SOSIALISASI BPJS KESEHATAN DAN PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA; BERPISAH SEMENTARA, BERMAKNA SELAMANYA

SOSIALISASI BPJS KESEHATAN DAN PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA; BERPISAH SEMENTARA, BERMAKNA SELAMANYA

Bertempat di Aula Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Musamus telah dilaksanakan Sosialisasi BPJS Kesehatan dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Acara ini terselenggara pada hari Kamis-Jumat, 19-20 Mei 2022.

Kegiatan sosialisasi BPJS kesehatan ini merupakan kegiatan yang tertunda dimana telah dibicarakan sebelumnya antara pimpinan kedua instansi dan sementara dicari waktu untuk dilaksanakan namun berjalannya waktu ada tuntutan persyaratan bahwa peserta program PMM wajib memiliki kartu BPJS kesehatan maka hari ini kedua kegiatan tersebut dilaksanakan agar para mahasiswa yang mendaftar untuk program PMM nantinya tidak kesulitan.

Rektor Unmus, Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A dalam sambutannya ketika membuka acara menghimbau kepada para mahasiswa agar terlibat dalam program PMM. Menurutnya ini merupkan kesempatan yang sangat baik bukan hanya dari segi akademiknya karena mahasiswa yang ikut program ini akan menghadapi challenge sehingga mahasiswa bisa mengikuti perubahan-perubahan jaman dengan tuntutan yang keras dan lebih tinggi

'Pemerintah telah mengupayakan melalui kebijakan ini agar mahasiswa-mahasiswa kita ini memiliki standar wawasan yang sama dan kompetensi yang sama. Mahasiswa yang berminat mengikuti program PMM tidak perlu kuatir karena program ini sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah sehingga mahasiswa sama sekali tidak mengeluarkan biaya' ungkap Rektor.

'Program PMM ini nantinya akan berjalan selama 6 bulan yaitu Agustus-Desember dan Unmus nantinya selain mengirim mahasiswa keluar akan tetapi juga menerima mahasiswa yang datang ke Unmus oleh karena itu beberapa kamar Hotel Universitas Musamus dipersiapkan untuk digunakan oleh para mahasiswa dari luar yang datang ke Unmus. Saat ini sudah 271 mahasiswa Unmus yang mendaftarkan diri untuk mengikuti program PMM. Ini diharapkan masih akan bertambah. Bertukar sementara, bermakna selamanya', ujar Rektor memberi motivasi kepada peserta.

Pada kesempatan yang sama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Ahmad Sainudin dalam sambutannya menghimbau agar kepesertaan BPJS kesehatan tidak dipandang sebagai sebuah persyaratan kita sebagai warga negara, tetapi lebih kepada perlindungan sosial kita bagi seluruh rakyat yang ada di negara kita ini. Inilah sistem perlindungan yang paling pas saat ini di negara kita. Kalau kita bandingkan dengan negara lain, inilah jumlah populasi peserta terbesar di seluruh dunia adalah peserta JKN. Setelah sambutan Rektor Unmus dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, acara dilanjutkan dengan sosialisasi program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang disampaikan oleh duta PMM dan materi tentang program BPJS kesehatan yang disampaikan oleh tim dari BPJS Kesehatan Cabang Merauke.

Hadir pada acara tersebur Rektor Unmus beserta sejumlah Pimpinan Unmus, Ketua BPJS Cabang Merauke beserta tim BPJS dan Mahasiswa Unmus. acara ini dapat terlaksana dengan baik.

Penulis : P. Herwawan

Information

UNIVERSITAS MUSAMUS

Jalan Kamizaun Mopah Lama Merauke 99611

Telepon 0971-325923 Faksimile 0971-325976

Email: info@unmus.ac.id

 

Satgas PPKS Unmus

­čô×085244737222 / 081248114990

VISITOR

Indonesia 90.9% Indonesia
United States 4.6% United States

Total:

71

Countries
037357
Today: 26
Yesterday: 102
This Week: 128
Last Week: 631
This Month: 389
Last Month: 3,229
Total: 37,357