Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) LTMPT Sesi I Universitas Musamus

utbk2020a

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri tahun akademik 2020/2021, khusus di Universitas Musamus dilaksanakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) LTMPT Sesi I pada hari Minggu tanggal 5 Juli 2020 mulai pukul 09.00 – 11.15 WIT.

utbk2020b

Sebelum pelaksanaan ujian diterapkan standar protokol pencegahan Covid-19 yaitu peserta memasuki bilik penyemprotan desinfektan lalu pengecekan suhu tubuh. Peserta ujian wajib memakai masker dan cuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan sebelum memasuki ruangan ujian. Panitia juga membagikan sarung tangan kepada para peserta.

utbk2020c

Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) LTMPT Sesi I di Universitas Musamus diikuti oleh 240 peserta dengan jumlah ruang ujian sebanyak 10 ruang, yaitu :

  1.  Lab Informatika 1
  2.  Lab Informatika 2
  3.  Lab Jaringan Komputer
  4.  Lab Sipil
  5.  Lab Bahasa dan Multimedia
  6.  Lab Arsitek
  7.  Lab Mesin Elektro
  8.  Aula Gereja Filipi 1
  9.  Aula Gereja ST. Mikael
  10. Aula Masjid Al-Ta’lim

Kapasitas peserta dalam ruang ujian antara 15-40 peserta yang diawasi oleh 2 orang pengawas ruang ujian dan 1 orang penanggung jawab lokasi ujian.

utbk2020d

Seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN dilaksanakan secara serentak oleh semua perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Universitas Musamus sendiri memiliki 27 Program Studi yang membuka penerimaan mahasiswa baru terdiri dari 15 Program Studi bidang Saintek dan 12 Program Studi untuk bidang Soshum.

utbk2020e

Ujian pada Sesi I berjalan dengan lancar sampai dengan selesai. Untuk sesi 7 akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 6 Juli 2020 mulai pukul 14.00-16.15 WIT dengan tetap menerapkan standar protokol pencegahan Covid-19.

Kunjungan Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap ke universitas Musamus

kunjungan1 a

Pada hari Jum’at, 19 Juni 2020, Komandan Korem 174/ Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Kodam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bangun Nawoko didampingi Kasi Teritorial Korem 174/ATW Kolonel Inf. Feksi Demunri Angi serta Dandim 1707/Merauke Letkol. Inf. Eka Ganta Chandra mengunjungi sekaligus bersilaturahmi dengan jajaran pimpinan Universitas Musamus bertempat di Ruang Rapat Soter Nautje Gedung Rektorat Universitas Musamus Merauke.

kunjungan2 a

Kedatangan Danrem 174/ATW Brigjen TNI Bangun Nawoko beserta rombongan disambut langsung oleh Prof. Dr. Philipus Betaubun, M.T selaku Rektor Universitas Musamus beserta jajaran dengan penuh rasa kekeluargaan.

kunjungan3 a

Dalam kesempatan tersebut Rektor Univesitas Musamus, Prof. Dr. Philipus Betaubun, M.T menyampaikan bahwa selama ini kedua institusi telah melakukan kerja sama dan pembinaan terhadap mahasiswa dan para staf di lingkungan Universitas Musamus. “Dengan adanya pergantian Danrem 174/Merauke, kerja sama ini tetap dapat berjalan. Danrem boleh ganti tapi kerja sama tetap berlanjut,” harapnya.

Danrem 174/ATW Brigjen TNI Bangun Nawoko juga menyampaikan terima kasih atas sambutan baik dari Universitas Musamus dan merupakan suatu kehormatan sebagai warga baru disini. “Saya harap kerja sama kita tetap berjalan sebagaimana mestinya.” Ucap Danrem 174/ATW.

Di akhir kunjungan, Danrem 174/ATW Brigjen TNI Bangun Nawoko melakukan foto bersama sebagai wujud sinergitas kebersamaan dalam membangun sumber daya manusia di wilayah Papua Selatan.

kunjungan4 a

Webinar Universitas Musamus 2020

Untuk pertama kalinya, Universitas Musamus (UNMUS) mengadakan seminar berbasis web (webinar) dengan tema Kolaborasi Akademisi dan Pemerintah Dalam Mempersiapkan Era New Normal Life di Masa Pandemi COVID-19. . Webinar ini merupakan kolaborasi Akademisi dan pemerintah, dengan narasumber antara lain Prof. Panut Mulyono, M. Eng, D.Eng, IPU, ASEAN Eng (Rektor Universitas Gajahmada), Prof. Dr. Dwia A.T. Palubuhu, M.A (Rektor Universitas Hasanudin), Frederikus Gebze, S.E., M.Si, (Bupati Kab. Merauke), Dr. H. Andi F.M Padjalangi, M.Si (Bupati Kab. Bone), Drs. Fitriani, S.Kom., M.Si (Dekan FISIP Unmus) serta Dr. Drs. Hardi Warsono, M.T.P (Dekan FISIP UNDIP). Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2020 pukul 10.00 – 12.30 WIT dengan dimoderatori oleh Dr. AP. Edoardus E. Maturbongs,S.Sos., MSi. Rektor Universitas Musamus, Prof. Dr. Philipus Betaubun, MT memberikan sambutan dalam pembukaan seminar.

webinar 1 a

webinar 2 a

Dalam seminar ini, Prof. Panut Mulyono, M.Eng, D.Eng menyampaikan perlu adanya Kerjasama antara pemerintah dan akademisi untuk Menyusun kebijakan-kebijakan yang tepat khususnya dalam bidang ketahanan Sosial Ekonomi, Bidang Ketahanan Pangan, BIdang Penguatan Desa, serta Bidang Ketahanan Industri Kecil dan Menengah dalam mempersiapkan New Normal Life. Prof. Dr. Dwia A.T menyampaikan agar Pemerintah perlu mengambil keputusan yang efisien dan tepat, Langkah pertama bisa dilakukan dengan edukasi kepada masyarakat bahwa mencegah itu lebih baik. Dr. Drs.Hardi Warsono menyampaikan tentang Syarat-syarat yang harus dipenuhi jika New Normal Life akan diterapkan di tengah-tengah masyarakat, Dr. Fitriani menyampaikan tentang pentingnya kolaborasi antara pemerintah, akademisi swasta, masyarakat dan media untuk mewujudkan new normal yang sesuai.

webinar 3 a

 

webinar 4 a

Sementara itu Bupati Kabupaten Merauke, Frederikus Gebze, S.E., M.Si menyampaikan pentingnya Sinkronisasi atau sinergitas antara Pemerintah dan Akademisi diperlukan untuk hasil yang lebih baik. Dr. H. Andi F.M Padjalangi (Bupati Kabupaten Bone), menyampaikan agar Protokoler Kesehatan menjadi disiplin utama dalam penanganan pandemi.

Pneyerahan SK Program S2 Jurusan Administrasi Publik Unmus

Pada hari kamis, tanggal 30 Januari 2020 menjadi sejarah baru bagi Universitas Musamus Merauke karena  pada tanggal tersebut, Rektor Unmus Prof. Dr. Philipus Betaubun, MT menyerahkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 71/M/2020 tentang izin pembukaan Program Studi Administrasi Publik Program Magister kepada Dekan FISIP, Dr. Fitriani, S.Kom., M.Si yang didampingi oleh Wakil Dekan Fisip, Dr. Alexander Phuk Tjilen., SE., M.Si.

S2 AP 1

Penyerahan SK tersebut berlangsung di ruang rapat Souter Nautje Lantai II Gedung Rektorat Universitas Musamus, dengan disaksikan oleh seluruh Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmus, dan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan. Rektor Unmus ketika menyerahkan SK juga memberikan arahan-arahan untuk pelaksanaan program tersebut diantaranya melalui kegiatan promosi baik kepada Pemda Merauke maupun kepada masyarakat umum lulusan S1 yang telah terakreditasi.

S2 AP 2

Rencana penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan pada semester ganjil dan genap setiap tahun akademik, khusus untuk semester genap tahun akademik 2019 / 2020, penerimaan akan dilaksanakan pada akhir bulan Februari  2020.

Kuliah Umum Bank Indonesia

BI KU 1 

Bank Indonesia selaku pemberi bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang dikenal dengan nama GenBI (generasi Bank Indonesia) melakukan kuliah umum di Universitas Musamus dengan tema : Peran Bank Indonesia Dalam Perekonomian Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Senin, 27 Januari 2020 di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Musamus, dengan narasumber Bapak Naek Tigor Sinaga selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, dan dimoderatori oleh Ibu Norce Mote, S.Si., M.Si.

BI KU 2

Acara ini dibuka oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Fransiskus X. Manggau, S.Kom., M.T. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapannya kedepan untuk Bank Indonesia dapat membantu untuk membina kewirausahaan bagi para mahasiswa di Universitas Musamus.

 BI KU 3

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua dalam pemaparan materinya langsung merespon apa yang diharapkan oleh Unmus dimana saat ini sedang dibangun pusat wirausaha Unmus, sehingga diharapkan pada saat peresmian bagunan-bangunan tersebut pihak BI juga diundang sehingga dapat dibuat MoU tentang kerjasama untuk pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa Unmus. Beliau juga memperkenalkan beberapa jenis uang elektronik yang sudah digunakan di Indonesia dan mendorong para mahasiswa untuk mulai menggunakan uang elektronik. Pada tahun ini, sebanyak 50 mahasiswa mendapatkan beasiswa dari Bank Inodnesia, Mahasiswa-mahasiswa tersebut berasal dari berbagai jurusan yang berbeda dari 6 Fakultas yang ada di Unmus.

BI KU 4

Selain kuliah umum, acara tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan program sosial Bank Indonesia berupa BI Corner dari Bank Indonesia kepada Unmus serta penyerahan kepengurusan GenBI Papua Komisariat Merauke dari kepengurusan yang lama kepada kepengurusan yang baru dengan ketuanya Wisnu Ilham Mahmudi dari Fakultas Pertanian.

BI KU 5

 

  • Pengumuman

  • Panduan

  • Brosur

  • Lelang

  • Download

Kontak Kami

Pengunjung

Hari Ini435
Minggu Ini3214
Bulan Ini10559
Total1440092

IP Anda : 3.236.16.13 17 September 2021
Powered by CoalaWeb