Gelar Wisuda Angkatan XIII Gelombang II, Rektor Unmus: Jumlah Lulusan Unmus Terus Mengalami Peningkatan Yang Signifikan

Gelar Wisuda Angkatan XIII Gelombang II, Rektor Unmus: Jumlah Lulusan Unmus Terus Mengalami Peningkatan Yang Signifikan

Sebanyak 679 lulusan Program Sarjana dan 9 Lulusan Program Magister Universitas Musamus mengikuti Wisuda Angkatan XIII Gelombang II Tahun Akademik 2022/2023. Wisuda berlangsung di Ballroom Swiss-Belhotel Merauke, Papua Selatan pada hari Selasa, 27 Juni 2023. Wisuda dibuka oleh Ketua Senat Universitas Musamus, Dr. A.P Edoardus E. Maturbongs, M, Si.

Rektor Unmus Ketika memberikan sambutan menyampaikan bahwa sejak Desember 2021 sampai dengan hari ini jumlah lulusan yang diwisudakan oleh Unmus terus mengalami peningkatan secara signifikan.

Dikatakan bahwa “wisuda tahun 2021 Unmus berhasil meluluskan 625 lulusan, tahun 2022 meluluskan 850 lulusan, tahun 2023 untuk gelombang II, karena satu kami melaksanakan dua kali wisuda (Juni dan Desember) dan untuk kali ini sebanyak 688 lulusan”

“kenapa peningkatan yang sangat signifikan, karena kita mencoba untuk menata kembali tata kelola penyelenggaraan akademik dan pelayanan administrasi akademik”, lanjut Rektor.

Dijelaskan bahwa selama ini Unmus telah memberikan berbagai kebijakan longgar untuk membantu mahasiswa, misalnya kepada mahasiswa yang telah melewati masa studi dan tinggal menyelesaikan skripsinya hanya akan membayar 50% dari uang kuliah tunggal (UKT). Dalam rangka meningkatkan kualitas akademik maka pada tahun ini kebijakan longgar tersebut berakhir sampai pada wisuda saat ini. Oleh sebab itu kepada para orang tua Rektor mengingatkan bahwa bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan studinya di Unmus namun telah melewati masa studi maka akan diberlakukan Drop Out dan selanjutnya mereka dapat mengikuti kebijakan baru yaitu melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Sementara itu Pj. Gubernur Papua Selatan, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT dalam sambutannya mengatakan bahwa pengembangan sumber daya manusia dalam menghasilkan kompetensi kualitas dan kualifikasi yang tinggi sangat dibutuhkan di semua negara dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang handal. Oleh karena itu dunia pendidikan terutama PT harus menjadikan revolusi industri 4.0 sebagai dasar pengembangan kurikulum. Dikatakan bahwa “riset-riset dalam pengembangan materi pembelajaran, media-media pembelajaran dan teknologi pembelajaran sangat dibutuhkan untuk menginovasi, mengupgrade kapasitas dan kompetensi SDM kita”.

Pj. Gubernur Papua Selatan menjelaskan bahwa saat ini PT saling mengejar kompetensi yang tinggi, kualitas yang tinggu, kualifikasi yang tinggi bagi para lulusan. Kompetensi adalah ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan. Jika membaca Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan nasional kita itu ilmu pengetahuan teknologi berada pada tujuan nomor 2, keterampilan ada pada tujuan nomor 3, sedangkan tujuan utama dari sistim pendidikan nasional kita adalah menciptakan manusia Indonesia yang utuh, yaitu manusia yang memiliki tiga hal yakni, value education, knowledge education, skill education.

Dalam kesempatan wisuda ini turut memberikan Orasi Ilmiah adalah Prof. Dr. Mohd. Salleh Aman, Ph.D  dari Universitas Malaya, Malaysia yang berkenan membawakan orasi ilmiah dengan tema ‘Bagaimana menggapai sukses dalam hidup”, kunjungan ini bersamaan dengan dilaksanakannya Program Visiting Profesor di Universitas Musamus yang berlangsung selama seminggu dimana puncaknya adalah orasi ilmiah pada wisuda tersebut.

Adapun rincian wisudawan Angkatan XIII Gelombang II Tahun Akademik 2022/2023 terdiri dari Fakultas Teknik 217 lulusan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 150 Lulusan, Fakultas Pertanian 68 lulusan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 136 lulusan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  61 lulusan Sarjana 9 lulusan Program Magister dan Fakultas Hukum 46 lulusan. Dari jumlah tersebut lulusan dengan IPK tertinggi untuk program sarjana sebanyak 42 orang dan 6 orang untuk program magister.

Dari hasil pantauan di lokasi, acara upacara wisuda dihadiri oleh Penjabat Gubernur Papua Selatan, Bupati dan Wakil Bupati Merauke, Forkopimda Kabupaten Merauke, Rektor, Ketua dan Anggota Senat Universitas Musamus serta para wisudawan beserta orang tua hingga usainya acara dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Penulis : P. Herwawan

Information

UNIVERSITAS MUSAMUS

Jalan Kamizaun Mopah Lama Merauke 99611

Telepon 0971-325923 Faksimile 0971-325976

Email: info@unmus.ac.id

 

Satgas PPKS Unmus

📞085244737222 / 081248114990

VISITOR

Indonesia 90.1% Indonesia
United States 4.8% United States

Total:

89

Countries
053674
Today: 153
Yesterday: 132
This Week: 285
Last Week: 1,043
This Month: 2,558
Last Month: 3,236
Total: 53,674