Aprianus Hutadjulu, Kelas B diruang kelas FKIP B dengan moderator Nasrawati, Kelas C diruang FKIP C dengan moderator Yonarlianto Tembang, Kelas D bertempat diruang FKIP D dengan moderator Agus Kichi Hermansyah dan Kelas E di ruang kelas FKIP E dengan moderator Abraham Laurens Rettob. Disetiap kelas, para pemakalah mempresentasikan hasil penelitiannya.

semnas6

Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini ditutup oleh Wakil Rektor III UNMUS Yosehi Mekiuw, SP, M.Sc. dan diakhiri dengan jamuan makan malam serta penyerahan cinderamata kepada Direktur Pembelajaran Ditjen Belmawa oleh Wakil Rektor I UNMUS di gazebo Unmus serta acara foto bersama.

 semnas7

semnas8

 

 

 

 

 

 

Seminar Nasional Pertanian Terpadu

semnasper1Bertempat di gedung PKM Universitas Musamus pada hari Kamis, 28 September 2017,Fakultas Pertanian Unmus menyelenggarakan Seminar Nasional yang pertama. Acara ini dilaksanakan dengan anggaran bersumber dari DIPA Unmus sebagaimana dilaporkan oleh Ketua Panitia, EdyH.P. Melmambessy, S.Pi., M.Si. dalam laporan Ketua Panitia. Seminar Nasional ini bertemakan Upaya Peningkatan Komoditas Lokal Untuk Mendukung Keamanan Dan Ketahanan Pangan dengan Keynote Speaker Prof. Dr. Ocky Karna Radja, M.Sc. (Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemristekdikti).

 

RektorUnmus Dr. Philipus Betaubun dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada para narasumber dan peserta yang hadir dan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah bekerja secara maksimal sehingga acara ini dapat tersenggara dengan baik walaupun baru yang pertama kali digelar. Menurutnya, di Merauke banyak potensi sumber daya alam yang belum dikelola dengan baik karena berbagai keterbatasan. Di Rawa Biru misalnya, banyak ikan arwana dan ikan mujair yang harganya cukup mahal di tempat lain dan disini hanya untuk dikonsumsi. Sehingga besar harapan beliau bahwa hasil dari seminar ini harus dikawal hingga menjadi masukan kepada pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan. “Hasil dari seminar ini harus dibawa ke Pemerintah Pusat, jangan hanya di simpan di Perpustakaan Unmus,demikian ujarnya.

semnasper2

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi seminar dengan moderator Drs. Jayadi, MT (Ketua LPPM UNMUS). Kesempatan pertama diberikan kepada Prof. Dr.H. Rudi Priyadi,Ir., M.S. (Rektor Universitas Siliwangi) dengan materi Wujudkan Pengembangan Pertanian Organik Berbasis Komoditas Lokal. Pemateri kedua dengan topik Peran Bidang Peternakan dalam Optimalisasi Komoditas Lokal untuk Mendukung Keamanan dan Ketahanan Pangan oleh Prof. Dr.sc.ag. Ir. Suyadi, MS (Ketua Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Peternakan Indonesia). Materi ketiga adalah Peran Bidang Perikanan Dalam Optimalisasi Komoditas Lokal untuk Mendukung Keamanan dan Ketahanan Pangan oleh Prof. Dr. Djamaluddin Jompa, M.Sc. (Dekan Fakultas Kelautan dan IlmuPerikanan UNHAS).Selanjutnya adalah materi Prof. Dr. Ocky Karna Radja, M.Sc. tentang Peranan Perguruan Tinggi dalam Peningkatan Komoditas Lokal untuk Mendukung Keamanan dan Ketahanan Pangan. Materi kelima oleh Dr. Feriyanto (Sekretaris Pengurus Pusat PERHEPI) tentang Strategi Pengembangan Komoditi Unggulan dan Berdaya Saing Tinggi, serta materi yang terakhir yaitu Penerapan Teknologi dalam Pengolahan Hasil Pertanian oleh Dr. Yus Witdarko, MT (Ketua Jurusan Teknik Pertanian UNMUS).Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab.

semnasper3

Acara ini dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama sebelum para peserta dan pemakalah menuju ruangan kelas untuk melakukan sesi paralel seminar. Sesi paralel terbagi menjadi 5 yaitu bidang Agroteknologi, Perikanan, Peternakan, Teknik Pertanian dan Agribisnis.

semnasper4

semnasper5

 

Penandatanganan MoU Balitbangtan Papua dan Universitas Musamus

bptp1Bertempat di Ruang Soter Nautje UNMUS pada hari Kamis, 28 September 2017 telah dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara BPTP Balitbangtan Papua dengan Universitas Musamus. Penandatanganan nota kesepahaman ini dihadiri oleh Rektor Unmus dan para pimpinan unit kerja di Unmus, sedangkan dari pihak BPTP Balitbangtan Papua dihadiri oleh Kepala Balai yang diwakili oleh Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian (KSPP) Dr. Ir. Niki E. Lewaherilla, M.Si. dan didampingi oleh penanggungjawab kegiatan perbatasan Dr. Ir. Siska Tirajoh, M.Si. dan Ir. Herman Masbaitubun, M.Sc.

Rektor Unmus, Dr. Philipus Betaubun, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPTP Balitbangtan Papua atas penandatanganan MoU dengan Unmus sehingga mendukung terlaksananya kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di Unmus serta mendukung pengembangan pertanian di Merauke khususnya sehingga Merauke sebagai lumbung pangan nasional dapat segera terwujud nyata. Karenanya, MoU ini agar dapat segera dimanfaatkan oleh kedua belah pihak.

bptp2

Kepala BPTP Balitbangtan Papua dalam sambutannya yang diwakili oleh Dr. Ir. Niki E. Lewaherilla, M.Si., menyampaikan bahwa adanya MoU ini akan lebih mempermudah masing-masing pihak dalam melaksanakan perannya dalam pembangunan pertanian di Merauke serta Papua pada umumnya. BPTP Balitbangtan Papua bersama Universitas Musamus dapat mendukung pemerintah daerah dalam menyusun model pembangunan pertanian berdasar keilmuan yang dimiliki dalam memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki dengan memperhatikan kearifan lokal setempat.

Pada kesempatan ini pula, Dr. Ir. Niki E. Lewaherilla, M.Si. sekaligus memberikan undangan kepada Rektor Unmus untuk hadir sebagai pembicara dalam pelaksanaan Seminar Nasional Peningkatan Komunikasi dan Diseminasi Hasil-hasil Pengkajian yang akan dilaksanakan di Jayapura, 6 sampai 7 November 2017.

bptp3

bptp4

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini272
Minggu Ini998
Bulan Ini14144
Total528546

IP Anda : 54.90.237.148 23 Januari 2018
Powered by CoalaWeb