Unmus Raih Akreditasi Baik Sekali

Tingkatkan SDM ASN Pemprov Papua Selatan, BKPSDM Jalin Kerjasama Dengan Universitas Musamus

Merauke, Papua Selatan – Aparatur pemerintahan dalam perannya sebagai fasilitator dan service provider menuntut adanya kemampuan dan kejelian dalam menghadapi dan memanfaatkan berbagai tantangan dan peluang sebagai kosekuensi era globalisasi saat ini. Untuk menghadapi hal demikian, maka profesionalisme sumber daya aparatur pemerintah merupakan keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Demi mewujudkan hal tersebut maka Badan Kepegawaian Pengembangan Dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Papua Selatan dan Universitas Musamus baru-baru ini melaksanakan Penandatanganan kerjasama. Acara penandatanganan berlangsung pada Rabu, 13/12/2023 bertempat di ruang rapat Souter Nautje Rektorat Universitas Musamus. Kerjasama ini merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah provinsi Papua Selatan dan Universitas Musamus dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia Aparatur Pegawai Negeri Sipil yang ada pada pemerintahan Pemerintah Provinsi Papua Selatan.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua Selatan, Drs. Albert A. Rapami, M.A.P pada sambutannya mewakili Pemerintah Provisi Papua Selatan menyampaikan terimakasih kepada Rektor Unmus beserta jajaran yang telah menyambut baik Pemprov Papua Selatan melalui program kerjasama tersebut. Dirinya berharap semoga melalui kerjasama ini dapat berdampak baik terhadap pengembangan SDM di Selatan Papua khususnya SDM aparatur sipil negara di Provinsi Papua Selatan.

‘Kiranya program ini menjadi titik tolak bagi pengembangan SDM khususnya bagi anak-anak Papua yang ada di pemerintahan Provinsi Papua Selatan’ ujarnya.

Turut hadir pada acara tersebut Rektor Unmus, Kepala BKPSDM Provinsi Papua Selatan, Kabid PSDM BKPSDM Provinsi Papua Selatan, Ketua STISIPOL Yaleka Maro serta Ketua Program Studi Administrasi Publik Program Magister FISIP Unmus dimana pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara BPKSDM Provisni Papua Selatan dengan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Yaleka Maro.

Hingga usainya, acara tersebut dapat terselenggara dengan baik.

(Penulis: Petrus. H)

Visitasi Asesmen Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Universitas Musamus

Visitasi Asesmen Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Universitas Musamus dilaksanakan secara luring pada tanggal 1-3 Desember 2023. Asesmen Lapangan (AL) merupakan salah satu tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertuang dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) serta melakukan penilaian lapangan di Universitas Musamus.

Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Adapun Tim Asesor yang hadir yaitu Prof. Dr. Herman Parung, M.Sc. (Universitas Hasanudin), Prof. Dr. Mulyono Baskoro, M.Sc. (Institut Pertanian Bogor), Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Si. (Universitas Fajar), dan Prof. Dr. Baso Jabu, M.Hum. dari Universitas Negeri Makassar.

Rektor Universitas Musamus, Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A membuka kegiatan Asesmen Lapangan di Ruang Soter Nautje pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 didampingi oleh Wakil Rektor III Yosehi Mekiuw, S.P., M.Sc dan Ketua Senat Dr. A.P. Edoardus E. Maturbongs, M.Si. Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Para Dekan, Kepala Biro, Ketua Lembaga dan Kepala UPT di Lingkungan Universitas Musamus. Dalam sambutannya rektor menyampaikan harapan agar kegiatan asesemen ini berjalan dengan baik.

Setelah kegiatan pembukaan, asesor melakukan kajian terhadap kesesuaian dokumen dengan melakukan beberapa sesi tanya jawab dengan Pimpinan, Tim Penyusun Borang, Middle Manajemen, Stakeholder dan Alumni, Mahasiswa, Dosen serta Tenaga Kependidikan. Tim asesor juga menyempatkan melakukan kunjungan ke Gedung Perpustakaan Universitas Musamus dan beberapa prasarana yang ada di Universitas Musamus.

Sampai akhir acara kegiatan yaitu penandatangan dan penyerahan berita acara Asesmen Lapangan berjalan dengan lancar. Semoga Universitas Musamus mendapatkan hasil yang terbaik. Unmus be Excellent!

Penulis : UPT. TIK

Pertemuan Tindak Lanjut Kerja Sama Antara Universitas Musamus Dengan University of Rhode Island

Sebagai tindak lanjut pertemuan sebelumnya, pada tanggal 30 November 2023 bertempat di Gedung Rapat Dekenat dilakukan pertemuan lanjutan antara Universitas Musamus Dengan University of Rhode Island guna membahas Split-Site Master Degree Program (S2) yang didukung oleh Bappenas.

Dalam pertemuan tersebut Mr. Brook Ros selaku Direktur Kemitraan Asia dari University of Rhode Island menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas reposn yang dari Universitas Musamus sehingga  University of Rhode Island boleh hadir untuk berdiskusi bersama. Turut hadir pada kesempatan tersebut Dekan Ilmu Lingkungan dan Ilmu Hayati Mr. John Kirby dan Dekan Pascasarjana Mr. Brenton Deboef yang dalam sesi pemaparan keduanya menyampaikan bahwa University of Rhode Island berkomitmen untuk membanguan kerja sama salah satunya dengan Universitas Musamus dalam rangka peningkatan sumber daya manusia disamping University of Rhode Island juga menyambut baik jika ada dosen dari Universitas Musamus yang ingin melanjutkan studi di kampus tersebut walaupun diakui tentu ada kendala bahasa namun dapat dibantu untuk proses terkait kendala tersebut dengan sistem perkuliahan satu tahun di Indonesia dan satu tahun di University of Rhode Island.

Dalam kesempatan tersebut juga Rektor Universitas Musamus Dr. Drs. Beatus Tambaip, MA menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan University of Rhode Island dan berharap bahwa harus ada tindak lanjut dari kerja sama ini seperti dalam pertukaran mahasiswa, pengiriman jurnal internasional maupun studi lanjut dosen dimana peluang sangat terbuka dengan kehadiran perwakilan University of Rhode Island ke Universitas Musamus.

Kerja sama dengan perguruan tinggi apalagi perguruan tinggi dair luar negeri perlu dilakukan oleh Universitas Musamus sehubungan dengan adanya upaya untuk peningkatan indikator kinerja utama khususnya IKU 6 yang menghendaki adanya kerja sama dengan mitra. Melalui kerja sama ini Universitas Musamus bertekad untuk semakin melangkah maju menjadi universitas yang terbaik.

 

Penulis : UPT. TIK

Information

UNIVERSITAS MUSAMUS

Jalan Kamizaun Mopah Lama Merauke 99611

Telepon 0971-325923 Faksimile 0971-325976

Email: info@unmus.ac.id

 

Satgas PPKS Unmus

📞085244737222 / 081248114990

VISITOR

Indonesia 90.3% Indonesia
United States 4.7% United States

Total:

87

Countries
042719
Today: 5
Yesterday: 134
This Week: 285
Last Week: 818
This Month: 2,019
Last Month: 1,423
Total: 42,719