PEMILIHAN CALON REKTOR UNIVERSITAS MUSAMUS PERIODE TAHUN 2021 – 2025

RSTCalonRektor00

Tahapan Pengangkatan Rektor Universitas Musamus memasuki tahap Pemilihan Calon Rektor Universitas Musamus yang dilaksanakan dalam Rapat Senat Tertutup pada hari Rabu, tanggal 14 Juli 2021 untuk memilih salah satu dari tiga calon Rektor yakni (1) Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA, (2) Dr. Fitriani, S.Kom.,M.Si dan (3) Dr. Maria V.I Herdjiono, M.Si. Rapat Senat Tertutup dibuka oleh Ketua Senat Universitas Musamus Dr. A.P. Edoardus E. Maturbongs, M.Si  dengan agenda memilih calon dengan suara terbanyak yang selanjutnya akan ditetapkan sebagai Rektor Universitas Musamus terpilih.

RSTCalonRektor00a

Rapat Senat Tertutup ini diikuti oleh 14 orang anggota Senat Universitas Musamus dari keseluruhan 17 orang anggota Senat dimana tiga anggota Senat tidak dapat hadir karena alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Pemilihan calon Rektor dihadiri juga Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang dikuasakan kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. yang didampingi oleh Koordinator Hukum, Tata Laksana dan Kepegawaian Ditjen Dikti Bapak Suwitno untuk memberikan suara Menteri. Hadir pula tenaga saksi yaitu Dr. Dra. Seli Marlena Radjaleba, M.Hum dan Paulus Mangera, S.T., M.T.

RSTCalonRektor01b

Dalam sambutannya, Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. menyampaikan Universitas Musamus bagaikan pesawat dari Indonesia Timur yang dapat sejajar dengan kampus lainnya. Sebagai salah satu pesawat dari Indonesia Timur yang perkembangannya terbilang pesat, harus ada pilot yang menahkodai pesawat ini agar dapat terus melesat dan dapat menjadi Perguruan Tinggi Negeri kebanggaan wilayah Indonesia Timur.

RSTCalonRektor02a

RSTCalonRektor03a

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan calon Rektor yang dilakukan melalui aplikasi E-Voting oleh seluruh anggota Senat yang hadir dan Kementerian dengan ketentuan Menteri memiliki 35% (tiga puluh lima persen) hak suara dari total pemilih yang hadir dan Senat memiliki 65% (enam puluh lima persen) hak suara dan masing-masing anggota Senat memiliki hak suara yang sama. Adapun pemilihan calon Rektor melalui E-Voting menghasilkan perolehan suara sebagai berikut:

  1. Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA memperoleh 10 suara
  2. Dr. Fitriani, S.Kom.,M.Si memperoleh 1 suara
  3. Dr. Maria V.I Herdjiono, M.Si memperoleh 10 suara

Karena ada dua calon Rektor yang memperoleh suara yang sama, maka dilanjutkan pemilihan putaran kedua melalui E-Voting untuk memilih salah satu dari dua calon yang memperoleh suara terbanyak. Hasil akhir dari pemilihan putaran kedua diperoleh hasil suara sebagai berikut :

  1. Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA memperoleh 11 suara
  2. Dr. Maria V.I Herdjiono, M.Si memperoleh 10 suara

RSTCalonRektor04a

RSTCalonRektor05a

Berdasarkan hasil pemilihan tersebut, Senat menetapkan calon Rektor Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA  memperoleh suara tertinggi dan terpilih menjadi Rektor Universitas Musamus Periode Tahun 2021-2025 yang tertuang dalam berita acara yang ditanda tangani oleh anggota Senat, calon Rektor dan saksi untuk selanjutnya berita acara tersebut disampaikan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk ditetapkan dan dilantik.

RSTCalonRektor06a

RSTCalonRektor07a

Dalam sambutan akhirnya Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. yang mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyampaikan pesan agar Rektor terpilih dapat membawa Universitas Musamus menjadi lebih maju, saling mendukung, menjalankan Amanah Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan selalu kompak serta mengayomi seluruh civitas akademika Unmus untuk membangun Musamus menjadi kebanggaan Wilayah Timur Indonesia. Di akhir kegiatan, Rektor terpilih dan dua calon Rektor lainnya memberikan sambutan selama tahapan pengangkatan Rektor dimana ketiganya mengikuti segala tahapan dari awal sampai puncaknya.

Setelah semua prosesi selesai maka Rapat Senat Tertutup secara resmi ditutup oleh Ketua Senat Universitas Musamus Dr. A.P. Edoardus E. Maturbongs, M.Si dengan ketukan palu tanda berakhirnya semua rangkaian acara pemilihan yang berjalan dengan baik dan lancar. Selanjutnya diadakan jumpa Pers yang dihadiri oleh Ketua Senat Unmus, Rektor Terpilih, Ketua Panitia Pengangkatan Rektor, Sekretaris Panitia Pengangkatan Rektor yang diliput oleh wartawan beberapa media di Kabupaten Merauke dan disiarkan secara LIVE melalui youtube.

RSTCalonRektor08a

Selamat atas terpilihnya Bapak Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA sebagai Rektor Universitas Musamus Periode Tahun 2021 – 2025.

 

Proses Penilaian dan Penetapan Calon Rektor

Tahapan penyaringan calon selanjutnya dilaksanakan dalam Rapat Senat Tertutup dengan agenda Penilaian dan Penetapan Calon bertempat di Ruang Rapat Senat Soter Nautje Gedung Rektorat. Kegiatan ini untuk bertujuan memilih calon Rektor Universitas Musamus periode tahun 2021-2025.

rapatsenattertutup001

Rapat Senat Tertutup dimulai pada pukul 14.00 WIT dan diikuti oleh 16 orang anggota Senat Universitas Musamus dari jumlah 17 orang anggota Senat (1 orang anggota Senat tidak dapat hadir karena sakit), bakal calon Rektor, serta perwakilan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang mengikuti melalui zoom meeting karena kondisi penyebaran covid-19 yang meningkat drastis akhir-akhir ini.

rapatsenattertutup002

Penilaian dan penetapan calon Rektor dimulai dengan pembukaan Rapat oleh Ketua Senat, Dr. A.P. Edoardos E. Maturbongs, M.Si dilanjutkan penyerahan perlengkapan pemungutan suara dari Panitia Pemilihan Rektor kepada Ketua Senat. Setelah jumlah surat suara dihitung kemudian dilakukan proses pemungutan suara dengan cara pemberian tanda centang pada salah satu gambar bakal calon sesuai dengan pilihan dari masing-masing anggota Senat  Universitas Musamus yang hadir. Surat suara tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara yang telah disediakan.

rapatsenattertutup004b

rapatsenattertutup005b

Setelah semua anggota Senat yang hadir memberikan suaranya, kotak suara dibuka dan dilakukan penghitungan suara. Hasil perolehan suara bakal calon yaitu:

  1. Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA mendapatkan 8 suara;
  2. Dr. Fitriani, S.Kom., M.Si mendapatkan 2 suara;
  3. Dr. Maria V.I. Herdjiono, M.Si mendapatkan 6 suara.

rapatsenattertutup003

rapatsenattertutup006

Seluruh kegiatan dalam Rapat Senat tertutup ini disaksikan oleh ketiga bakal calon Rektor  dan perwakilan kementerian, selanjutnya pihak kementerian yang diwakili oleh Bapak Suwitno (Koordinator Hukum, Tata Laksana dan Kepegawaian Ditjen Dikti Kemdikbudristek) memberikan arahan untuk langkah-langkah selanjutnya dalam tahapan Pengangkatan Rektor dimana ketiga nama calon diajukan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi guna dilakukan rekam jejak serta persiapan lainnya untuk kegiatan pemilihan calon. Dengan berakhirnya tahap ini maka tahap Penyaringan Calon Rektor telah selesai, dan akan dilanjutkan ke tahap Pemilihan Calon Rektor Universitas Musamus dengan mengikuti peraturan yang berlaku.

rapatsenattertutup007

Penyampaian Visi, Misi, Program Kerja dan Rencana Pengembangan Unmus oleh Bakal Calon Rektor Universitas Musamus

Dengan berakhirnya tahapan penjaringan calon Rektor Universitas Musamus, maka tahapan berikutnya adalah tahapan penyaringan melalui Rapat Senat Terbuka dengan agenda Penyampaian Visi, Misi, Program Kerja dan Rencana Pengembangan Unmus oleh Bakal Calon Rektor Universitas Musamus yang diselenggarakan pada hari rabu tanggal 30 Juni 2021 bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Musamus Merauke.

visimisi001

Tiga (3) Bakal Calon Rektor antara lain Dr. Drs, Beatus Tambaip, M.A; Dr. Fitriani, S.Kom; dan Dr. Maria V.I Herdjiono, S.E., M.Si hadir untuk menyampaikan Visi, Misi, Program Kerja dan Rencana Pengembangan Unmus di hadapan Perwakilan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P (Sekretaris Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi), Senat Universitas Musamus, perwakilan dari Dosen, perwakilan Tenaga Kependidikan dan perwakilan Mahasiswa.

visimisi002

visimisi003

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Senat, Dr. A.P. Edoardus E. Maturbongs,S.Sos., M.Si dan sambutan disampaikan oleh Perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yaitu Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P (Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi). Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pemilihan Rektor adalah kegiatan rutin pada Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, dan beliau berharap agar siapa pun nantinya yang menjadi Rektor agar menjalankan Program Kampus Merdeka, dan dapat meresapi serta menghayati kata-kata dalam Mars Musamus yaitu Musamus Kebanggaanku, Musamus keteladananku, Satu Hati Satu Tujuan dan mengintegrasikanya dalam tugas yang diemban nantinya.

visimisi004

Acara inti yaitu penyampaian Visi, Misi, Program Kerja dan Rencana Pengembangan Unmus yang disampaikan oleh ketiga bakal calon. Setelah Penyampaian Visi, Misi, Program Kerja dan Rencana Pengembangan Unmus, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada 7 penanya di antaranya 1 (satu) dari perwakilan Kementerian, 3 (tiga) dari  perwakilan Senat Universitas Musamus,  1 (satu)  dari perwakilan dosen, 1 (satu)  dari perwakilan tenaga kependidikan, serta 1 (satu)  dari perwakilan mahasiswa yang diwakili oleh Presiden BEM Unmus.

visimisi005

visimisi006

visimisi007

Setelah kegiatan Penyampaian Visi, Misi, Program Kerja dan Rencana Pengembangan Unmus oleh ketiga bakal calon Rektor, acara dilanjutkan dengan Rapat Senat tertutup bertempat di ruang rapat Soter Nautje, Gedung Rektorat Universitas Musamus dengan agenda penilaian dan penetapan calon yang dilakukan dengan pemungutan suara.

visimisi008

Proses Tahapan Pengangkatan Rektor Unmus

Tahapan Pengangkatan Rektor Unmus Periode Tahun 2021-2025 akan dilanjutkan ke tahapan penyaringan calon setelah Senat Unmus mendapatkan petunjuk dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi berdasarkan surat Nomor 0358/E/TI.00.02/2021 tanggal 23 Juni 2021 tentang Pemilihan Rektor Universitas Musamus (Unmus) Periode Tahun 2021-2025, maka tahapan pengangkatan Rektor Unmus tetap dilanjutkan ke tahapan Penyaringan calon dengan jumlah 3 orang bakal calon.

Dengan adanya petunjuk tersebut maka Senat Unmus telah menetapkan nama Bakal Calon Rektor Unmus sebagaimana tertuang dalam Keputusan Ketua Senat Universitas Musamus Nomor 06/UN52/KP/SENAT/2021 tanggal 24 Juni 2021 tentang Penetapan Nama Bakal Calon Rektor Universitas Musamus Periode Tahun 2021-2025.

Adapun Nama Bakal Calon Rektor Unmus yang ditetapkan antara lain :
1.Dr. Beatus Tambaip, MA
2.Dr. Fitriani, S.Kom., M.Si
3.Dr. Maria V.I. Herdjiono, M.Si

Ketiga bakal calon tersebut selanjutnya akan mengikuti tahapan penyaringan calon dengan agenda penyampaian visi, misi, program kerja dan rencana pengembagan Unmus dan dilanjutkan dengan penilaian dan penetapan melalui pemungutan suara oleh anggota Senat Unmus untuk selanjutnya hasil penilaian dan penetapan tersebut disampaikan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai calon Rektor guna mengikuti tahapan pemilihan Rektor.

Tahapan penyaringan calon akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2021, sedangkan tahapan pemilihan calon terjadwal pada tanggal 14 Juli 2021.

Hasil Penunjukkan Bakal Calon Oleh Senat

Sehubungan dengan proses pengangkatan Rektor Universitas Musamus Periode Tahun 2021-2025 dimana pada tahapan penunjukkan oleh Senat untuk mendaftar sebagai Bakal Calon Rektor yang dibuka pada tanggal 21 Mei – 8 Juni 2021 dimana berdasarkan surat Senat Nomor 075/UN52/SENAT/KL/2021 tanggal 21 Mei 2021 perihal Penunjukkan Untuk Mendaftar sebagai Bakal Calon Rektor dalam hal ini Senat menunjuk Dr. Dwi Nugroho Wibowo, M.S dari Universitas Jenderal Soedirman. Berdasarkan surat balasan dari Dr. Dwi Nugroho Wibowo, M.S tertanggal 28 Mei 2021 yang bersangkutan menyatakan tidak bersedia untuk mengikuti tahapan penjaringan dan tahapan lainnya dikarenakan adanya tugas yang diemban di Universitas Jenderal Soedirman.
Dengan ditutupnya masa penunjukkan dan berdasarkan hasil rapat Senat tanggal 9 Juni 2021 serta sesuai petunjuk Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi pada audiensi tanggal 10 Mei 2021, maka Senat telah memohon arahan dan petunjuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Jakarta terkait langkah selanjutnya setelah masa penunjukkan usai dan hanya terdapat 3 (tiga) bakal calon.

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini47
Minggu Ini4525
Bulan Ini19992
Total1404660

IP Anda : 35.172.223.30 24 Juli 2021
Powered by CoalaWeb