PELEPASAN PESERTA PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 3

PELEPASAN PESERTA PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 3

Universitas Musamus (Unmus) menggelar pembekalan sekaligus pelepasan mahasiswa yang telah lulus seleksi untuk mewakili Unmus pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 (PMM 3). Acara pembekalan dan pelepasan berlangsung di room Swiss-bellHotel Merauke pada Sabtu (12/8/23). PMM merupakan program Kemendikbudristek yang memungkinkan mahasiswa mengikuti perkuliahan selama satu semester di perguruan tinggi di luar klaster pulau.

Sama halnya dengan PMM sebelumnya, program PMM tahun 2023 (PMM 3) merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester (6 bulan) untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Koordinator program PMM 3 Outbond Unmus Haryanto, S.T., M.T dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah  peserta program PMM3 outbond Unmus kali ini sebanyak 99 mahasiswa dan akan tersebar pada 30 Universitas tujuan, yakni Universitas di pulau Jawa sebanyak 72 mahasiswa, di pulau Sumatera sebanyak 13 mahasiswa, di pulau Bali ada 3 mahasiswa, dan di pulau Sulawesi sebanyak 5 mahasiswa.  Jumlah peserta program PMM 3 outbond Unmus tahun ini sedikit mengalami penurunan jika dibandingkan dengan jumlah peserta PMM 2 tahun 2022.

Menyikapi itu, Rektor dalam sambutannya meminta kepada para Dekan dan setiap jurusan agar memberikan pendampingan terhadap mahasiswa yang hendak mendaftar untuk mengikuti program tersebut.  Kepada para mahasiswa yang lulus seleksi program PMM 3 Rektor berpesan agar menjaga nama baik almamater dimana saja berada.

‘Terakhir saya berpesan Jaga nama baik almamater. Menjaga nama baik almamamater bukan hanya sekedar mengatakan bahwa saya mahasiswa musamus tetapi dengan menjaga kualitas diri, kualitas pergaulan, agar kita memberikan pesan kepada teman-teman mahasiswa lain bahwa mahasiswa Universitas Musamus juga patut untuk diapresiasi’ ujar beliau.

Rektor mengatakan bahwa menurutnya ‘program PMM merupakan program yang sangat luar biasa supaya kita bisa berkembang, kita mendapatkan wawasan baru diluar Papua sehingga pikiran kita menjadi lebih terbuka dengan challenge baru serta da kesempatan untuk kita bisa belajar disana’.

Setelah memberikan sambutan, Rektor kemudian melakukan pelepasan mahasiswa program PMM 3 dengan ditandai pemukulan tifa serta penyematan secara simbolis jas Almamater kepada peserta yang telah ditunjuk.

Kegiatan ini berjalan dengan aman dan tertib hingga usainya. Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II, Dekan, Koordinator program PMM 3 Outbond Unmus, serta Panitia PMM Unmus. 

Penulis : P. Herwawan

Information

UNIVERSITAS MUSAMUS

Jalan Kamizaun Mopah Lama Merauke 99611

Telepon 0971-325923 Faksimile 0971-325976

Email: info@unmus.ac.id

 

Satgas PPKS Unmus

📞085244737222 / 081248114990

VISITOR

Indonesia 91.6% Indonesia
United States 4.2% United States

Total:

64

Countries
031372
Today: 29
Yesterday: 87
This Week: 116
Last Week: 433
This Month: 161
Last Month: 3,833
Total: 31,372