Penandatanganan MoU antara Unmus dan Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi

MOU20201s

Pada hari Senin (9/11/2020), Bupati kabupaten Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu didampingi oleh istri serta kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi Dra. Maria Goreti Letsoin, M.Pd menyambangi Universitas Musamus. Kehadiran orang nomor satu Kabupaten Mappi di Unmus ini dalam rangka penandatanganan MoU antara Pemerintah Daerah Mappi dan Universitas Musamus tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi serta Peningkatan Sumber Daya Manusia. Acara berlangsung di ruang rapat Soter Nauce gedung rektorat lantai II dan dihadiri oleh sejumlah pimpinan Unmus.

MOU20202s

Dalam sambutannya Rektor Unmus menyampaikan tentang kondisi mahasiswa Mappi yang berjumlah sekitar 915 orang yang saat ini sedang mengikuti proses perkuliahan di Unmus serta kendala-kendala yang dihadapi dalam upaya peningkatan SDM secara khusus bagi Orang Asli Papua.

MOU20203s

Sementara itu, Bupati Mappi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pihak Unmus. Disampaikan pula bahwa untuk menyiapkan sumber daya manusia pasti membutuhkan waktu serta berbagai promblem oleh karenanya Pemerintah Daerah Mappi berkomitmen akan terus berupaya untuk menyelesaikan berbagai kendala yang selama ini terjadi. Selain Unmus, Pemda Mappi juga telah membuat kesepakatan kerjasama dengan Universitas yang lain yang bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia dalam rangka mengisi kebutuhan yang saat ini sangat diperlukan seperti tenaga kesehatan dan guru.

MOU20204s

Dengan ditandatanganinya MoU ini diharapkan kemudian dapat berjalan dengan baik sebagai bentuk langkah kongkrit dalam rangka mempersiapkan SDM masyarakat Mappi menghadapi perkembangan teknologi saat ini.

MOU20205S

 

Wisuda Angkatan X Gelombang 2

wisuda2020201m

Pelaksanaan wisuda Program Sarjana Jenjang Strata Satu (S1) Universitas Musamus Angkatan X Gelombang II Tahun Akademik 2019/2020 dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 24 Oktober 2020 berpusat di halaman Gedung Rektorat Kampus Unmus. Acara wisuda ini berlangsung dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan wisuda dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan antara lain wajib menggunakan masker, memasuki bilik disinfektan, melakukan pemeriksaan suhu tubuh serta membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer yang disiapkan panitia. Setelah itu, para wisudawan dipersilahkan melakukan registrasi melalui barcode yang telah disematkan pada jubah wisudawan sebelum menuju tempat duduk yang telah disiapkan. Untuk tetap menjaga jarak maka kursi yang disiapkan bagi setiap wisudawan hanya tiga kursi yakni satu untuk wisudawan dan dua bagi orang tua atau yang mendampingi, jumlah ini sama ketika memasuki areal kampus dimana setiap wisudawan dibatasi hanya membawa dua orang anggota keluarga atau pendamping.

wisuda2020202m

Jadwal acara pun disusun secara sederhana diawali dengan prosesi Senat menempati podium dan dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, serta lagu Mars Universitas Musamus yang dinyanyikan secara berturut-turut, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Pastor A. Miler Senduk, MSC. Acara wisuda dibuka oleh Rektor Unmus, Prof. Dr. Philipus Betaubun, M.T sekaligus memberikan sambutan yang dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor tentang kelulusan dimana semua wisudawan dianggap telah memenuhi segala peraturan akademik yang berlaku di Universitas Musamus. Adapun jumlah wisudawan sebanyak 446 orang dengan rincian  sebagai berikut :

1. Fakultas Teknik      : 107 orang

2. Fakultas Pertanian :  34 orang

3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis   : 101 orang

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan  :  117 orang

5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik   :  41 orang

6. Fakultas Hukum  :  46 orang

 wisuda2020203m

Dari jumlah tersebut 58 orang dinyatakan lulus dengan Predikat Pujian karena menempuh masa studi  paling lambat 4,5 tahun atau 9 semester dengan IPK lebih besar atau sama dengan 3,51 serta tidak terdapat mata kuliah bernilai C. Wisudawan dengan Predikat Pujian tersebut berasal dari Fakultas Teknik 8 orang, Fakultas Pertanian 6 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 5 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 10 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 13 orang dan Fakultas Hukum 16 orang. Sementara yang mendapatkan predikat Lulusan Terbaik sebanyak 10 orang masing-masing berasal dari Fakultas Teknik 4 orang, Fakultas Pertanian 2 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2 orang dan Fakultas Hukum 2 orang.

wisuda2020204m

Setelah pembacaan SK Kelulusan dilanjutkan dengan pembacaan Janji Wisudawan oleh perwakilan wisudawan, selanjutnya Rektor membacakan naskah pelantikan sekaligus melepas alumni untuk berkarya di masyarakat. Kepada para alumni Rektor berpesan agar senantiasa menjaga nama baik almamater dimanapun mereka berada dan berkarya nantinya.

wisuda2020205m

Acara wisuda diakhiri dengan prosesi penyerahan ijazah oleh Dekan masing-masing Fakultas dan pemindahan tali toga oleh Rektor. Hal yang unik dari wisuda kali ini adalah ketika menerima ijazah dan pemindahan tali toga, wisudawan didampingi oleh orang tua atau pendamping untuk naik ke podium secara tertib dan tetap menjaga jarak sesuai arahan dari panitia penyelenggara. Setelah prosesi dari podium selanjutnya para wisudawan dan orang tua atau pendamping langsung dipersilahkan meninggalkan lokasi wisuda.

wisuda2020206m

Selamat dan sukses kepada para wisudawan, semoga ilmu yang telah diperoleh selama masa perkuliahan dapat bermanfaat dan di implementasikan dalam kehidupan ditengah masyarakat.

 

 

 

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji / Jabatan di Lingkungan Universitas Musamus

Pelantikan 1

Pada hari Selasa, 13 Oktober 2020 bertempat di Gedung PKM Universitas Musamus, Rektor Unmus Prof. Dr. Philipus Betaubun, M.T melantik dan mengambil sumpah janji/jabatan terhadap sejumlah pimpinan Unmus. Acara pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan dengan dihadiri oleh unsur Pimpinan Unmus, Rohaniawan, serta anggota keluarga pejabat yang dilantik.

Pelantikan 2

Ketika memberikan sambutan, Rektor Unmus menyampaikan bahwa masalah mutasi adalah hal yang biasa dalam setiap lembaga, yang terpenting adalah pejabat yang dilantik agar tetap memperhatikan tugas dan fungsi masing-masing supaya setiap kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Pelantikan 3

Acara ini diawali dengan penyerahan Keputusan Rektor tentang pemberhentian dari jabatan terhadap :
1. Kepala Sub Bagian Kerjasama pada Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama : Musdalifah, S.Kom
2. Kepala Sub Bagian Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa pada Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama : Dr. A.P. Yohanis Endes Teturan, S.Sos., M.Si
3. Kepala Sub Rumah Tangga dan Bagian Barang Milik Negara pada Biro Umum, Perencanaan dan keuangan : Ferdinandus Lewa, S.Sos

Dilanjutkan dengan penyerahan Keputusan Rektor tentang pengangkatan sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis, Ketua Program Studi, Kepala Sub Bagian, dan Koordinator Pusat di lingkungan Unmus yaitu :
1. Sri Winarsih, S.Pd., M.Pd sebagai Kepala UPT Bahasa;
2. Dr. A.P. Yohanis Endes Teturan, S.Sos., M.Si sebagai Ketua Program Studi Administrasi Publik Program Magister FISIP;
3. Musdalifah, S.Kom sebagai Kepala Sub Bagian Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa pada Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama;
4. Ferdinandus Lewa, S.Sos sebagai Kepala Sub bagian Kerjasama pada Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama;
5. Agustinus Pieter Adrian Honoratus Tallaubun, S.E sebagai Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Barang Milik Negara pada Biro Umum, Perencanaan dan Keuangan;
6. Dr. Chalvin Silasa Pakidi sebagai Koordinator Pusat Inovasi pada LP2M;
7. Pulung Riyanto, S.Pd., M.Pd sebagai Koordinator Pusat Pengembangan Jurnal pada LP2M;
8. Tarsisius Kana, S.E., M.Si sebagai Koordinator Pusat Pengembangan kewirausahaan pada LP2M;
9. Yudhistira Kuncoro Adi, S.P., M.P sebagai Koordinator Pusat Dokumentasi dan Percetakan pada LP2M.

Pelantikan 4

Setelah penyerahan Keputusan Rektor, acara dilanjutkan dengan pembacaan naskah pelantikan, pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan, serta penandatanganan berita acara serahterima jabatan yang disaksikan oleh Ketua LP2M Drs. Jayadi, M.T dan Kepala BUPK Gerzon J. Maulany, S.T., M.T.

Pelantikan 5

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Musamus Tahun 2020

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)
Universitas Musamus
Tahun 2020

 

c_200_200_16777215_00_images_2020_PKKMB2020_PKKMB2020_a.jpg

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Musamus tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena dilaksanakan disaat pandemi Covid-19 yang sampai sekarang  masih belum mereda sehingga acara PKKMB tahun ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti cek suhu tubuh, cuci tangan dan penyemprotan desinfektan. Kegiatan PKKMB berlangsung selama 4 hari yaitu tanggal 21-24 September 2020 bertempat di area lapangan Universitas Musamus.

Untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dan menjaga aturan maka peserta PKKMB tahun ini menggunakan atribut PKKMB secara bergantian yakni :

      1. Hari Pertama    :   Pakaian Hitam Putih

      2. Hari Kedua       :   Baju Merah

      3. Hari Ketiga       :   Baju Putih

      4. Hari Keempat   :   Baju Batik Nusantara

Untuk atribut lainnya tidak diperkenankan dibawa kecuali tas dan papan nama untuk menunjukan identitas mahasiswa tersebut.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan PKKMB tahun ini berjumlah 1.851 orang dengan rincian sebagai berikut :

     1.  Fakultas Teknik : 383 orang

     2.  Fakultas Ekonomi dan Bisnis : 413 orang

     3.  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : 160 orang

     4.  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : 549 orang

     5.  Fakultas Pertanian : 197 orang

     6.  Fakultas Hukum : 149 orang

Acara PKKMB tahun 2020 mengambil tema “Dari Ufuk Timur Indonesia Bersatu, Berkarya, Bersinergi Membangun Bangsa Dalam Tatanan Kehidupan Baru”. Tema ini dibawa kepada logo PKKMB yang berisi :

logo PKKMB

    -  Ekor burung warna warni : Melambangkan fakultas yang ada di unmus

    -  Lambang Musamus : Menandakan tempat dimana kegiatan berlangsung yakni di Unmus

    -  2020 : Melambangkan tahun pelaksanaan PKKMB tahun berjalan yakni tahun 2020

    -  Lingkaran coklat putus-putus : Menandakan perbatasan

    -  Peta Indonesia : Melambangkan persatuan yang harus dijaga didalam lingkaran perbatasan

    -  Tangan mengepal dengan berbagai warna fakultas : Melambangkan semangat bersama dari seluruh sivitas Unmus

Hari pertama kegiatan tanggal 21 September 2020 dengan Wawasan Kebangsaan yang disampaikan langsung oleh Komandan Korem 174/ATW Merauke yang diwakili oleh Kasi Intel Korem 174/Anim Ti Waninggap Kolonel Infantri Enjang, S.I.P.

Acara PKKMB tahun ini juga dirangkai dengan acara Webinar sekaligus pembukaan PKKMB Universitas Musamus dan Universitas Borneo Tarakan, dengan rangkaian acara yakni :

     -  Laporan pelaksanaan kegiatan oleh Rektor Unmus selaku Ketua Pokja Pembangunan Kawasan Perbatasan (Prof. Dr. Philipus Betaubun, S.T., M.T)

     -  Sambutan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nadiem A. Makarim, B.A., M.B.A)

     -  Arahan sekaligus membuka acara webinar oleh Wakil Menteri Pertahanan (Ir. Sakti Wahyu Trenggono)

     -  Keynote speaker sekaligus meresmikan acara PKKMB Unmus dan UBT oleh Ketua Forum Rektor Indonesia (Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si)

     -  Pemateri utama webinar oleh : Rektor Universitas Pertahanan (Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.t., M.Sc., D.E.S.D., CIQnR., CIQar)

PKKMB2020 b

PKKMB2020 c

Acara pembukaan PKKMB dan webinar dihadiri oleh perwakilan Danrem 174/ATW, Danlantamal XI, Danlanud dan Kapolres serta semua unsur pimpinan Universitas Musamus mulai dari Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Lembaga, Sekertaris Lembaga, Kepala Biro dan Kepala UPT.

Pada hari kedua tanggal 22 September 2020 materi diisi oleh Kapolres Merauke yang memberikan materi tentang Situasi Kamtibmas yang dilakukan secara Daring, dilanjutkan materi oleh.Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E.,M.Si selaku Ketua Satgas Covid 19 Kabupaten Merauke menyampaikan materi penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Merauke.

PKKMB2020 d

Bupati Merauke berpesan kepada para mahasiswa baru untuk selalu menjaga kesehatan dan imun tubuh agar terhindar dari bahaya Covid-19. Mereka harus menjadi baris terdepan dalam upaya menanggulangi dampak penyebaran virus tersebut.

PKKMB2020 e

Hari berikutnya, yaitu hari ke-3 tanggal 23 September 2020 kegiatan PKKMB diisi oleh tim dari fakultas masing-masing yang dilaksanakan di beberapa tempat diantaranya Gedung PKM, Aula Fakultas Pertanian dan ruang kelas Fakultas Teknik selain lapangan utama untuk menampung jumlah peserta yang memiliki peserta banyak. Dimana pada materi ini ditujukan kepada pengenalan proses kegiatan di Fakultas dan Jurusan menyangkut perkenalan unsur pimpinan, dosen dan staf, dilanjutkan dengan penjelasan mengenai registrasi, perkuliahan hingga pada etika mahasiswa.

PKKMB2020 f

Di hari terakhir tanggal 24 September 2020, materi diisi oleh Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si melalui daring tentang Bela Negara. Selanjutnya materi diisi oleh Rektor tentang perkembangan Universitas Musamus dan materi terakhir diisi oleh BAKK Universitas Musamus yang menyampaikan tentang tata cara registrasi, proses mendapatkan beasiswa dan informasi akademik lainnya. Acara dilanjutkan dengan upacara penutupan PKKMB oleh Rektor Universitas Musamus yang sekaligus menerima secara resmi calon mahasiswa sebagai mahasiswa Universitas Musamus tahun akademik 2020/2021. Pada acara penutupan PKKMB setiap peserta diharuskan memakai batik nusantara dengan masing-masing ornamen kedaerahan yang dimiliki, selain itu diakhir acara penutupan PKKMB masing-masing daerah menampilkan lagu-lagu daerah sebagai wujud cinta budaya, cinta Indonesia dan cinta Kebhinekaan yang ada, ini sekaligus tetap menjaga ciri PKKMB Universitas Musamus yang selalu menampilkan atraksi tarian daerah setiap tahunnya namun tidak dapat dilaksanakan pada tahun ini akibat pandemic Covid-19.

PKKMB2020 g

Secara keseluruhan acara PKKMB tahun 2020 berjalan dengan lancar walaupun disaat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, namun dengan protokol Kesehatan yang ketat serta kesadaran dari semua mahasiswa dan panitia sehingga acara PKKMB dapat berlangsung dengan baik.

Selamat bergabung Animha Muda, selamat menempuh studi di Universitas Musamus.

 

 

Hari kedua pelaksanaan ujian tertulis berbasis komputer

utbkB2020a

Hari kedua pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Musamus berlangsung pada hari Senin, 06 Juli 2020 jam 14.15 WIT sampai dengan jam 16.15 WIT. Sebagaimana pada hari pertama, pelaksanaan di hari kedua ini panitia telah menyiapkan protokol pelaksanaan dalam kondisi pandemi Covid-19. Protokol tersebut meliputi protokol sebelum pelaksanaan ujian, pada pelaksanaan ujian serta pasca pelaksanaan ujian.

utbkB2020b

Sebelum pelaksanaan ujian, seluruh peserta diharuskan mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan di depan pintu ruangan ujian, pembersihan tangan dengan sanitizer, pemeriksaan suhu tubuh dengan infrared, dan wajib menggunakan masker. Setiap peserta diberikan sarung tangan sebelum memasuki ruang ujian.

utbkB2020c

Kegiatan ujian dihari kedua ini diikuti oleh 141 peserta untuk bidang saintek maupun soshum. Selama pelaksanaan ujian baik pada hari pertama maupun hari kedua, tidak terjadi hal-hal yang mengganggu proses ujian sehingga seluruh peserta dapat mengikuti ujian dengan baik.

utbkB2020d

utbkB2020e

utbkB2020f

 

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini431
Minggu Ini3210
Bulan Ini10555
Total1440088

IP Anda : 3.236.16.13 17 September 2021
Powered by CoalaWeb