Kerja Sama Universitas Musamus Dengan Pukyong University (PKNU) Busan, Korea Selatan

Kerja Sama Universitas Musamus Dengan Pukyong University (PKNU) Busan, Korea Selatan

Universitas Nusa Cendana (Undana), Universitas Cendrawasih (Uncen), dan Universitas Musamus (Unmus) menjalin kerja sama dengan Pukyong University (PKNU) Busan, Korea Selatan untuk mewujudkan pendidikan yang inovatif. Penandatanganan naskah kerja sama akademik dilakukan oleh pimpinan empat universitas di PKNU, Busan pada tanggal 15 November 2023 yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama dan Alumni Yosehi Mekiuw, S.P., M.Sc

Kerja sama akademik ini bertujuan untuk mengembangkan jaringan para pihak dengan koneksi nyata untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sains-teknologi, dan internasionalisasi. Para pihak sepakat untuk mendorong kerja sama akademik melalui kegiatan-kegiatan seperti menjalin hubungan persahabatan dan kerja sama, mempromosikan saling pengertian, kolaborasi akademik, serta pertukaran budaya dan personil (mahasiswa, sarjana, dan peneliti). Dalam naskah kerja sama akademik tersebut, para pihak berupaya untuk membangun kemitraan kerja sama yang solid melalui kerja sama internasional di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya, serta berkontribusi pada pencapaian pembangunan berkelanjutan dari semua pihak yang bergabung dalam perjanjian ini.

Meskipun tidak ada komitmen yang dibuat oleh para pihak yang mengikat institusi, para pihak menandatangani perjanjian ini sebagai pengakuan atas kepentingan bersama dan sebagai tanda niat baik mereka. Perjanjian ini akan berlaku efektif pada tanggal penandatanganan selama tiga tahun. Revisi atau pembaruan perjanjian ini tunduk pada persetujuan bersama dari para pihak.

Setelah penandatanganan naskah kerja sama akademik, Yukon Creative, sebuah perusahaan produksi konten konvergensi teknologi berbasis pengetahuan, menyelenggarakan acara penyambutan untuk ketiga Rektor dari PTN Indonesia Timur di Jongno Tower di Jongno-gu, Seoul, pada tanggal 16 dan 17 November 2023. Pada acara penyambutan, Yukon Creative memperkenalkan platform pembelajaran berbasis pengalaman virtual Metaverse "Korean Together". Korean Together adalah layanan AI penghasil pengetahuan dengan dukungan solusi AI-LMS (Sistem Manajemen Pembelajaran Kecerdasan Buatan) yang dipersonalisasi, dikembangkan untuk orang asing yang ingin belajar bahasa Korea.

CEO Yukon Creative, Kang Jong-jin, menyatakan bahwa platform dan konten pembelajaran kurikulum berbasis teknologi AI akan memimpin pasar buku teks digital di masa depan. Hal ini akan memungkinkan kita untuk melampaui ruang dan waktu serta menutup kesenjangan pendidikan global. Selain itu, kerja sama akademik antara Undana, Uncen, Unmus, dan PKNU Busan diharapkan memperkuat kualitas pendidikan dan perkembangan sumber daya manusia di masing-masing negara untuk mencapai kesejahteraan dan kemajuan global yang lebih baik di masa depan.

 

Penulis : Ur Atek Kiaf Yolmen.

Information

UNIVERSITAS MUSAMUS

Jalan Kamizaun Mopah Lama Merauke 99611

Telepon 0971-325923 Faksimile 0971-325976

Email: info@unmus.ac.id

 

Satgas PPKS Unmus

📞085244737222 / 081248114990

VISITOR

Indonesia 90.3% Indonesia
United States 4.7% United States

Total:

87

Countries
042722
Today: 8
Yesterday: 134
This Week: 288
Last Week: 818
This Month: 2,022
Last Month: 1,423
Total: 42,722