Kuliah Umum Awal Semester Genap FAPERTA UNMUS 2016

Pada hari Kamis, 31 Maret 2016 telah dilaksanakan Kuliah Umum Fakultas Pertanian dengan pembicara Dr. Ir. Sam Herodian, M.S. (Tim Pakar Upaya Khusus (UPSUS) Kementerian Pertanian), Dr. Ir. Roh Santoso Budi Waspodo, MT (Divisi Teknik Sumberdaya Air IPB), Bappeda Kabupaten Merauke, dan Untari, S.TP, M.Si.

kuliah faperta1

 

 

Kuliah umum dimaksud agar para mahasiswa dapat memiliki wawasan yang semakin luas tentang pembangunan pertanian terutama di Kabupaten Merauke, sehubungan dengan rencana Pengembangan Lahan 1,2 juta hektar yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat. Sehubungan dengan hal tersebut, dari Bappeda Kabupaten Merauke disampaikan rencana pengembangan Otoritas Kawasan Ekonomi Khusus Pangan Merauke di Salor, Merauke. Dr. Ir. Sam Herodian, M.S., selaku pembicara utama, memberikan gambaran kepada para dosen dan mahasiswa tentang Kebijakan Kementerian Pertanian Kabinet Kerja untuk mencapai kedaulatan pangan di Indonesia. Sedangkan untuk pemanfaatan sumberdaya air yang terkadang menjadi kendala, dikemukakan suatu kajian tentang potensisumberdaya air di Indonesia (air permukaan dan air tanah) oleh Dr. Ir. Roh Santoso Budi Waspodo, MT (Divisi Teknik Sumberdaya Air IPB). Selanjutnya, ditampilkan pula hasil penelitian tim dosen Faperta (Untari, Maria M.D Widiastuti dan Musrifah) yang mengkaji tentang Dampak Perubahan Iklim Terhadap Adaptasi Budidaya Tanaman Pangan Pada Masyarakat Lokal Papua Selatan.

kuliah faperta2

 

 

 

kuliah faperta3

 

Pelepasan KKN Januari 2016

Sebanyak 305 mahasiswa mengikuti acara pelapasan KKN 2016, yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2016. Peserta KKN tahun ini dibagi menjadi 15 kelompok, yang akan melaksanakan kegiatan KKN di 15 kampung di kabupaten Merauke sejak tanggal 30 Januari 2016 sampai dengan 1 Maret 2015, setiap kelompok didampingi oleh 2 Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Kampung terdekat yang menjadi lokasi KKN adalah kampung Tambat di distrik Tanah Miring, sedangkan yang terjauh adalah kampung Afkab Makmur, distrik Muting.

KKN2016a

KKN2016b

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Pengabdian pada Masyarakat, dan Penelitian. Dalam implementasinya, KKN merupakan bentuk keterpaduan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga KKN mengemban misi dalam pembentukan karakter dan kepribadian mahasiswa yang berjiwa mulia, inovatif dan bertanggung jawab. Untuk itu peserta KKN semestinya memfokuskan program-programnya pada pengembangan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang menyentuh akar permasalahan di masyarakat. Oleh karena itu, KKN UNMUS menerapkan konsep KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) sebagaimana diisyaratkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Dikti.

KKN2016c

 

Penandatanganan Kerjasama Unmus - ITS

       Rabu, 16 Desember 2015, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Rektor Universitas Musamus Merauke (Dr. Philipus Betaubun, S.T., M.T) dengan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya (Prof. Ir. Joni Hermana MSc. ES., PhD). Penandatangan kerjasama tersebut dilakukan di kampus ITS Sukolilo Surabaya.

MOU Unmus ITS 1a

       Hadir dalam acara tersebut, dari Universitas Musamus : Rektor Universitas Musamus, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, dan Dekan FKIP, dan dari Institut Teknologi Sepuluh November : Rektor ITS, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kerjasama, Sekretaris Institusi, para Dekan dan Wakil Dekan.

MOU Unmus ITS 2a

MOU Unmus ITS 3a

       Penandatanganan kerjasama bertujuan untuk menyambung kerjasama sebelumnya yang telah berakhir dan untuk pengembangan institusi dimana ITS adalah pembina Unmus sejak cikal bakal Unmus, yakni sejak masih berupa sekolah tinggi teknik (STTM). Bentuk-bentuk kerjasama yang diharapkan dapat dilakukan dengan penandatanganan nota kesepahaman tersebut antara lain : 

  1. ITS diharapkan dapat membantu mengakomodir dosen-dosen yang berminat untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3.
  2. Mobilisasi dosen pakar.
  3. Penelitian bersama dosen Unmus dan ITS.
  4. Publikasi bersama dosen ITS dan Unmus.
  5. ITS diharapkan dapat mendukung pengembangan sistem informasi di Unmus.
  6. Program dosen tamu dari ITS ke Unmus maupun dosen magang dari Unmus ke ITS.
  7. Memperkuat program Forum Eastern Part of Infonesia University Network (EPI U NET). EPI U NET merupakan forum kerjasama beberapa perguruan tinggi di Indonesia Timur, diantaranya Unmus dan ITS.

 

Wisuda Angkatan VI Gelombang I Universitas Musamus Merauke

Pada tanggal 12 Desember 2015, bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Musamus Merauke, diadakan acara Wisuda Angkatan VI gelombang I. Jumlah lulusan yang diwisuda sebanyak 228 wisudawan / wisudawati yang terdiri dari :

  1. Fakultas Teknik sebanyak 64 orang
  2. Fakultas Ekonomi sebanyak 55 orang
  3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 21 orang
  4. Fakultas Pertanian sebanyak 18 orang
  5. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 70 orang 

WisudaVI G1 1b      

     Dalam acara wisuda ini, Dr. Samel W. Ririhena, M.Si memberikan orasi ilmiah yang berjudul “Teori Agensi Dalam Pemerintahan Daerah”. Kemudian dibacakan SK kelulusan dan penyerahan ijazah kepada wisudawan dan wisudawati.

WisudaVI G1 2b

     Dalam pidato sambutannya , Rektor Universitas Musamus, Dr. Philipus Betaubun, S.T., M.T memberikan ucapan selamat kepada wisudawan / wisudawati, dan juga kepada keluarga wisudawan / wisudawati baik yang hadir maupun yang tidak berkesempatan hadir dalam acara wisuda. Di samping itu, Rektor menyampaikan pesan kepada wisudawan / wisudawati agar selalu meningkatkan kompetensi diri, terutama menghadapi ketatnya persaingan pasar bebas dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang merupakan bentuk integrasi ekonomi ASEAN, kreatif dan inovatif sehingga dapat membuka/menciptakan lapangan kerja baru, ikut mendukung program pemerintah daerah untuk membangun dari kampung ke kota dan peningkatan pemberdayaan masyarakat pedesaan, serta sebagai alumni tetap mendukung almamater dalam upaya pengembangan kelembagaan Unmus.

WisudaVI G1 3b

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini370
Minggu Ini370
Bulan Ini12474
Total635984

IP Anda : 23.20.236.61 18 Juni 2018
Powered by CoalaWeb