Pertemuan Presiden Republik Indonesia Dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI)

Pertemuan Presiden bersama MRPTNI 01s

Bertempat di ruang zoom meeting, Rektor Universitas Musamus (Unmus) Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA didampingi para Wakil Rektor dan Kepala BUPK mengikuti pertemuan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Acara diselenggarakan secara langsung dari ruang auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada hari Senin, 13 September 2021. Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo didampingi Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo S.H., M.I.P  tiba di ruang pertemuan pada pukul 11.00 WIB atau pukul 13.00 WIT.

Pertemuan Presiden bersama MRPTNI 02s

Acara diawali dengan penyampaian laporan Ketua MRPTNI Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum yang juga merupakan Rektor UNS. Dalam laporan disampaikan bahwa pertemuan untuk audiensi bersama Presiden ini merupakan kerinduan yang sudah lama terpendam. Laporan yang disampaikan antara lain terkait dengan pelaksanaan pembelajaran atau perkuliahan yang dilakukan pada perguruan tinggi, pelaksanaan vaksinasi di perguruan tinggi serta upaya perguruan tinggi dalam pencegahan dan pengendalian covid-19.

Pertemuan Presiden bersama MRPTNI 03s

Sementara itu Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dalam sambutan dan arahannya menyampaikan dampak perubahan akibat revolusi industri 4.0, distrupsi teknologi dan pandemi telah mempercepat gelombang besar perubahan dunia sehingga yang terjadi ialah tingginya ketidakpastian oleh sebab itu Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo meminta kepada perguruan tinggi agar memfasilitasi mahasiwa untuk mengembangkan talentanya yang belum tentu sesuai dengan prodi, jurusan atau fakultasnya. Mahasiswa harus diberikan kemerdekaan untuk belajar kepada siapa saja karena itu merupakan esensi merdeka belajar. Kepada para Rektor Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo berpesan agar tugas Rektor bukan hanya di dalam kampus tetapi di luar kampus pun menjadi tugas Rektor dan jajaran. Setelah menyampaikan sambutan dan arahan acara dilanjutkan dengan sesi dialog Bersama pewakilan Rektor yang dipandu oleh Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan. Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menyampaikan untuk MRPTNI dapat mengagendakan pertemuan selanjutnya bersama Presiden agar para Rektor lebih leluasa menyampaikan segala sesuatunya terutama yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang perlu diperbaiki. Usai dialog rombongan Presiden meninggalkan ruangan pertemuan untuk melanjutkan kegiatan lainnya.

Pertemuan Presiden bersama MRPTNI 04s

Acara dilanjutkan dengan pertemuan dan dialog para Rektor bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim B.A., M.B.A didampingi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Dalam sesi dialog yang dipandu Ketua MRPTNI, para Rektor baik yang hadir secara fisik maupun secara daring menyampaikan berbagai hal berkaitan dengan kondisi pada Universitasnya. Rektor Unmus yang diberikan kesempatan berdialog dengan Mendikbudristek menyampaikan beberapa kendala yang dialami di Unmus seperti masalah keterbatasan jumlah sumber daya manusia Unmus khususnya orang asli Papua serta sarana dan prasarana yang sampai saat ini belum tuntas dikerjakan. Wakil Rektor I Unmus Dr. Maria V.I Herdjiono, M.Si juga ikut menambahkan beberapa hal berkaitan dengan program merdeka belajar kampus merdeka di Unmus kepada Mendikbudristek.

Pertemuan Presiden bersama MRPTNI 05s

Acara pertemuaan MRPTNI ini dihadiri secara luring oleh 35 Rektor dan secara daring oleh 57 Rektor PTN. Mengakhiri acara Mendikbudristek menyampaikan terima kasih serta permohonan maaf dengan adanya perubahan yang terjadi dua tahun ini yang begitu merepotkan perguruan tinggi. Bahwa kendatipun ada yang sukses maupun kegagalan dalam perubahan tersebut tidak menjadi masalah karena dalam hidup anak-anak itu mereka akan ada dalam kesuksesan dan kegagalan selalu. Mendikbudristek juga berharap agar Ketua MRPTNI agar dapat mengagendakan pertemuan serupa pada waktu berikutnya untuk mendiskusikan lebih lanjut segala hal yang ada dalam dunia pendidikan tinggi.

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini414
Minggu Ini2708
Bulan Ini14895
Total1465155

IP Anda : 3.236.253.192 22 Oktober 2021
Powered by CoalaWeb