Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024

Universitas Musamus (Unmus) memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan melakukan upacara di pimpin oleh Wakil Rektor I Dr. Daud Andang Pasalli, S.T., M.Eng sekaligus membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Upacara Hardiknas dihadiri oleh unsur pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan berlangsung di lapangan upacara Unmus (2/4/2024).  

Pada kesempatan ini Rektor Unmus tidak dapat menghadiri upacara Hardiknas karena pada saat yang bersamaan tengah menghadiri undangan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi guna menerima Penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia bertempat di halaman lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Jakarta.

Hardiknas kali ini mengusung tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. Ragam aktivitas dilakukan guna memeriahkan Hardiknas untuk menjaga dan membangkitkan semangat belajar masyarakat Indonesia. Dalam sambutan yang dibacakan Wakil Rektor I pada intinya mengajak untuk bergerak bersama lewat dunia pendidikan sebagai pondasi untuk kemajuan bangsa, sekaligus menekankan agar semua pihak dapat terus mendukung program Merdeka Belajar. Semua itu dilakukan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi muda untuk terus belajar dan berkembang. Hardiknas tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk terus menginspirasi dan memotivasi seluruh masyarakat Indonesia dalam mencapai cita-cita dan impian mereka melalui pendidikan. Semangat ini perlu terus dibangun dan dilestarikan, agar bangsa Indonesia dapat meraih kemajuan dan keberhasilan yang lebih baik di masa depan.

Wakil Rektor I juga menyampaikan perkembangan Unmus salah satunya adalah terkait Perubahan status Universitas Musamus dari PTN-Satker menjadi PTN-BLU sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 185 Tahun 2024 Tanggal 25 April 2024 Tentang Penetapan Universitas Siliwangi, Universitas Tidar, dan Universitas Musamus Pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Sebagai Instansi Pemerintah Yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Bertugas sebagai petugas dalam Upacara Hardiknas kali ini adalah dari unit Fakultas Teknik, sampai dengan selesainya Upacara Hardiknas berjalan dengan aman dan lancar.

 

Penulis : Urbanus A K. Yolmen.

UNMUS LULUSKAN 388 WISUDAWAN

Sabtu, 27 April 2024 bertempat di Ballroom SwissBell Hotel Merauke, Universitas Musamus kembali gelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Program Sarjana Angkatan XIV dan Pascasarjana Angkatan III Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024.

Proses Wisuda di buka oleh Ketua Senat Universitas Musamus Dr. A. P. Edoardus E. Maturbongs, M.Si yang juga di hadiri oleh anggota senat lainnya. Pada acara wisuda kali ini yang juga disiarkan secara live di Youtube Universitas Musamus, diikuti sebanyak 388 lulusan yang terdiri dari 30 lulusan program pascasarjana dan 358 lulusan program sarjana. Adapun rincian jumlah tiap fakultas yaitu Fakultas Teknik 63 orang, Fakultas Pertanian 68 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 88 orang, FKIP 93 orang, FISIP 51 orang dan Fakultas Hukum 25 orang. Dari keseluruhan peserta wisuda, 21 orang mendapatkan hasil Cumlaude atau Pujian.

Rektor Unmus, Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A dalam sambutannya melaporkan peningkatan signifikan jumlah lulusan dari tahun 2021 hingga 2024 yaitu berjumlah 3.200 lulusan. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kebijakan tata kelola manajemen maupun administrasi akademik yang dilaksanakan secara berjenjang sudah terlaksana dengan baik. Kebijakan pembayaran SPP 50% membantu banyak mahasiswa mempercepat proses penyelesaian studi. Peningkatan khusus juga terjadi pada jumlah lulusan mahasiswa OAP dari 88 orang periode November tahun lalu menjadi 109 orang pada periode April 2024.

Saya menyampaikan selamat untuk lulusan hari ini dan terus beritakan kabar baik tentang lulusan yang anda capai, anda sudah rasakan kuliah di Universitas Musamus ada hal-hal yang kurang berkenan selama 4 tahun kami mohon maaf dan jadikan itu sebagai pembelajaran hidup jangan jadikan itu sebagai hambatan yang mengambat anda untuk maju dan berkembang”, pesan Rektor.

Dalam kegiatan wisuda kali ini, disampaikan orasi ilmiah oleh Sri Murniani Angelina Letsoin, Ph.D dengan judul “Leveraging Technology for Human Resource Development in Southern Papua: Accelerating Progress in Papua Province”. Beliau merupakan Head of International Office (IO) Universitas Musamus yang baru dibentuk pada tahun ini. Dalam orasinya beliau berpesan kepada para wisudawan “Your hard work earns the day. It’s the time to celebrate. Have a little rest and be prepared for the next goal.”

Sampai akhir acara kegiatan berlangsung lancar dan tertib. Acara ini juga dihadiri oleh Senat Universitas Musamus, Para Pejabat di Lingkungan Universitas Musamus dan juga tamu undangan serta para orang tua atau wali para wisudawan. Selamat untuk para wisudawan, semoga sukses meraih semua mimpimu. Unmus be Excellent!

 

Penulis : Petrus Herwawan

Foto : Verdinand C.K. Warayaan

UNIVERSITAS MUSAMUS MENJADI PTN-BLU

Universitas Musamus sendiri sejak menjadi salah satu PTN pada tahun 2010 hingga akhir bulan April 2024 masih berstatus sebagai PTN-Satker (Perguruan Tinggi Negeri sebagai Satuan Kerja Kementerian) yang merupakan satu dari tiga jenis PTN di Indonesia, dua lainnya adalah PTN-BH (Perguruan TInggi Negeri Berbadan Hukum) dan juga PTN-BLU (Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum). Salah satu dampaknya adalah seluruh pendapatan yang diperoleh termasuk sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) mahasiswa harus masuk ke rekening Kementerian Keuangan sebelum digunakan oleh Universitas Musamus.

Untuk meningkatkan layanannya, maka sejak akhir tahun 2022 Universitas Musamus mulai berproses menuju perubahan status dari PTN-Satker menjadi PTN-BLU. Namun untuk menjadi PTN BLU tentu bukanlah hal yang mudah, karena ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya kesanggupan untuk meningkatkan kinerja pelayanan, keuangan, dan manfaat bagi masyarakat. Namun berkat komitmen dan kerja keras Universitas Musamus untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat maka pada akhirnya membuahkan hasil. Hal ini terbukti setelah proses perubahan status Universitas Musamus  dari Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (Satker) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (BLU) menjadi kenyataan. Hal ini tentu merupakan suatu pencapain yang patut diapresiasi karena walau sebagai PTN yang baru namun Universitas Musamus hanya membutuhkan waktu kurang lebih tiga tahun untuk proses perubahan status tersebut.

Perubahan status Universitas Musamus dari PTN-Satker menjadi PTN-BLU tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 185 Tahun 2024 Tanggal 25 April 2024 Tentang Penetapan Universitas Siliwangi, Universitas Tidar, dan Universitas Musamus Pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Sebagai Instansi Pemerintah Yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. Diharapkan bahwa dengan peralihan status tersebut, Univesitas Musamus akan memiliki otonomi yang lebih besar dalam mengelola sumber daya dan program-program pendidikan yang ada.

“Selamat dan Sukses Universitas Musamus atas pencapaian PTN BLU”.

Penulis : P. Herwawan.

MENUJU PTN BLU, UNMUS GELAR WORKSHOP PENGUATAN CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT

Saat ini Universitas Musamus sementara berproses untuk berubah status dari PTN Satker menjadi PTN BLU. Untuk menunjang hal tersebut maka Universitas Musamus menggelar Workshop Penguatan Case Method dan Team Based Project dalam rangka Program Revitalisasi Perguruan Tinggi Negeri (PR-PTN). Kegiatan tersebut berlangsung di Halogen Hotel Merauke pada 22 s.d 24 April 2024.

Kegiatan Workshop dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Sistem Informasi, Dr. Daud Andang Pasalli, ST., M.Eng selaku Plh. Rektor. Dalam sambutannya dikatakan bahwa revitalisasi PTN ini selain bertujuan untuk meningkatan kualitas perguruan tinggi tetapi juga untuk mengakselerasi transformasi PTN menjadi PTN Badan Layanan Umum atau PTN Berbadan Hukum. Dikatakan bahwa saat ini Universitas Musamus tinggal menunggu SK dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk perubahan status dari PTN Satker menjadi PTN BLU.

Pada kegiatan workshop kali ini, Tim Task Force Unmuss mengundang narasumber antara lain Dr. Eka Cahya Prima, S.Pd., MT dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Sudra Irawan, S.Pd., Si., M.Sc dari Politeknik Negeri Batam. Selama tiga hari kedua narasumber secara bergantian memaparkan materi kemudian dilanjutkan dengan tanya-jawab. Peserta workshop terlihat sangat antusias untuk mendengarkan materi-materi yang disajikan, bahkan dihari ketiga sekaligus hari terakhir peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh jurusan yang ada di Unmus diwajibkan untuk mempresentasikan RPS masing-masing yang merupakan output dari kegiatan dimaksud.

Dr. Ir. Heru Ismanto, S.Si., M.Cs., IPM., ASEAN. Eng selaku Ketua Tim Task Force Unmus ketika menutup kegiatan mengatakan bahwa kegiatan workshop ini merupakan satu dari beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan kedepan dengan menggunakan dana revitalisasi yang didapatkan melalui proposal yang diajukan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dirinya menyampaikan terima kasih kepada para narasumber yang telah menyajikan materi yang akan sangat bermanfaat bagi perkembangan Unmus kedepan.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari 27 Jurusan masing-masing tiga orang, Wakil Rektor II, Para Dekan, Para Kepala UPT serta tim penyelenggara kegiatan. Hingga usainya acara ini dapat terselenggara dengan baik.

 

Penulis : P. Herwawan

REKTOR UNMUS TERIMA MAHASIWA PMM4 INBOUND UNIVERSITAS MUSAMUS

Bertempat di aula Careinn Hotel Merauke telah berlangsung acara penyambutan mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Inbound Universitas Musamus. Acara tersebut berlangsung pada Rabu, 20 Maret 2024.

Program PMM merupakan salah satu program Kemendikbudristek. PMM merupakan suatu program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman. PMM sangat bermanfaat bagi para peserta selain untuk memperluas pengetahuan akademik tetapi juga melalui program ini mahasiswa dapat mengeksplorasi keragaman yang ada di Indonesia dan juga memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menyegarkan dan menguatkan sudut pandang.

PIC Inbound Unmus, Adi Sumarsono, S.Pd., M.Pd pada saat menyampaikan laporannya menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa yang datang untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester melalui program PMM4 di Universitas Musamus sebanyak 37 mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi baik swasta maupun negeri di seluruh Indonesia.

“Untuk mahasiswa PMM4 Inbound Unmus semuanya ditampung di asrama Unmus yang berada di belakang kampus. Mereka semua telah melakukan KRS dan telah melaksanakan perkuliaan karena di UNMUS kegiatan perkuliaan telah dimulai”, Ujarnya.

“Di PMM4 ada kegiatan akademik yang dilaksanakan hari  Senin s.d Jumat yaitu perkuliaan seperti baisa dan juga ada mata kuliah yang mencirikhaskan dari PMM ini ialah kegiatan Modul Nusantara yang akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu”, Lanjut Adi.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unmus Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa program PMM4 yang telah memilih Unmus sebagai kampus tujuannya. Ditekankan bahwa dengan semboyan program PMM yaitu “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya” maka makna bermakna selamanya itulah yang mau digali sehingga softskill para mahasiswa dapat terus dikembangkan.

Selanjutnya secara simbolis Rektor Unmus menerima mahasiswa PMM4 dengan tanda penyematan name tag dan almamater peserta kepada perwakilan mahasiwa.

Acara penyambutan mahasiwa program PMM4 Inbound Unmus diakhiri dengan acara buka puasa bersama.  Turut hadir pada acara tersebut para Dekan, Para Kajur, Ketua MBKM dan Kepala Biro. Sampai usainya acara tersebut berjalan dengan baik.

Penulis : P. Herwawan

Unmus Raih Akreditasi Baik Sekali

Information

UNIVERSITAS MUSAMUS

Jalan Kamizaun Mopah Lama Merauke 99611

Telepon 0971-325923 Faksimile 0971-325976

Email: info@unmus.ac.id

 

Satgas PPKS Unmus

📞085244737222 / 081248114990

VISITOR

Indonesia 90.1% Indonesia
United States 4.8% United States

Total:

89

Countries
053670
Today: 149
Yesterday: 132
This Week: 281
Last Week: 1,043
This Month: 2,554
Last Month: 3,236
Total: 53,670