Dies Natalis UNMUS 2016

dies natalis 2016aDies Natalis (atau hari lahir) merupakan suatu peristiwa penting yang merupakan titik awal perjalanan kehidupan dan biasanya ditandai dengan suatu perayaan pengucapan syukur mendalam oleh yang memilikinya. Dies Natalis Universitas Musamus Tahun 2016, yang puncaknya diperingati pada tanggal 19 November juga merupakan suatu tanda pertambahan usia dan syukur yang dipanjatkan oleh seluruh civitas academica Universitas Musamus. Perayaan dies tahun ini mengusung tema “Bersama, Berani dan Berkarya untuk Universitas Musamus”.

Kegiatan Dies Natalis Tahun 2016 dilaksanakan selama 5 hari dengan agenda kegiatan : a. Jalan santai dan senam Zumba, 12 November 2016; b. Pameran Pendidikan di Lapangan Fakultas Teknik Unmus, 16 s/d 19 November 2016; c. Donor darah, kerjasama dengan PMI Merauke di Gedung PKM Unmus, 17 November 2016; d. Panggung hiburan, Colour Party, penampilan tarian daerah, dan malam puncak Dies Natalis 2016 di Lapangan Fakultas Teknik Unmus, 18 dan 19 November 2016. Seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan ini selain bertujuan memperingati berdirinya Universitas Musamus, juga diharapkan dapat mempererat hubungan kekeluargaan di lingkungan Unmus, membangun sportifitas serta spirit kompetisi yang sehat diantara mahasiswa serta memperkuat rasa cinta terhadap almamater, hal ini dikemukakan oleh Rektor Unmus, Dr. Philipus Betaubun sehubungan dengan seluruh pelaksanaan kegiatan Dies Natalis tahun 2016.

dies natalis 2016b

dies natalis 2016c

 

Forkom Pimpinan FKIP Negeri Se-Indonesia

Pada tanggal 28 s.d 30 Oktober 2016, bertempat di Gedung PKM Universitas Musamus dan Swis-Belhotel Merauke, telah dilaksanakan Pertemuan Sela Forkom Pimpinan FKIP Negeri Se-Indonesia. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unmus, Dr. Philipus Betaubun, dengan besar harapan agar apa yang sudah diagendakan dalam pertemuan ini dapat dicapai, demi kemajuan FKIP ke depan. Rapat kerja diikuti oleh pimpinan FKIP (Dekan atau Wakil Dekan) dari 29 Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua. Pertemuan ini memiliki agenda berupa Rapat Kerja dan Kuliah Umum. Rapat Kerja membahas AD-ART Forkom, Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan isu pendidikan lainnya serta pembahasan materi Pertemuan Puncak Forkom tahun 2017 di Palu. Adapun Kuliah Umum dilaksanakan sebagai bagian dari komitmen Forkom untuk memberikan kontribusi bagi pendidikan di semua FKIP, terutama FKIP Unmus sebagai PTN Baru. Para dekan yang memberikan kuliah umum adalah Dekan FKIP Unsri Prof. Sofendi, M.A., Ph.D pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan jurusan Sastra Inggris, Dekan FKIP Unpatti Prof. Prof. Dr. Theresia Laurens, M.Pd. pada jurusan Pendidikan Matematika, Dekan FKIP Untan Dr. H. Martono pada jurusan PBSI, Dekan FKIP Unsil Dr. H. Cucu Hidayat, M.Pd pada jurusan Penjaskesrek, Dekan FKIP Untirta Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd. pada jurusan PGSD dan PGPAUD, dan Dekan FKIP Unja Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc. pada jurusan Pendidikan Kimia dan Pendidikan Fisika.

forkom1

forkom2

forkom3

Sosialisasi BI tahun 2016

Pada hari Kamis, 1 September 2016 bertempat di aula PKM Universitas Musamus, telah dilaksanakan Sosialisasi Kebanksentralan dan Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah serta diseminasi kebijakan. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III Dr. Irene V. Herdjiono, dan diikuti ole htenaga pendidik, kependidikan serta mahasiswa Universitas Musamus. Dalam kegiatan ini dibahas tentang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral, dampak inflasi di Papua, serta cara-cara membedakan uang asli dan uang palsu. Dalam acara ini pula Bank Indonesia memberikan beasiswa kepada beberapa mahasiswa Unmus yang berprestasi.

 

BI 02

BI 01

BI 03

Seminar dan Lokakarya FKTPTI 2016

FKPTPI 0bSeminar dan Lokakarya Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian se-Indonesia (FKPTPI) untuk Badan Kerjasama (BKS) Wilayah Timur diadakan di Aula PKM Universitas Musamus, 1 s.d 3 Juni 2016, dengan tema “Peran Pendidikan Tinggi Pertanian untuk Mendukung Tercapainya Kedaulatan Pangan Berbasis Sumberdaya Lokal”. Peserta Seminar dan Lokakarya Nasional FKPTPI BKS wilayah Timur berasal dari perwakilan perguruan tinggi pertanian se-Indonesia (dekan, wakil dekan, dan ketua jurusan/prodi), Rektor Universitas Musamus, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Merauke, Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Merauke, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan civitas akademika Fakultas Pertanian Universitas Musamus. Seminar Nasional FKPTPI BKS Wilayah Timur 2016 di gedung PKM.

Topik dalam seminar disampaikan oleh 4 (empat) orang pembicara yaitu Prof. Dr. Ir. Suntoro, M.S (Pembicara I) yang mengusung tema Pemenuhan Kebutuhan Air untuk Mendukung Program Rice Estate di Merauke dan Pemanfaatan Tanah Komunal Masyarakat Hukum Adat untuk Proyek-proyek Pertanian; Dr. Ir. Yoland Holle, M.Si (Pembicara II) dengan tema Modal Sosial Suku Marind Dalam Pengembangan Padi Sawah di Kabupaten Merauke; Pembicara III, Dr. Jamhari, S.P.,M.P dengan tema Ekonomi Pertanian; dan diakhiri oleh Dr. Agus Sumule yang mengusung tema Mewujudkan Kedaulatan Pangan Indonesia. Kegiatan dilanjutkan dengan Lokakarya Dekan dan Lokakarya Ketua Jurusan Agroteknologi dan Agribisnis yang membahas tentang keberadaan Fakultas Pertanian dan tuntutannya di dunia nyata secara menyeluruh. Kegiatan ini ditutup oleh Rektor Unmus dengan harapan yang besar demi kemajuan Fakultas Pertanian di Indonesia.

National University Debating Championship

Pada tanggal 1 sampai 2 Juni 2016, Universitas Musamus menjadi tuan rumah National University Debating Championship yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai PTN dan PTS Wilayah XIV Papua dan Papua Barat. NUDC merupakan program dari Dikti yang ditujukan untuk kompetisi khusus dalam debat Bahasa Inggris dengan tujuan memberikan motivasi kepada mahasiswa agar dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris-nya dengan lebih baik dan memiliki kemampuan berargumentasi dalam bahasa yang baik. NUDC diikuti oleh 2 PTN (Unipa dan Unmus) serta 15 PTS di Kopertis Wilayah XIV Papua dan Papua Barat dengan topik yang dibahas diberikan pada saat lomba sehingga diharapkan tidak ada rekayasa.

NUDC1

NUDC2

NUDC3

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini557
Minggu Ini4037
Bulan Ini12130
Total487781

IP Anda : 54.224.168.206 19 November 2017
Powered by CoalaWeb