Roadmap dan Desain Program Profesi Guru

Roadmap dan Desain Program Profesi Guru

Roadmap1

Gambar 1. Roadmap Program PPG UNMUS 2021-2024


Berdasarkan roadmap program yang telah dirancang, pada tahun pertama Prodi PPG melakukan perencanaan dan pelaksanaan. Target yang akan dicapai adalah berjalannya program PPG secara fungsional dan memenuhi IKU 3, 5, 6, dan 7. Pada tahun kedua Prodi PPG melakukan pelaksanaan program dengan tambahan target berupa IKU 1. Hingga pada tahun ke empat Prodi PPG berusaha untuk melakukan akselerasi dengan menargetkan tercapainya IKU 8 yaitu mendapatkan akreditasi internasional.

 

 

Kontribusi Program PPG Terhadap Standar Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi

Berdasarkan telah diterbitkannya kebijakan Kampus Merdeka Merdeka Belajar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan merancang Program Studi Pendidikan Profesi Guru dengan mengacu pada standar Indikator Kinerja Utama sebagai berikut:

Tabel 3. Target Capaian Indikator Kerja Utama Prodi PPG UNMUS

No

Indikator Kerja Utama

Baseline

Target

1

Kualitas Lulusan

IKU 1: Persentase Lulusan program sarjana yang melaksanakan studi lanjut.

Setiap lulusan terbaik dari setiap jurusan dibawah prodi PPG difasilitasi dan diakomodir untuk melanjutkan studi dengan perguruan tinggi mitra pertahun

2

Kualitas Dosen

IKU 3: Persentase dosen yang berkegiatan tridharma di kampus lain.

Dosen dari setiap jurusan dibawah prodi PPG diberikan kesempatan untuk melaksanakan tridarma dengan perguruan tinggi mitra pertahun

3

Kualitas Dosen

IKU 4: Persentase dosen berkualifikasi doktor.

Dosen dari setiap jurusan dibawah prodi PPG diberikan kesempatan untuk melanjutkan studi doktoral yang didasarkan pada kualitas kerja, kualitas publikasi pada jurnal internasioan bereputasi, dan penilaian dari direktur PPG setiap dua tahun

4

Kualitas Dosen

IKU 5: Presentase luaran penelitian dengan rekognisi internasional dan luaran pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan.

Dosen dari setiap jurusan dibawah prodi PPG diwajibkan untuk memiliki satu publikasi pada jurnal internasional bereputasi/ jurnal terakreditasi sinta 1-2 pertahun. Setiap jurusan diwajibkan untuk memiliki satu publikasi pada jurnal terakreditasi sinta 3-4 terkait luaran pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan pertahun.

5

Kualitas Kurikulum dan Pembelajaran

IKU 6: Persentase program studi program sarjana yang melaksanakan kerjasama dengan mitra.

Setiap jurusan dibawah prodi PPG diwajibkan untuk melaksanakan kerjasama dengan mitra dan menerbitkan satu MoU dengan mitra pertahun.

6

Kualitas Kurikulum dan Pembelajaran

IKU 7: Persentase mata kuliah program studi program sarjana yang menggunakan pendekatan pemecahan kasus (case method) atau project-based learning.

Dosen dari setiap jurusan dibawah prodi PPG diwajibkan untuk mengembangkan/ menyempurnakan mata kuliah yang berorientasi pada pendekatan pemecahan kasus (case method) atau project-based learning pertahun

 

 

Estimasi Jadwal Pelaksanaan Program

Dalam melaksanakan program PPG, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan membuat timeline pelaksanaan kegiatan sebagai berikut:

Roadmap2

Gambar 2. Timeline Alur Pelaksanaan Kegiatan PPG UNMUS 2021-2022

Terdapat enam tahapan utama terkait pelaksanaan program PPG. Tahap pertama dimulai dengan persiapan yang berisi penandatanganan MoU hingga kegiatan pendampingan pendaftaran peserta. Selanjutnya dilakukan tahapan pelaksanaan yang dimulai dengan tahap seleksi terdapat kegiatan dari seleksi administrasi hingga pengumuman hasil seleksi. Kemudian dilakukan pemanggilan peserta. Lalu dilanjutkan dengan pelaksanaan PPG yang dimulai dari orientasi awal studi hingga ujian pengetahuan yang direncanakan dalam kurun waktu delapan bulan. Selanjutnya akan dilakukan yudisium. Kemudian ditutup dengan tahap evaluasi dan pelaporan.

Dalam angkatan pertama program PPG, Universitas Musamus secara resmi membuka penerimaan mahasiswa baru meliputi jurusan sebagai berikut:

  1. Pendidikan Matematika.
  2.  Pendidikan Kimia.
  3. Pendidikan Fisika

Nara Hubung Program Pendidikan Profesi Guru

  1. Pendidikan Matematika      : 082333395588 (Pak Rian)
  2. Pendidikan Kimia                : 081316698697 (Pak Abraham)
  3. Pendidikan Fisika               : 085299941397(Pak Syamsul Bahri)

Dokumen terkait pelaksanaan PPG dapat diunduh ditautan berikut:

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini493
Minggu Ini2787
Bulan Ini14974
Total1465234

IP Anda : 3.236.253.192 22 Oktober 2021
Powered by CoalaWeb