KULIAH UMUM KEWIRAUSAHAAN

KULIAH UMUM KEWIRAUSAHAAN

Bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Musamus pada Jumat, 23 Februari 2024 telah berlangsung kuliah umum kewirausahaan dengan narasumber Director Of Academic and Business cooperation Universitas Prasetiya Mulya Jakarta, Dr. Parhimpunan Simatupang, M.BA., Ph.D dan sebagai moderator Florentina Blandina Parapaga.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan motifasi terhadap mahasiswa Unmus dalam memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip kewirausahaan di dunia nyata dan bagaimana menjadi wirausaha yang terdidik.

Dihadapan para mahasiswa dan peserta kuliah umum, Plh. Rektor, Yosehi Mekiuw, S.P., M.Sc melalui sambutannya saat membuka kegiatan menyampaikan harapannya agar materi yang akan disajikan oleh narasumber kiranya dapat disimak dengan baik karena dengan hadirnya daerah otonom baru yaitu Provinsi Papua Selatan maka peluang-peluang untuk menjadi wirausaha muda sudah begitu terbuka oleh karena itu peluang tersebut mestinya ditangkap oleh mahasiswa agar tidak hanya berpikir bahwa kelak akan menjadi seorang ASN tapi dalam diri para mahasiswa sudah terpikirkan untuk menjadi seorang entrepreneur.

“Sesuai dengan roadmap Kementerian bahwa kewirausahaan sekarang bukan hanya menjadi mata kuliah tetapi memang didorong untuk munculnya wirausaha-wirausaha muda. Dan kami berharap bahwa adik-adik mahasiwa di Universitas Musamus besok bisa menjadi volunteer-volunteer untuk kewirausahaan dan itu menjadi kebanggan kami ketika banyak alumni yang terjun ke dunia kewirausahaan” ujar Yosehi.

Sementara itu dalam materi yang disajikan, Parhimpunan Simatupang menjelaskan bahwa calon wirausaha maupun profesional harus mampu mengidentifikasi proses bisnis, menemukan peluang, dan memberi nilai tambah pada peluang tersebut menjadi sebuah ide yang inovatif dan berdampak bagi usaha. Dikatakannya bahwa “kalau kita mau berbisnis harus tau prosesnya dulu karena orang yang tidak kuat dengan proses biasanya tergelincir, tetapi orang yang kuat dengan proses, jatuh, bangun lagi, jatuh, bangun lagi. Dia akan semakin menjadi dewasa karena banyak pengalaman-pengalamanya”

Dr. Parhimpunan Simatupang, M.BA., Ph.D menekankan bahwa seorang pengusaha harus berorientasi pada tujuan yang hendak dicapai, dia harus mampu menanggung resiko yang paling sering yaitu resiko kerugian.

Setelah pemaparan materi acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dan dipenghujung acara dilakukan foto bersama. Acara kuliah umum dihadiri oleh Warek III Unmus, Para Dekan dan Wakil Dekan, Ketua Lembaga, Kepala UPT serta mahasiswa. Hingga usainya rangkaian kegiatan kuliah umum dapat berjalan dengan baik.

Penulis : P. Herwawan

Information

UNIVERSITAS MUSAMUS

Jalan Kamizaun Mopah Lama Merauke 99611

Telepon 0971-325923 Faksimile 0971-325976

Email: info@unmus.ac.id

 

Satgas PPKS Unmus

📞085244737222 / 081248114990

VISITOR

Indonesia 90.1% Indonesia
United States 4.8% United States

Total:

89

Countries
053673
Today: 152
Yesterday: 132
This Week: 284
Last Week: 1,043
This Month: 2,557
Last Month: 3,236
Total: 53,673